Serba-Serbi ICT : Desain Jaringan Komputer Sederhana dari Siswa G11-2015

Sebelum membuat jaringan komputer yang real, lebih baik jika kita membuat simulasinya terlebih dahulu. Dalam merancang sebuah jaringan komputer dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, kita bisa membuat sebuah skets/skema jaringan yang akan kita buat, atau menggunakan aplikasi yang sudah disediakan seperti Packet Treacer dan lainnya.

Mengapa kita harus mendesain?? desain ini digunakan untuk merancang sebuah jaringan yang akan diimplementasikan, kalau kita tidak membuat sebuah desain pada saat membangun sebuah jaringan akan lebih sulit dan dengan melakukan desain jaringan ini kita dapat menentukan berapa perangkat yang dibutuhkan, serta mendesain jaringan agar lebih efektif dan efisien. 

Beberapa hari yang lalu saya mengajak siswa untuk makan Gummy Candies, eh maaf salah maksud saya melakukan desain jaringan sesuai dengan apa yang mereka inginkan, kegiatan ini dilakukan per group yang selanjutnya akan dipersentasikan oleh masing-masing kelompok. Seperti apakah desain mereka? Berikut hasil desain jaringan siswa kelas 11 di sekolah saya:

Pertama ada dari Olivia’s Group yang terdiri dari Sonia, Elvira, dan Olivia.

sonia, elvira, olivia's groups

Menurut mereka desain jaringan yang dibuat adalah sebuah desain jaringan rumah pribadi, dengan jenis jaringan campuran antara jaringan kabel dan nirkabel (tanpa kabel), dengan menggunakan topologi jaringan Tree, pada jaringan tersebut terdapat 3 PC, 4 TV, 2 Printer, 1 Fax Machine, 1 Set-Top-Box, dan gadget laginnya.

Selanjutnya dari Muti’s Groups yang terdiri dari Mutiara, Clarissa, dan Cristopher dengan desain “Jaringan di Rumah Mutiara”.

mutiara, clarisa, christopher's group

Next, dari akun tetangga yaitu pontianakfoodblog.blogspot.com yang katanya Blogger Kuliner juga tak kalah mendesain sebuah jaringan di rumah pribadi mereka dendiri, group ini terdiri dari Aristyo, Filbert, dan Owen.

Aristyo, Filbert, Owen Rijanto 's Groups

Kalau menurut saya jaringan yang mereka buat ini adalah desain jaringan di sebuah apartemen atau kost mahasiswa, karena desain ini terlihat ada beberapa kamar seperti kamar filbert, kamar owen, dan kamar aris juga ditambah dengan kamar santai, kamar belajar.

Ada juga dari groupnya Vanessa yang beranggotakan Vanessa, Valencia, Maria dan Guntur mereka membuat sebuah desain jaringan yang sederhana yaitu desain jaringan sebuah toko.

vanessa, valencia, maria and guntur's group

Tak hanya yang saya tampilkan di atas, masih banyak lagi dari group yang lainnya…

Walaupun hanya desain jaringan yang sederhana, dan saya sendiri masih sedikit bingung rancangan desain yang mereka buat, tapi saya sangat mengapresiasikan karya-karya mereka. Semoga ilmu yang saya ajarkan ini bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *