SMP Swasta Populer di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat

SMP atau Sekolah Manengah Pertama adalah salah satu tingkat wajib sekolah yang harus ditempuh oleh pendidikan di Indonesia, smp negeri maupun swasta sama baiknya. Akan tetapi beberapa orang tua siswa lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta karena sekolah swasta justru memiliki fasilitas yang lebih lengkap, beberapa pelajaran ekstra, dan jumlah siswa yang tidak terlalu ramai serta alasan yang lainnya.

Di Kabupaten Kubu Raya terdapat beberapa sekolah swata yang populer bahkan siswa yang bersekolah disini tak hanya berasal dari kabupaten ini saja, siswa yang berasal dari Kota Pontianak pun banyak yang bersekolah disini, karena beberapa sekolah disini adalah sekolah yang populer di Pontianak dan letaknya di Kabupaten Kubu Raya. Perlu diingat, tulisan ini berdasarkan pengamatan dari saya.

Berikut adalah beberapa SMP Swasta Populer khususnya di Kabupaten Kubu Raya kecamatan Sungai Raya :

1. SMP Bumi Khatulistiwa

SMP Bumi Khatulistiwa Kubu Raya terletak di Jalan Arteri Supadio km.3 Kubu Raya beryayasan Adijanto dan dikepalai oleh Bpk.Mahyudi, sekolah yang diresmikan sejak tahun 2009 ini sudah meluluskan siswa tiga angkatan.

Gedung sekolah SMP Bumi Khatulistiwa Kubu Raya saat ini memiliki tiga lantai, dengan sebuah laboratorium komputer, lapangan basket, halaman sekolah yang sangat luas dan sebuah kantin. 80 persen siswa SMP Bumi Khatulitiwa Kubu Raya berangkat ke sekolah menggunakan fasilitas transportasi BIS Sekolah yang langsung menyemput siswanya dirumah setiap hari dan mengantar kembali, sedangkan 20 persen siswanya berangkat sekolah menggunakan sepeda dan diantar menggunakan kendaraan motor atau mobil. Walaupun sekolah ini baru didirikan, tapi prestasi siswa siswi SMP Bumi Khatulistiwa sudah sangat banyak diantaranya adalah siswa/siswinya berprestasi dibidang OSN dan Olimpiade bahkan sampai tingkat nasional.

2. SMP Tunas Bangsa

Satu satunya sekolah bertaraf Internasional di Kalimantan Barat ada di Kabupaten Kubu Raya loh, yaitu Sekolah Tunas Bangsa Kubu Raya. SMP Tunas Bangsa Kubu Raya terletak di Jln. Arteri Supadio km.2 Kubu Raya sudah didirikan sejak tahun 2003 dengan naungan Yayasan Harapan Bersama.

SMP Tunas Bangsa Kubu Raya memiliki fasilitas sekolah yang sangat lengkap seperti laboratorium komputer, ruang musik, lab biologi fisika dan kimia, dua lapangan basket, lapangan sepak bola, kolam renang, lapangan bulu tangkis, perpustakaan, bis sekolah, lift dan aula. Karena SMP Tunas Bangsa bertaraf International jadi SMP ini memiliki dua kurikulum yaitu kurikulim nasional dan kurikulum internasional dari Cabridge University. SMP Tunas Bangsa memiliki dua program di kelasnya yaitu kelas Full Internasional dan Kelas Bilingual. Bedanya apa? Bedanya adalah kelas Full Internasional mewajibkan siswanya untuk menggunakan bahasa inggris dan menggunakan dua kurikulim disetiap pelajarannya, kelas ini juga bakalan ujian dua kali dan mendapatkan sertifikasi internasional atau IGCSE. Sedangkan kelas Bilingual memperbolehkan siswanya menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia, kurikulum yang digunakan hanya nasional saja.

Kalau prestasi jangan ditanya lagi, dari berbagai bidang sudah banyak diraih oleh siswa siswi di SMP Tunas Bangsa ini seperti OSN, Olimpiade, bahkan kompetisi Olahraga hingga tingkat Nasional dan Internasional.

3. SMP Kemala Bhayangkari

Selanjutnya yaitu SMP Kemala Bhayangkari Kubu Raya, sekolah yang unggul dibidang Extracuricular ini sudah tak asing lagi terdengar di Kubu Rayah bahkan di Kota Pontianak apalagi jika Pemerintah KalBar mengadakan kegiatan EGP (Ekspresi Gaya Pelajar), bukan Bhayangkari namanya kalau absen sebagai peserta di event yang paling bergengsi satu ini, terutama MARCHING BAND nya.

Walaupun nama sekolah ini Bhayangkari (nama angkatan kepolisian) yang bersekolah di sini bukan berarti anak polisi atau nantinya harus jadi polisi juga, tapi Bhayangkari adalah salahsatu organisasi atau yayasan yang berasal dari angkatan kepolisian. Siswa/Siswi SMP Kemala Bhayangkari tidak kamu jumpai saat pagi hari, karena sekolah ini masuk pada siang hari pukul 13.00 WIB.

4. SMP Kristen Immanuel II

Aktif dibidang olah raga Basket, ini sekolahnya. Gedung SMP Kristen Immanuel II Kubu Raya terletak di Jln. Adi Sucipto saat ini memiliki tiga lantai.

SMP Kristen Immanuel II Kubu Raya sangat unggul dibidang olah raga terutama olah raga Basket, sudah segudang prestasi dari sekolah ini dibidang olah raga. Tak hanya olah raga saja dibidang akademik juga sering sekali siswa/siswi disini ikut dalam kompetisi.

Nah, itulah beberapa sekolah yang menurut saya populer di Kabupaten Kubu Raya Pontianak. Setiap sekolah memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, akantetapi menurut saya keberhasilan seorang siswa bukan dilihat dimana dia sekolah, tapi bagaimana siswa itu sekolah. Cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Be social share!
  • academic Indonesia

    Kalo boleh tahu, program2 unggulan di SMP tersebut apa saja ya dalam hal pendidikan? Agar menginspirasi SMP-SMP lainnya :)

  • smp santa monika

    smp santa monika kelas siang juga oke loh, malah sudah go nasional, baik di bidang sains ataupun seni.... :)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *