Tips atau Kiat Memanfaatkan Internet dengan Hemat, Efisien dan Efektif

Internet mempunyai kemampuan yang sangat banyak. Akan tetapi, manfaat yang dapat diperoleh dari internet tergantung kemampuan dan kebutuhan pengguna. Jangan sampai terjadi, pengguna kebajiran informasi sehingga informasi yang dibutuhkan gagal didapat. Hal ini tentu kurang efektif dan efisien karena kita akan kehilangan banyak waktu, tenaga, pikiran dan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga dari media yang benama internet.

Berikut ini adalah beberapa tips atau kiat, baik bagi pengguna yang sudah lama maupun awam mengenal internet.

1. Tahap Pertama: Niat

Seperti dalam berdoa, niat menjadi tahapan kunci dari seluruh keberhasilan dalam memanfaatkan internet. Niatkan menggunakan internet sesuai kebutuhan. Jika perlu, buatlah daftar informasi yang dibutuhkan dari internet.

2. Tahap Kedua: Belajar Mengakses Internet

Tahap ini adalah tahapan yang paling sederhana. Misalnya, belajar cara mengakses sambungan ke internet, menggunakan e-mail, dan melakukan browsing di web. Tahap awal ini umumnya dapat dilalui dalam waktu yang cukup singkat.

3. Tahap Ketiga: Belajar Mengambil/Membaca Informasi

Membaca dan mengambil informasi di internet harus dilakukan secara efisienWeb digunakan seperlunya untuk memperoleh informasi yang ada. Mailing List/fasilitas diskusi di internet sebaiknya dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kita harus selektif dalam mengambul informasi atau berlangganan mailing list/news group untuk memperoleh manfaat yang maksimal dalam waktu yang singkat. Informasi yang diterima harus dicek ulang keakuratannya karena siapa pun dapat menyebarkan informasi melalui internet.

4. Tahap Keempat: Belajar Cara Belajar (Learn How to Learn)

Jika berpartisipasi dalam mailing list/newsgroup, kita sebaiknya memperhatikan diskusi yang berlangsung. Perkenalkan dirimu saat pertama memasuki sebuah group mailing list. Kenali semua peserta dengan baik dan aturan berdiskusi yang dianut.

LAB ICT TUNAS BANGSA

Hindari e-mail berantai (spam). Hal ini perlu dilakukan sebelum kita berpartisipasi dalam diskusi tersebut. Belajar untuk terbuka dan menerima pendapat orang lain, belajar untuk berargumentasi/berdebat secara bijak, menghargai pendapat orang lain, terbuka pada ide-ide, pendapat dan ilmu-ilmu baru merupakan kunci keberhasilan dalam memperoleh ilmu dari internet.

5. Tahap Kelima: Belajar untuk Menghasilkan Pengetahuan

Pengetahuan yang dikumpulkan dari berbagai sumber setelah dianalisis dapat disebarkan kembali dan dipublikasikan. Internet merupakan media yang cocok untuk penyebaran pengetahuan, baik melalui web yang bersifat satu arah, maupun melalui mailing list/news group yang bersifat interaktif atau dua arah.

Kemampuan untuk menjadi penghasil informasi atau pengetahuan akan menjadi kunci utama keberhasilan kita dalam berkarya melalui internet. Bentuk sederhana dari produsen informasi atau pepngetahuan ini misalnya seseorang yang mempunyai web pribadi yang berisi tulisan atau software atau hasil karya lainnya.

ICT LAB SEKOLAH TUNAS BANGSA

Nilai tambah seseorang penghasil karya dan penyebar ilmu akan sangat besar dibandingkan dengan orang yang belum mampu memproduksi pengetahuan tersebut. Pada tingkat ini, kita berharap semakin banyak orang Indonesia yang mempu menyebarkan informasi atau pengetahuan.

Be social share!

1 thought on “Tips atau Kiat Memanfaatkan Internet dengan Hemat, Efisien dan Efektif

  1. apakah punya info mailing list/news group yang bermanfaat buat dibaca2 kalo ada bisakah dishare juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *