Esplanade Theatre Gedung Unik yang Terinspirasi dari Buah Durian #Singapore

Salah satu icon Singapore yang unik dan wajib anda kunjungi adalah Esplanade Theatre, sekilas bangunan ini mirip sekali dengan buah durian, yah ternyata gedung ini memang terinspirasi oleh buah durian loh.. πŸ˜€

Esplanade Theatre
Esplanade Theatre

Esplanade berletak di dekat Merlion Park, dari patung Merlion udah keliatan bangunannya. Esplanade adalah sebuah pusat seni dan merupakan salah satu pusat seni yang paling aktif dan sibuk di dunia. Esplanade ini merupakan sebuah gedung besar untuk berbagai keperluan. Gedungnya besar dan bentuknya unik karena atapnya mirip buah durian. Esplanade sering digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpustakaan, ruangan pameran lukisan, hingga food court dan lain-lain. Masuk ke tempat ini gratis kecuali sedang ada acara yang diharuskan membeli tiket. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Esplanade.

Esplanade Theater
Esplanade Theater #ExploreSingapore

Apa aja yah yang ada di Esplanade Theatre ini?

Esplanade terdiri dari dua ruangan yang besar, di dalam teater ini terdapat 2.000 kursi dan Concert Hall denga 1.600 kursi, serta dilengkapi dengan dua studio yang lebih kecil, teater outdoor juga ada.

Dua buah kubah yang menjadi lokasi teater dan concert hall ini dirancang dengan bahan kaca, untuk membarikan kesan terbuka. Suhu di dalam Esplanade Theatre ini cukup dingin karena lebih dari 7.000 keping penahan panas matahari dari alumunium bersama dengan rangka penutup berlapis glazur ganda dipasang pada rangka penopang baja untuk memberntuk penutup yang menjadikan pusat seni ini sebuah ikon arsitektur mempesona, di depan cakrawala kota Singapura. Penutup berbentuk duri akhirnya menjadi nama sebutan yang populer berdasarkan buah favorit penduduk setempat, Durian. Tapi kalau dilihat dari jauh menurut saya gedung ini malah mirip seperti mata lalat, buah nanas atau kepala microphone ya? hehe :p (*nah… itu terserah sudut pandang anda, asal jangan berpikiran negatif aja).

Petunjuk Arah Esplanade
Petunjuk Arah Esplanade

Jam Operation Esplanade adalah ; Senin – Jumat jam 10.00 – 20.00 ; Sabtu jam 11.00 – 20.00. Yang lebih menarik adalah biaya ticketnya β€œFree” untuk sekedar masuk, namun akan dikenakan biaya ticket pada pertunjukan yang memang berbayar.

Be Sociable, Share!
  • tia

    bagusssssss

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *