Pontianak Owl Club, Komunitasnya Para Pecinta Burung Hantu di Pontianak

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata Burung Hantu? Apakah burung hantu itu menyeramkan, mistis, atau burung yang dianggap burung pembawa malapetaka? Sekilas burung ini memang sangat menakutkan kalau dilihat dari namanya, tetapi butung ini juga mempunyai keuntikan dan keindahan. Jujur saja ini pertamakalinya saya melihat burung hantu bahkan foto bersama lebih dekat. Burung hantu adalah kelompok burung anggota Ordo Strigiformes dan merupakan burung yang keluar di malam hari.

Nah, kali ini saya diberikan kesempatan untuk Gathering bersama Komunitas Pontianak Owl Club (POC) Minggu, 19 April 2015 di Simpang Bandara Supadio (Bundaran Pesawat) Kabupaten Kubu Raya pukul 16.00 sampai selesai. Di kegiatan Gathering ini Komunitas POC mengenalkan Burung Hantu kepada masyarakat khususnya Pontianak, berkumpul dan bertukar informasi antar pecinta burung hantu, mencegah punahnya burung hantu dari habitatnya, merubah paradigma lama dari burung hantu, dan memperlihatkan jenis-jenis burung hantu yang ada di Kalimantan.

Bubo Ketupu - Pontianak Owl Club - Burung Hantu

Ada 222 lebih burung hantu yang telah diketahui dan menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika dan beberapa pulau-pulau terkecil lainnya. Burung hantu di dunia barat dianggap simbol kebijaksanaan burung ini sering muncul di film-film yang menunjukkan kebijaksanaannya seperti film Harry Potter, film animasi Tingker Bell dan masih banyak lagi. Tetapi di Indonesia sebaliknya burung ini dianggap burung pebawa malapetaka. Makanya burung ini disebut burung hantu.

Burung hantu ini dikenal karena mempunyai mata yang besar menghadap kedepan, tidak seperti burung lainnya yang matanya menghadap ke samping. Burung ini kadang menggemaskan dan kadang juga menyeramkan karena lehernya sangat lentur dan dapat berputar hingga 180 derajat ke belakang.

Bubo Ketubu

Gambar burung hantu di atas dikenal dengan nama Bubo Ketupu, dikenal juga sebagai Malay Fish Owl. Habitat burung hantu ini adalah daerah hutan pegunungan tropis dan subtropis. Daerah penyebaran bloketupu ini antara lain di Brunei, Kamboja, India, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Gathering Komunitas OWL Pontianak - Explore Pontianak

Saya mau kasi tips buat kalian yang pertama kalinya ingin berpose seperti foto saya diatas, pertama pastikan burung hantu yang ingin kalian ajak foto itu jinak, kedua harus ikuti petunjuk dari ahli, dan yang ketiga gunakan pengaman sarung tangan yang disediakan atau gunakan jaket yang sedikit tebal soalnya kuku dari burung ini cukup tajam. Acara ini cukup menarik masyarakat sekitar untuk melihat secara langsung bahkan lebih dekat dengan burung hantu serta menambah pengetahuan tentang hewan yang satu ini. Jenis burung yang saya pegang di atas adalah jenis¬†Beluk Jampuk/Barred Eagle-owl/Bubo sumatranus,¬†bagian atas coklat kehitaman, bergaris kuning tua halus seluruhnya, alis putih. Bagian bawah tubuh keputih-putihan bergaris hitam tebal. Saat terbang suara terdengar keras dalam “wuuh” atau “hua-wuh”, dan suara seperti tertawa “kakakaka”.

20150419_162945

Tersebar mulai dari semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Bangka, Jawa dan Bali. Hidup dihutan-hutan dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl. Mangsa berupa mammalia kecil seperti tikus, ular, ikan-ikan kecil dan burung-burung kecil yang diperoleh dengan berburu menyambar dari tenggeran dan melompat-lompat dengan cekatan ditanah. Gemar mandi-mandi dikolam-kolam atau sungai dan mulai aktivitas keluar dari persembunyian pada saat senja hari. Cantik kan???

Untuk teman-teman yang mau gabung sama Komunitas ini gampang banget, silahkan Join Group di Facebook dengan nama Pontianak Owl Club atau Hubungi 0858-2208-6000 / 0896-5652-6260 Gratis. Gathering ini dilakukan mingguan ditempat yang berbeda sekitar Pontianak.

Be social share!
  • afif

    dipontianak yang jual burung hantu dimana ya ? kalau ada kontak ya 089617176046

    • Siti Mustiani

      Coba mas hubungi anggota komunitas nya 0858-2208-6000 / 0896-5652-6260 bisa tanya2 langsung :D

  • Dimas

    di pontianak jual burung hantu dimana?

    • Siti Mustiani

      Kalau jual sih kurang tahu saya mas, coba mas tanya2 anggota komunitasnya :D

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *