Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa Kampus STMIK Pontianak

Hallo mahasiswa!! Masih semangat kuliah?? masih dongs yaa… Alhamdulillah saya sudah semester akhir sekarang dan masih ingat cara daftar ulang, jadi tulisan ini dikhususkan kepada para mahasiswa yang masih bingung prosedur daftar ulang di kampusnya khususnya mahasiswa baru di STMIK Pontianak.

Sebelumnya saya sendiri juga bingung, harus tanya-tanya senior gimana daftar ulang. Sampai akhirnya harus bolak balik ke kampus akibat segala sesuatu yang kurang, jadi ini adalah panduan singkat prosedur daftar ulang agar lebih efektif dan efisien, pendaftaran ulang ini masih manual, mahasiswa harus ke kampus untuk melakukan konsultasi dan tanda tangan dengan dosan PA (Pembimbing Akademik), dan lain sebagainya… Baiklah kita mulai saja! Simak baik-baik ^_^

1. Pertama : Hal yang paling PENTING adalah Anda (masih) seorang Mahasiswa.

Sebagai warga negara Indonesia yang cerdas yang ingin daftar ulang adalah harus seorang Mahasiswa, pastikan ada sudah terdaftar sebagai mahasiswa di kampus tersebut dan pastikan bahwa anda belum wisuda, dan hal terpenting lainnya adalah anda harus tahu dimana kampus anda.

Sebagai contoh, yaitu kampus STMIK Pontianak terletak di Jln. Merdeka Barat No. 273 Pontianak.

2. Beli KRS (Kartu Rencana Studi) dan KHK (Kartu Hadir Kuliah)

KRS dapat dibeli dibagian tata usaha pada hari kerja Senin – Jum’at 08.00 s/d 14.00 dan Sabtu 08.00 s.d 12.00, dengan harga Rp. 3.000,-/Paket (Satu paket terdapat sepuluh lembar yang terdiri dari dua rangkap, satu rangkap memiliki lima warna berbeda sesuai kepada siapa kertas tersebut diserahkan). Untuk warna kartu rencana studi harus diserahkan sesuai keterangan yang terdapat pada kertas misalnya putih untuk sub bagian akademik, biru untuk dosen PA, hijau untuk mahasiswa, merah jambu untuk komputer dan terakhir warna kuning untuk Laboratorium Komputer. Untuk satu paket KRS memang diberi 2 rangkap untuk persediaan jika terjadi kesalahan pada proses printing. Nah, untuk proses printingnya ini sedikit rumit karena format krs harus diprint dengan sesuai (format KRS dapat didownload di website kampus), kita juga harus mengatur format agar sesuai tercetak dengan benar.

3. Cek Jadwal Mata Kuliah 

Jadwal kuliah biasanya tersedia di Mading Kampus, atau juga ada di Web Kampus (Itu juga kalau si Staf ICT Website rajin UPDATE, biasanya jarang sekali), pastikan anda mengambil mata kuliah sesuai jurusan, perhatikan jadwal kelas dan dosen pengajarnya. Jangan sampai ada jadwal yang bentrok dan tidak sesuai dengan kelas mata kuliah yang akan diambil. Jikalau salah memilih mata kuliah anda harus PKRS (Perubahan Kartu Rencana Studi), dan anda harus minta tanda tangan dosen PA Kembali.

4. Konsultasi dengan Dosen PA (Pembimbing Akademik)

Nah ini adalah hal yang paling terpenting, kenapa? karena jika Pembimbing Akademik tidak menyetujui dengan mata kuliah yang Anda ambil anda tidak dapat melakukan daftar ulang dan menuju proses berikutnya. Perhatikan juga jadwal untuk konsultasi dosen PA anda kalau perlu anda hubungi dulu dosen pembimbing anda jika beliau mempunyai waktu dan kondisi yang sesuai.

5. Isi Formulir & Membayar Tagihan BPP dan SKS

Isilah formulir dengan data yang selengkap-lengkapnya dengan huruf kapital yang tanda tangan sendiri, dan bayarlah BPP dan SKS, tapi biasanya sih BPP dulu yang harus dibayar untuk SKS dilakukan tiga minggu setelah daftar ulang karena mereka akan menghitung jumlah mata kuliah dengan jumlah sks untuk ditagihkan ke mahasiswa yang bersangkutan. Harga sks sesuai dengan angkatan masing-masing, karena setiap angkatan harga perSKSnya berbeda (setiap tahunnya biasanya naik 50K). Pembayaran ini dapat dilakukan di Kampus STMIK Pontianak (biasaya orang BANK akan stand by di Loby Kampus selama seminggu) atau bisa langsung ke BANK tersebut (kalau saya sih lebih suka bayar langsung ke BANK). Ingat!! pastikan anda punya saldo untuk membayar uang tagihan tersebut.

6. Cetak KRS dan KHK serta Jadwal Mata Kuliah (Jika Perlu)

Jika sudah selesai dengan hal tersebut, cetaklah KRS dan KHK dengan benar. Untuk KRS jangan lupa untuk ditanda tangani oleh mahasiswa, untuk KHK (Kartu Hadir Kuliah) di cetak jangan tulis tangan, karena ada beberapa dosen yang tidak mau menerima KHK yang ditulis menggunakan tangan (alias tulis tangan, sama aja ya) berikan juga Foto, nah foto KHK ini bebas tidak perlu harus menggunakan almamater kecuali Kartu Ujian. Jangan lupa untuk minta tanda tangan dosen PA di setiap KHK mata kuliah.

Jadwal kuliah juga boleh di Print agar rapi dan mudah untuk dilihat, tapi mahasiswa sekarang sudah tidak perlu lagi print jadwal mata kuliah, saat ini mahasiswa cenderung untuk memFOTO jadwal mata kuliah dari mading atau catatan teman (yah, jaman sekarang sudah banyak teknologi canggih yah), mungkin generasi berikutnya untuk daftar ulang tidak perlu seribet ini misalnya dilakukan secara online.

7. SELESAIIII

Eittss… belum selesai, untuk menyerahkan semua berkas harus di cek kembali. Siapkan KHS (Kartu Hasil Studi) untuk diserahkan oleh dosen PA masing-masing biasanya dosen KHS ini digunakan untuk mengetahui jumlah matakuliah yang akan diambil pada tahun berikutnya, Formulir Regristrasi, KRS, Bukti Pembayaran BPP/SKS, Kartu Tanda Mahasiswa, daaannnn semua dimasukkan kedalam MAP biasa. Selesaiiii

Baiklah sekian, prosedur daftar ulang mahasiswa dari saya selamat berkuliah!!, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Be social share!

1 thought on “Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa Kampus STMIK Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *