Perangkat Akses Internet, Belajar ICT di Secondary

Internet merupakan jaringan komputer dan cara untuk berhubungan dengan internet adalah melalui komputer. Dalam komputer, diperlukan hard disk yang diberi software untuk berhubungan dengan internet service provider (ISP) dan Web Browser, serta menyimpan informasi yang di-download. 

Salah satu kriteria untuk menentukan atau mendaftar je salah satu ISP adalah ukuran kecepatan akses (transfer) data. Satuan kecepatan data adalah bits per second (bps). Ukuran kecepatan akses internet dapat ditinjau berdasarkan saluran yang digunakan, provider yang digunakan, jumlah komputer pada jaringan lokal yang terkoneksi ke internet dan peralatan yang digunakan.

Judul : Perangkat Akses Internet

Type : Power Point

Link Download : Download File

Soal Latihan : Download Soal

Internet Service Provider (ISP)

Menurut wikipedia Penyelenggara jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambunganInternet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupunVSAT.

Nah, Beberapa waktu lalu, Menkominfo Rudiantara mengatakan Internet Indonesia semakin kencang, hal ini tak lepasdari pembangunan infrastruktur layanan broadband, seperti fixed line broadband, yang dikembangkan beberapa perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah MNC Play Media.

Internet Provider Tercepat di Indonesia

Berikut daftar lima besar Internet Services Provider tercepat di Indonesia:

  1. MNC Play Media, Kecepatan 50,77 Mbps
  2. Linknet, kecepatan 21,89 Mbps
  3. Infokom.net, kecepatan 20,17 Mbps
  4. PT Mora Telematika Indonesia, Kecepatan 17,94 Mbps
  5. Biznet Networks, kecepatan 17,47 Mbps

Walaupun tergolong Internet Service Provider (ISP) baru, MNC Play Media adalah yang pertama di Indonesia menawarkan produk internet dengan kecepatan hingga 200 Mbps dan memiliki network capacity ready 10 Gbps. Adopsi Jaringan MNC Play Media menggunakan 100% fiber optic termutakhir di dalam teknologi pita lebar, berbeda dengan pemain lain di industri yang masih mengandalkan teknologi Hybrid Fiber Coaxial (HFC) yang merupakan teknologi tahun 1990-an serta masih menggunakan kabel tembaga (copper wire) yang merupakan teknologi tahun 1980-an.

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *