Launching + Meet and Greet Komunitas 1000guru KalBar With Jemi Ngadiono

Hallo para pencerdas kehidupan bangsa Indonesia, apa kabar semoga selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberi kesehatan agar bisa terus berjuang dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Sebagai salah satu penjuang pendidikan untuk Indonesia kemarin saya sempat menghadiri Acara Lunching + Meet and Greet 1000guru Kalimantan Barat with Jemi Ngadiono.DSC_0003

Apa itu Komunitas 1000guru??

Biar lebih semangat yuk kita intip dulu Video berikut ini, lagu 1000_guru Kita untuk Negeri dari Luth feat Eltika.

Bagus ya videonya, nah lanjut… Apa itu Komunitas 1000guru? Komunitas 1000guru adalah komunitas yang didirikan tiga tahun lalu oleh Jemi Ngadiono dengan taging Traveling and Teaching yang peduli dengan pendidikan khususnya untuk daerah pedalaman maupun perbatasan sambil Traveling. Mengajak kaum muda Indonesia untuk menyebarkan semangat pendidikan agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

Siapakah Jemi Ngadiono?

Jemi Ngadiono adalah sosok pemuda yang peduli akan pendidikan, merupakan seorang pendiri dari Komunitas 1000Guru. Beberapa bulan yang lalu Mas Jemi Ngadiono pernah diundang di acara Kick Andy Metro TV mungkin teman-teman masih pada ingat dengan tayangan tersebut di Kick Andy : Hadir Pol Gaji Nol (Asnat Bell dan 1000_guru), selain itu ada juga di Kompas TV dan TV One dan media lainnya. Latarbelakang beliau adalah seorang Videographer yang hobby traveling. Menurutnya berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat baru merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun sering kita melupakan keadaan penduduk setempat. Padahal, meskipun hanya mampir selama beberapa hari, wisatawan bisa memberi kontribusi positif dalam bidang pendidikan di tampat yang mereka singgahi. Maka didirikan lah Komunitas 1000guru karena beliau percaya bahwa ‘Kita semua adalah Guru’. 

Jemi Ngadiono Masuk Koran

Ini dia, kegiatan Launching + Meet And Greet Komunitas 1000guru Kalbar with Jemi Ngadiono.

Kegiatan yang diadakan hari Minggu, 27 September 2015 dari pukul 13.00 sampai dengan 16.30 di Gedung Perpustakaan Daerah Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat (Jln. Sutoyo No.6 Pontianak) dihadiri langsung oleh Bpk Anggota DPRD Kota Pontianak, Pengurus Lapas Anak Kalimantan Barat, Duta Lingkungan Hidup KalBar 2015, Duta GENRE 2015, Komunitas Angklung Khatulistiwa dan Seluruh Anggota Inti Komunitas 1000guru Kalimantan Barat.

Acara Launching diisi dengan sambutan dari panitia, menampilkan budaya alat musik Sape’ alat musik tradisional khas Dayak Kalimantan Barat, Tarian Daerah, Puisi dengan judul “Merajut Mimpi” oleh Cristine dan Accoustic lagu Laskar Pelangi, Seni Musik Angklung dari Team Angklung Khatulistiwa Pontianak yang merupakan komunitas dari SMK Negeri 1 Pontianak, dan acara inti yakni Meet and Greet yang sebenarnya bersama Founder 1000guru Kak Jemi Ngadiono tetapi beliau tidak dapat hadir karena keberangkatan delay  yang disebabkan oleh Kabut Asap, jadi acara Meet and Greet with Jemi Ngadiono diganti dengan TALKSHOW dengan Founder Komunitas 1000guru_Bandung (Kak Valentina), Founder 1000guru_Makasar (Kak Anca), dan Founder 1000guru_Kalbar (Kak  Wisa).

Apakah semua Anggota Komunitas 1000guru harus berprofesi GURU?

Pertanyaan yang serting didengar oleh para anggota komunitas ini, mereka menjawab “tidak”. Karena anggota dari Komunitas 1000guru Kalbar ini tidak harus berprofesi guru ataupun calon guru. Ternyata anggotanya merupakan memiliki latar belakang yang bukan hanya seorang guru tetapi ada juga anggota yang dari Kedokteran, Ilmu Pemerintahan, Hukum, Teknik, bahkan profesi lainnya. Jadi, tidak harus berprofesi guru atau calon guru yang menjadi anggota 1000guru ini.

Anggota 1000guru Kalbar menjelaskan alasan mereka menjadi anggota komunitas 1000guru Kalbar diantaranya adalah mereka memiliki kepedulian akan pendidikan untuk anak-anak pedalaman atau daerah terpencil, memiliki hoby traveling, suka mengajar, mengabdikan ilmu yang dimiliki ke masyarakat luas, berbagi pengalaman dengan anak-anak pedalaman atau anggota lainnya, ada juga hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, serta mengeksplore budaya dan potensi daerah di Kalimantan Barat.DSC_0003

Mengapa namanya harus “1000guru” kenapa gak 1jutaGuru atau 1.000.000.000guru?

Menurut om Jemi Ngadiono yang dijelaskan langsung oleh bang Anca (Anggota 1000guru Makasar) nama 1000guru mengartikan bahwa mengartikan guru yang dimiliki komunitas ini banyak tapi bukan berarti harus 1000 anggota guru, nama mudah diingat, kata seribu dan guru diakhiri dengan huruf “u” jadi tidak terlalu berat bahasanya.

Komunitas yang memiliki visi misi turun ke pedalaman dan membangun negeri lebih baik ini sudah memiliki 32 regional anggota di Indonesia seperti 1000guru_Makasar, 1000guru_Bali, dan lainnya. Menurut salah satu anggota Komunitas 1000guru Kalbar seorang guru adalah sosok yang hebat, misalkan untuk menjadi presiden siapakah yang mengajar presiden? guru bukan? siapa yang mengajar mentri? guru bukan? berarti kalau tidak ada guru presiden saat ini tidak bisa menjadi presiden. Serta profesi apapun pasti dulunya diajar oleh seorang guru.

Buat teman-teman yang pengen gabung di Komunitas 1000guru_Kalbar ini, berikut proses requitment untuk menjadi anggota komunitas tersebut:

  • Update Informasi tentang 1000guruKalbar di sosial media, admin dari akun Komunitas 1000guru biasanya memasang informasi seputar hari dan tanggal proses requitment di instagram, twitter, atau pun path.
  • Mendaftar langsung dengan menghubungi Contact Person yang tersedia di akun resmi 1000guruKalbar, kalau mention langsung di akun mereka biasanya juga langsung dibalas.
  • Setelah mendaftar biasanya anggota inti dari Komunitas 1000guru Kalbar melakukan seleksi, karena yang ingin gabung sangat ramai jadi tidak semua pendaftar dalam bergabung dengan kegiatan Komunitas 1000guru Kalbar ini.
  • Seleksi penerimaanya adalah calon anggota 1000guru Kalbar harus membuat karya tulis tentang belajar dan mengajar di pedalaman (atau sesuai dengan ketentuan dari anggota inti).
  • Setelah membuat karya tulis selanjutnya adalah wawancara untuk calon peserta, wawancara ini tidak terlalu resmi (bukan seperti wawancara untuk pelamar kerja), calon anggota hanya sekedar ditanya-tanya tentang mengapa ingin menjadi guru atau mengapa ingin bergabung.
  • Para anggota inti dari Komunitas ini akan menyeleksi calon peserta yang layak untuk ikut serta Traveling and Teaching dengan Komunitas 1000guru Kalbar. Biasanya anggota memilih calon sesuai kebutuhan dari jumlah perserta didikannya.
  • Untuk menjadi anggota komunitas ini hal yang terpenting adalah niat yang tulus dan berani. Untuk info lebih lanjut bisa tanya langsung melalui email : seribuguru.kalbar@gmail.com

Komunitas 1000guru_Kalbar tak hanya melakukan kegiatan Traveling and Teacing saja ada beberapa kegiatan dari beberapa program di Komunitas ini diantaranya adalah buka puasa bersama, award teacher (merupakan penghargaan guru pedalaman yang inspiratif dan memiliki semangat mengajar yang luar biasa), hormati guru, pengobatan gratis, membagikan donasi, program mengajar di lapas anak, dan smart center (program ini dikhususkan untuk para anggota 1000guru yang senior atau yang pernah mengikuti TNT sebelumnya).

Hardiknas 1000guru Kalbar

Komunitas 1000guru Kalbar sudah melakukan Traveling and Teaching sebanyak dua kali yakni TNT pertama dilakukan di Menjalin Kabupaten Landak tanggal 3 mei 2014 silam, dan TNT yang kedua diselenggarakan di Pulau Kabung, Bengkayang tepatnya di SD Negeri 17 Pulau Kabung. Rencananya untuk Traveling and Teaching berikutnya yakni TNT ke tiga akan diadakan di Sambas Pulau Paloh yang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Pada akhir acara Launcing + Meet and Greet Komunitas 1000guru Kalbar ini panitia mengumumkan pemenang lomba foto selfie di acara tersebut dan foto bersama Anggota Komunitas dan Peserta serta seluruh panitia kegiatan ini.

seribu guru

Nah, itulah liputan acara Launching + Meet and Greet Komunitas 1000guru Kalbar sekali lagi saya ucapkan selamat atas Launcing 1000guru_Kalbar semoga dengan kalangan muda yang peduli pendidikan dapat membagun pendidikan di Indonesia khususnya pedalaman dan perbatasan Kalimantan Barat menjadi lebih baik dan sukses untuk kegiatan Traveling and Teaching selanjutnya.

Be social share!

7 thoughts on “Launching + Meet and Greet Komunitas 1000guru KalBar With Jemi Ngadiono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *