Text Compression dengan Metode Huffman : Sistem Keamanan Komputer

Text Compression dari Huffman adalah metode mekanisme bagaimana sebuah data jika dikompres akan mengurangi kapasitas dari data atau informasi tersebut. Metode ini dikembangkan oleh Muffman seorang ahli komputer, metode ini digunakan untuk memperkecil ukuran file tanpa harus mengurangi kualitas data/informasi. Materi ini telah saya pelajari pada mata kuliah Sistem Manajemen Keamanan Sistem Informasi (dulunya Mata Kuliah Keamanan Komputer) pada jurusan Sistem Informasi di Kampus STMIK Pontianak, yang diajar langsung oleh Dosen paling ganteng di kampus tersebut Bpk. Barita Bram Adi Winata Putra, S.T., M.Kom. 

Kalau biasanya kita melakukan kompressing dengan cara yang sangat mudah (misal dengan cara klik kanan data/file kemudian pilih Compress with WinRAR atau yang lainnya). Pertanyaannya, kenapa kapasitas data/file tersebut dapat berubah ya? Secara mekanisme ada aturan dalam melakukan kompressing yang dapat kita lakukan dengan cara manual.

Berikut ini ada video yang bersumber dari Youtube (http://youtube.com) yang menjelaskan bagaimana proses commpressing sebuah kata sehingga menghasilkan kapasitas dari sebelum dikompress dengan setelah dikompress.

Masih Bingung?

Baiklah, disini saya akan menjelaskan proses compressing satu per satu. Perhatikan baik-baik poin2 penting dalam melakukan compressing sebuah kata.

  • Menuliskan Seluruh Kata yang akan dikompres secara berurutan sesuai dengan kata yang ingin dikompres termasuk spasi. Dengan cara jumlah karakter dikali dengan 8 (kenapa 8? karena satu karakter adalah 1 byte dan satu byte memiliki 8 bit).
  • Tentukan jumlah huruf yang muncul (tidak boleh ada yang double), jika ada yang double misal ada dua huruf yang sama maka tulislah huruf tersebut didampingi dengan angka 2. Contoh: M1, I5, P2, R2, E1, _1(Spasi biasanya ditulis dengan karakter underscore)
  • Kemudian urutkan berdasarkan angka yang dimiliki setiap huruf semakin ke kiri maka semakin kecil urutan angkanya.
  • Jika terdapat dua angka yang sama maka lihatlah huruf yang mendampinginya, semakin awal huruf muncul maka diletakkan paling kiri dan selanjutnya (perlu diingat bahwa karakter spasi adalah karakter yang lebih kecil daripada huruf A)Compression Hoffman
  • Setelah itu pasangkan masing-masing angka menjadi satu kesatuan. Misal E1 dengan R2 jika digabungkan maka menjadi ER3 (Karakter diambil dari masing-masing karakter kecil dan angka dijumlahkan sesuai yang dimiliki karakter kecil).
  • Lakukan hal tersebut hingga proses paling atas.
  • Berikan angka binner untuk masing-masing anak kaki (bilangan binner hanya memiliki 2 karakter yaitu karakter 0 dan 1) 
  • Kemudian, tentukan karakter dari masing -masing huruf dari urutan atas hingga ke bawah.
  • Jika setelah mengetahui nilai bilangan binner dari masing-masing huruf maka urutkan lagi karakter angka yang sebelum dikompres tapi dengan bilangan binnernya.
  • Jika sudah diurutkan hal yang terakhir adalah hitung berapa jumlah angka binner yang muncul pada karakter yang baru.
  • Maka, dapatlah kita mengetahui bersar kapasitas data/informasi dari karakter tersebut.

Metode Huffman ini biasanya dibuat seperti skema Akar Pohon (yang bercabang dan menyatu menjadi satu kesatuan). Perhatikan, jangan sampai terbalik walaupun sebenarnya bisa diskemakan menjadi cabang pohon bukan (akar pohon yang terbalik).

Metode Huffman

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *