Mengenang SMP Negeri 1 Sungai Raya, Enam Februari Tahun 2009 #SpansaSera

Tepat enam tahun yang lalu, sekolah kami tercinta SMP Negeri 1 Sungai Raya yang dikala itu kami duduk dibangku Sekolah Kelas XI (waktu itu kami bersiap untuk ujian nasional), merupakan kejadian yang tak akan kamu lupakan seumur hidup kami. Sekolah yang terletak di Jalan Adi Sucipto KM.12,1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tepatnya di depan Makham Pahlawan Dharma Patria Jaya, merupakan sekolah yang bertaraf Nasional habis terbakar di lalap api pada tanggal 6 Februari 2009.

SMP Negeri 1 Sungai Raya

Kali ini saya ingin mengajak kalian untuk mengenang, kejadian tersebut kepada kalian Alumni SMP Negeri 1 Sungai Raya khususnya angkatan 2009.

Ini adalah gambar pagi hari tanggal 7 Februari 2009 setelah kami mendengar kabar kejadian tersebut, awalnya saya tidak percaya peristiwa ini terjadi karena saya dapat kabar pertama kali melalui sms dari teman saya malam hari. Hampir seluruh siswa-siswi dan guru-guru menangis melihat bahwa sekolah kali hanya tinggal arang dan debu abu yang habis dilahap api sore kemarin, karena kami tak tahu lagi harus belajar dimana. Pagi itu, kami dapat perintah dari guru untuk berkumpul di halaman Taman Makham Pahlawan, kebetulan halamannya luas.

SMP Negeri 1 Sungai Raya Terbakar 2009

SMP Negeri 1 Sungai Raya Terbakar 2009 (Tribun Pontianak/Leo Prima)

Gambar diatas merupakan gambar yang saya scan dari koran Tribun Pontianak yang saya beli pada tanggal 7 Februari 2009, keterangan dapat dibaca sendiri digambar. Tak hanya Tribun Pontianak yang memberitakan kejadian ini, tapi Koran Metro juga memuat berita tentang SMP N 1 Sungai Raya.

Lihat juga beritanya di http://news.liputan6.com/read/172528/smpn-1-sungai-raya-pontianak-ludes-terbakar

SMP Negeri 1 Sungai Raya Musnah dimakan APISMPN 1 Sungai Raya Musnah Dimakan Api (Metro/Foto Arf)

SMPN 1 Sungai Raya Musnah (Lanjuutan)

SMPN 1 Sungai Raya Musnah (Lanjuutan)

Karena kejadian itu, kami sempat tidak belajar beberapa hari, sampai mendapat kabar dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya (KKR) Bpk Damhuri bahwa Proses Belajar Pindah ke SMP N 3 Sungai Raya.

Proses Belajar Pindah Ke SMPN 3 Sungai RayaSMP N 1 Bertaraf Nasional + Guru SMPN 1 Sungai RayaData tersebut diatas merupakan informasi dari berbagai koran di Pontianak, nah berikut ini adalah foto-foto yang diambil dari warga sekitar yang melihat langsung kejadian kebakaran tersebut.
IMG_ALMNI (20)

Dari kejadian tersebut sebenarnya kita dapat mengambil hikmahnya, salah satunya adalah dibangunnya gedung baru yang lebih bangus untuk siswa-siswi adik kelas.

Banyak peristiwa yang bisa menjadi pelajaran bagi kita, bagaimana Allah dengan kuasanya, mengambil harta yang selama ini dibanggakan dengan waktu begitu singkat, seperti melalui peristiwa musibah kebakaran, pencurian, kehilangan uang/barang berharga, bencana alam dan masih banyak peristiwa yang lain.

Mungkin itu cara Allah untuk mengingatkan kita. Ya, karena Allah sangat sayang kepada hamba-Nya. Sebagai seorang yang beriman, tentu beberapa peristiwa yang saya sebut di atas bisa menjadi bahan renungan.

Walaupun begitu, diangkatan saya pada masa itu tetap semangat dalam menghadapai ujian nasional walaupun harus menumpang diberbagai sekolah yang ada di Kabupaten Kubu Raya tersebut.

Semoga kita termasuk orang yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita dan semoga tidak terjadi lagi kejadian tersebut untuk adik-adik kita kelak. Ammiin 🙂

Berikut foto terbaru gedung SMP Negeri 1 Sungai Raya

SMP Negeri 1 Sungai Raya( Sumber Foto : http://spansaserablog.blogspot.com/ )

Dan juga presetasi yang luar biasa  Prestasi di SMP Negeri 1 Sungai Raya juga sangat baik dibidang akademik dan non akademik. Koleksi pialnya pun begitu banyak, seperti FL2SN,O2SN,OSN, Olimpiade (IPA,MTK,IPS), Kejuaraan Menulis Cerpen,Pramuka,Paskibra,Futsal,Drumband dan masih banyak lagi piala yang telah diraih sekolah ini. Serta kabarnya sekolah tersebut sekarang sudah memiliki kurang lebih 1000 siswa dalam satu angkatan.

prestasi smp negeri 1 sungai raya kubu raya( Sumber : http://sekolahku6666.blogspot.com/ )

 

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *