Yuk Intip Kemeriahan Balap Sampan di Pontianak Festival 2015

Pontianak Festival 2015 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh warga Kota Pontianak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Pontianak yang ke 244 dengan tema “Pontianak Menyapa Dunia”, pada kegiatan Pontianak Festival 2015 ini diisi berbagai kegaitan seperti Pekan kreasei pemuda di Rumah Radakng, titik kulmilasi di Tugu Khatulistiwa dan berbagai lomba diberbagai tempat di Kota Pontianak serta acara puncaknya dihadiri oleh Wali Kota Pontianak yakni Bpk.H.Sutarmidji beserta wakilnya.

Semarak Hari Jadi Kota Pontianak New
Semarak Hari Jadi Kota Pontianak

Adapun kemeriahan dari berbagai lomba pada Kegiatan Pontianak Festival 2015 adalah sebagai berikut

  1. Arakan Pengantin
  2. Lomba Fotografi dan Blog
  3. Fashion Road
  4. Drumband                      
  5. Meriam Karbit
  6. Festival Permainan Anak
  7. Lomba Tari Melayu
  8. Pontianak Shopping Festival
  9. Jalan Sehat Budaya
  10. Pontianak EXPO
  11. Festival Bujang Dare
  12. Pagelaran Seni Budaya
  13. Saprahan
  14. Lomba Balap Sampan

Dari sekian banyak kegiatan perlombaan, satu diantara lomba yang diselenggarakan hari ini 10 Oktober 2015 adalah Lomba Sampan Tradisional. Lomba Sampan ini diselenggarakan di Parit Sungai Jawi tepatnya di jalan H. Rais. A. Rahman atau sering disebut dengan Sungai Jawi pukul 06.00 WIB.

Balap Sampan di Sungai Jawi Pontianak
Balap Sampan di Sungai Jawi Pontianak

Lomba balam sampan/perahu adalah lomba menggunakan alat tradisional (tanpa alat bantu mesin) berupa sampan atau perahu biasanya terdiri dari satu orang dalam satu sampan. Bahkan untuk lomba balam perahu sebenarnya juga ada atelit untuk olimpiadenya. Seperti yang kita ketahui bahwa Kalimantan Barat mempunyai sungai terpanjang yakni Sungai Kapuas jadi tak heran jika masyarakat kota Pontianak melihat perahu/sampan disepanjang sungai kapuas, karena sampan merupakan alat transportasi sungai yang sudah sangat pouler.

Kegiatan lomba dilakukan disungai yang para pesertanya terdiri dari dua orang dalam satu sampan yang sudah dihias oleh para peserta, perlombaan ini menarik perhatian warga kota Pontianak khususnya warga daerah Sungai Jawi. Para peserta harus mendayung sampannya di sungai mulai dari garis start hingga finis dengan kecepatan maksimal.

Balap Sampan Kota Pontianak

Hiruk pikuk pun terjadi oleh ratusan masyarakat yang menonton perlombaan secara langsung. Bagaimana tidak, gelagat pendayung sampan yang mendayung sampan terlalu cepat sehingga membuat sampan bukan laju ke depan melainkan terbalik hingga peserta jatuh ke dalam sungai.

Menurut salah seorang warga, Jumedi, perlobaan kali ini dilakukan di Sungai Jawi dan pihaknya sebagai warga Sungai Jawi merasa sangat terhibur. “Ini pertama kali di kampung kami dan belum pernah dilakukan momen seperti ini. Kami warga Sungai Jawi sangat terhibur,” ujarnya, Sabtu (10/10/15).

Itulah liputan dari saya Siti Mustiani, kita tunggu liputan kegiatan  acara Pontianak Festival 2015 dalam rangka HUT Kota Pontianak ke 244 Tahun 2015 ini. Terimakasih.

Be Sociable, Share!
  • andar

    Lomba mancing juga ada

    • Siti Mustiani

      Adakah lomba mancing? dimana bang? :D

  • Dwi Wahyudi

    Saye tak sempat nak kesana, hiks... Mane timingnye pas pagi weekend agik tuh :3

    • Siti Mustiani

      Iye bang, pas weekend... nanti acara lomba tari tradisional malah pas jam kerja pula

  • roni

    kelihatannya seru banget tuh. baru tahu ada acara kaya gituan di pontianak. kalo temenku yang asli pontianak sering cerita sih tetang lempok durian

  • duduul

    wah macem lomba ada semua ya min.. keren dah pontianak, temen smpet ngajakin padahal kesana :(

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *