Bernostalgia dengan Permainan Tradisional Anak di HUT Kota Pontianak ke 244

Masih dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Pontianak yang ke 244, kalau kemarin sudah nulis tentang Kemeriahan Balap Sampan dan keseruan kali ini yakni Festival Permainan Tradisional Anak yang diselenggarakan di sepanjang jalan Car Free Day yakni Jln. Achmad Yani 1 Pontianak tepatnya dari depan Ayani Mega Mall hingga Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu Pagi 18 Oktober 2015.

Panggung Pontianak Ayo Bermain

Kegiatan Festival Permainan Anak Tradisional ini dijadikan sebagai ajang lomba yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar se Kota Pontianak. Apa sajakah yang diperlombakan? Permainan Tradisional Anak yang diperlombakan adalah Enggrang, Gala Hadang, Tarik Tambang, Congklak, Futsal Mini, Tabak, Yoyo, Karet Gelang dan masih banyak lagi. Ketika kita mendengar beberapa permainan tersebut, membuat kita serasa bernostalgia kembali apa lagi untuk anak yang lahir di era 80 atau 90an, karena dijaman kali ini sudah tak banyak anak-anak yang masih memainkan permainan tersebut, anak jaman sekarang rata-rata sudah bermain game komputer, gadget atau smartphone, nah dengan diadakannya Festival Permainan Tradisional Anak ini selain hanya sekedar permainan tetapi juga sebagai ajang melestarikan dan mengenalkan permainan tersebut kepada anak-anak. Setiap permainan dikoordinir oleh masing-masing panitia permainan.

Bagaimanakah Keseruanya?

Yang pertama adalah Permainan Tradisional yang biasa dimainkan oleh anak perempuan yaitu TABAK, ada tabak rumah, tabak kotak, tabak delapan (atau apalah namanya) karena disetiap daerah biasanya nama tabak ini berbeda-beda.

Permainan Tradisional - Tabak Rumah

Selanjutnya adalah permainan untuk anak cowok yakni Futsal Mini. Kalau mendengar futsal sudah pasti yang main kebanyakan cowok yah, Futsal Mini ini terdiri empat orang dalam satu tim dan satu sekolah hanya boleh mengirimkan satu tim saja. Permainan Tradisional tanpa kipper ini sebenarnya sampai sekarang juga masih hits, karena mirip seperti permainan sepak bola, hanya saja bola, lapangan dan gawangnya lebih kecil daripada sepak bola.

Sepak Bola Mini - Festival Permainan Anak

Next, yaitu Lompat TaliHayoo disini siapa yang gak bisa main Lompat Tali?? ini permainan anak perempuan dan jujur saja melihat anak-anak bermain lompat tali, rasanya juga ingin ikutan. Permainan ini ada tiga jenis, ada Lompat Tali biasa, ada yang Lompat Tali Putar dan ada juga yang Lompat Tali Jepang. Masing-masing permainan memiliki peraturan yang berbeda.

Lompat Tali Festival Permainan Anak Pontianak Festival 2015

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Bpk Wali Kota Pontianak yakni Bpk.Sutarmidji yang juga ternyata ikut mencoba beberapa permainan tradisional ini loh..

Wali Kota Pontianak, Pak Sutarmidji Hadir dalam Kegiatan

Acara tersebut juga diisi oleh aktraksi Performance dari SMA Negeri 1 Kota Pontianak, yang juga menarik perhatian para peserta lomba dan penonton. Keren kan?

Drum Band SMA Negeri 1 Pontianak

Nah, itulah beberapa permainan tradisional yang dapat saya liput karena kegiatan ini dari berbagai permainan dan dimulai secara bersamaan. Sebenarnya masih banyak permainan tradisional yang lainnya seperti tarik tambang, kelereng, congklak yang belum sempat saya liput satu per satu. Tapi acara ini sukses berjalan lancar, semoga permainan tradisional ini tidak pernah dilupakan oleh anak penerus bangsa ini, karena permainan tersebut merupakan warisan bangsa Indonesia dan merupakan budaya khas Indonesia.

Be Sociable, Share!
  • mas fikr

    wah asik tuh acaranya, mengumpulkan anak-anak untuk mengenal permainan tradisional, kereeen

    • Siti Mustiani

      Hehe iya mas Terimakasih, lihat anak2 main jadi juga ingin ikutan main. Semoga permainan tradisional ini tetap dilestarikan oleh anak penerus bangsa selanjutnya... :D

  • Permainan Tradisional

    Wah keren sekali ada festival begini, jarang2 loh ada

    • Siti Mustiani

      Iyaa... Terima kasih, di Kota Pontianak sering loh ngadain kegiatan seperti ini :D

  • permainan

    seharusnya setiap kota ngadain festival seperti ini, supaya permainan tradisional tetap lestari,,, keren Kota Pontianak (y)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *