Warna Warni Karnaval Khatulistiwa 2015, Kenal Lebih dekat Budaya Indonesia

Selamat datang para peserta karnaval dari seluruh Indonesia yang memeriahkan Karnaval Khatulistiwa 2015 di Kota Pontianak. Hari ini 22 Agustus 2015 di Kota Pontianak diwarnai oleh pagelaran Karnaval sepanjang jalan Adbdurahman Saleh, Teuku Umar sampai Alun-Alun Kapuas Pontianak dipenuhi oleh karya-karya kreatif budaya masing-masing daerah dari seluruh Indonesia.

Karnaval Khatulistiwa 2015

Tak hanya di Rio Janerio (Brazil) saja yang mendunia mengadakan karnaval, di Indonesia juga ada. Kali ini sekaligus mempertingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 70 diadakan di Kota Pontianak Indonesia, yang dibuka langsung oleh Bpk Presiden Indonesia yang ke 7 yaitu Bapak Joko Widodo.

Acara yang ini sering disebut oleh masyarakat Pontianak sebagai pesta rakyat, jadi jangan heran untuk beberapa hari ini jalan di sekitar Kota Pontianak bakalan macet. Jelas saja macet, karena warga masyarakat dari berbagai daerah antusias untuk melihat lebih dekat berlangsungnya acara tersebut, Karena menurut masyarakat Pontianak acara ini baru pertama kalinya diadakan di Kalimantan Barat dan semua foto yang ada di potingan blog saya kali ini asli diambil oleh saya sendiri menggunakan kamera ponsel.

Budaya Indonesia di Karnaval Khatulistiwa 2015

Semua peserta karnaval khatulitiwa berasal dari berbagai daerah provinsi seperti Sumatra Utara, Medan, Jambi, Jawa, Kalimantan Tengah, Sulawesi, Bali, Papua, Madura, Jakarta, Provinsi Besar di Indonesia tentunya, serta juga ada dari berbagai kabupaten di Kaliamantan Barat seperti Sanggau, Meliau, Ketapang, Bengkayang, Kubu Raya dan lain sebagainya.

Pesona Karnaval Khatulistiwa Pontianak 2015

Yang menjadi suatu hal yang menarik bagi saya adalah masyarakat menjadi lebih tahu akan keberagaman budaya yang ada di Indonesia, kalau biasaya lihat kebudayaan Indonesia lainnya menggunakan media sosial, media masa elektrinik seperti internet, televisi nah kali ini masyarakat dapat melihat secara langsung. Terutama anak-anak yang terlihat antusias sekali dengan acara ini.

Karnaval Budaya Jakarta di Pontianak Khatulistiwa

Acara yang berlangsung satu hari saja ini rencananya akan menjadi acara tahunan yang dapat diselenggarakan diberbagai provinsi. Tak hanya karnaval di sepanjang jalan saat sore acara ini dilanjutkan karnaval di atas sungai Kapuas. Tapi saya tidak dapat menuju kesana karena sudah ramai sekali, sebenarnya sih penasaran juga tapi yasudahlah karena saja juga perginya sendiri. Acara Karnaval Khatulistiwa 2015 ini juga diisi oleh penampilan artis-artis nasional seperti Ello, Saikoji, Slank (mungkin perform mereka malam, jadi saya gak ikut lagi.. hehe).

Karnaval Budaya Khatulistiwa Pontianak

Drumband Santo Paulus Pontianak di Karnaval Khatulistiwa

Acarnya sangat meriah, semoga tahun depat saya bisa libut acara karnaval ini di Provinsi lainnya.

Dari kemeriahan acara Karnaval Khatulistiwa ini yang sangat saya sayangkan bukanlah tidak mengikuti acara sampai selesai, akan tetapi kesadaran masyarakat yang masih belum sadar akan kebersihan lingkungan Kota Pontianak, para penikmat karnaval ini masih saja ada yang membuang sampah sembarangan, walaupun ada petugas kebersihan kota setidaknya tidak tidak menambah bebankan pekerjaan beliau. Yah, saya harap sih kesadarannya saja. Kalau tidak ada tempat sampah, yaa sebaiknya bawa pulang sajalah sampah tersebut.

Sampah yang ditinggalkan setelah karnaval khatulistiwa

Be social share!

5 thoughts on “Warna Warni Karnaval Khatulistiwa 2015, Kenal Lebih dekat Budaya Indonesia

    1. Terimakasih sudah berkunjung, event ini sepertinya akan diadakan setiap tahunnya tapi di lain provinsi. Semoga tahun berikutnya acaranya lebih menarik di provinsi mas nya ya.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *