Keberhasilan Penerapan Entreprise Resource Planning di PT. Garuda Indonesia

PT. Garuda Indonesia adalah satu diantara perusahaan yang bergerak dibidang transportasi penerbangan yang terkenal di Indonesia dengan konsep full service airline. Keberhasilan dari perusahaan ini adalah menerapkankan ERP (Entreprise Resource Planning) yaitu SAP dalam sistem perusahaannya sehingga kebutuhan data dan informasi dapat terintegrasi pada semua bagian secara efektif dan efisien.

Terlepas dari bisnis utamanya sebagai maskapai penerbangan, Garuda Indonesia juga memiliki unit bisnis (Strategic Business Unit/SBU) dan anak perusahaan. Unit bisnis Garuda Indonesia adalah Garuda Cargo dan Garuda Medical Center. Sedangkan anak perusahaan Garuda Indonesia adalah PT Citilink Indonesia, yaitu maskapai tarif rendah (Low Cost Carrier), PT Aerowisata (hotel, transportasi darat, agen perjalanan dan katering), PT Abacus Distribution System Indonesia (penyedia layanan sistem pemesanan tiket), PT Aero System Indonesia/Asyst (penyedia layanan teknologi informasi untuk industri pariwisawata dan transportasi) dan PT Garuda Maintenance Facility (GMF AeroAsia), yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perawatan pesawat, perbaikan, dan overhaul.

Pada tahun 2000 di bagian keuangan mengalami kendala dalam pertukaran dan keakuratan data . Karena kemudahan yang diperoleh melalui ERP, seperti efisiensi data, keakuratan data, efisiensi waktu, kemudahaan memonitor transaksi yang berlangsung dan memudahkan karyawan dalam bekerja.( sesuai pada gambar 4.0). Selain itu, karena perkembangan bisnis sangat pesat mengharuskan PT Garuda Indonesia mengoptimalkan kinerja tiap divisi. Dorongan dari kompetitor dari PT Garuda Indonesia yaitu PT Luthansa Airlines yang telah berhasil menggunakan SAP dan terbukti berhasil juga menyebabkan PT Garuda Indonesia menggunakan SAP.

Pada bulan Februari 2011, Garuda Indonesia telah menjadi Perusahaan Publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keguntungan yang diperoleh Garuda Indonesia karena menerapkan ERP

PT Garuda Indonesia menggunakan ERP untuk menghubungkan dan mengsinkronisasikan tiap divisi sehingga mengurangi redudansi data, juga untuk pelaporan pekerjaan tiap divisi ke divisi lain. Pada bagian penjualan proses dimulai dari kostumer datang, kemudian membeli tiket, kemudian memasukkan data tersebut kedalam sistem dan masuk ke dalam database kemudian muncul informasi berupa tampilan laporan penjualan pada bagian keuangan.

Berdasarkan Manfaat penerapan ERP di PT. Garuda Indonesia dapat disimpulkan :

  • Garuda Indonesia terbukti berhasil dalam penerapan ERP karena telah berada pada fase termination.
  • Dalam penerapan pada PT. Garuda Indonesia, ERP yang digunakan adalah SAP dengan berbagai macam modul seperti FI, MM, AM, HRM, dan modul lainnya.
  • Sistem ERP terbukti membantu dalam mengoptimalkan dan mengefisienkan pertukaran data yang akurat dan cepat.

Berikut Alasan Garuda Indonesia menereapkan ERP

Selain untuk mengotomatisasi proses pengelolaan informasi dari mulai memasukkan informasi, menyimpan, dan memperbaruinya setiap saat sehingga setiap orang bisa mendapatkan informasi terbaru dan melakukan analisis dengan mudah, sehingga proses penyampaian pesan, informasi, maupun pengetahuan dapat lebih cepat, mudah dan dijamin up to date. Alasan Garuda Indonesia menerapakn ERP adalah Garuda Indonesia mampu mengeluarkan biaya yang tidak kecil untuk menggunakan sistem ini, dan terus memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpangnya.

 

Be social share!

4 thoughts on “Keberhasilan Penerapan Entreprise Resource Planning di PT. Garuda Indonesia

  1. SAP dan ERP, sebuah investasi yang tidak sedikit nilainya. Banyak perusahaan yang masih belum berani untuk upgrade ke level ini karena dana anggaran dianggap belum mumpuni. 🙂

    1. Ya, karena biaya merupakan hal yang tidak terlepas dari jalannya suatu perusahaan. Tapi, garuda mampu (berani mengambil resiko) mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk meningkatkan kulalitas sistem yang dijalankan diperusahaannya 😀

  2. Kedepan Garuda Indonesia semoga semakin maju dan meningkatkan pelayanan terhadap semua pelanggannya. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *