Menguji Kemampuan Siswa dibidang TIK, SCREEN 2016 Universitas Tanjungpura

SCREEN adalah event tahunan seperti pensi tapi kompetisinya dikhususkan dibidang Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer FMIPA UNTAN Universitas Tanjungpura Pontianak, SCREEN sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 yang berisikan berbagai macam kompetisi seperti Desain Grafis, Logical Programming, Mengetik Cepat, DOTA, dan kompetisi bidang komputer lainnya.

 

26 Maret 2016 SCREEN mengadakan event-nya yang kesekian-kalinya dengan tema “The Real Competitions” dengan beberapa kompetisi seperti Mengetik Cepat untuk tingkat SMP, Desain Grafis dan Logical Competition untuk tingkat SMA/SMK, serta DOTA 2 dan Selfie Groufie untuk Umum. Alhamdulillah Sekolah Tunas Bangsa juga diundang untuk mengikuti kompetisi ini, saya sebagai guru ICT atau TIK mereka merasa ini adalah kesempatan yang bagus untuk menguji kemampuan siswa-siswa saya khususnya dipelajaran TIK, dengan demikian saja juga mengikutkan siswa-siswi saya yaitu Christine, Kelly Sudjono dan Alexander (grade 8) untuk mengikuti lomba Mengetik Cepat, dan Christopher Wendy (grade 11) untuk mengikuti lomba Desain Grafis.

Stand Banner Selamat Datang SCREEN 2016
Stand Banner Selamat Datang SCREEN 2016

Mengikut sertakan mereka tidak sembarangan, saya harus memperhatikan siswa-siswa saya dalam mengunakan teknologi informasi, seperti Christine dan teman-temannya, saat Pak Rahmad menguji kemampuan mengetik cepat dipelajaran Business Studies, Christine dan tiga temannya lah yang memperoleh score yang tertinggi. Sedangkan alasan saya untuk mengikut sertakan Christopher untuk lomba Desain Grafis karena saya melihat Atop (panggilannya disekolah) mampu mengoperasikan software design graphic seperti Photoshop dan Atop juga cukup kreatif. Awalnya saya juga ingin mengikutsertakan Filbert dan Alvin dibidang Logical Competition tapi karena mereka juga ikut OSN Komputer jadi saya tunda dulu.

Mengetik Cepat SMP Lab 1
Mengetik Cepat SMP Lab 1

Lomba Mengetik cepat tingkat SMP diikuti sekitar 60 siswa Sekolah Manengah Pertama se Kalimantan Barat, awalnya kompetisi ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 Maret 2016 akantetapi banyak sekolah pada tanggal tersebut juga mengadakan MID Semester, maka panitia SCREEN 2016 mengundurkan kompetisi ini menjadi 26 Maret 2016 pukul 07.00 pagi hari dengan teknikal meeting pada tanggal 19 Maret 2016. Karena banyak siswa yang mengikuti kompetisi ini maka lombanya dibagi menjadi beberapa sesi dan menggunakan 2 LAB Komputer sekaligus yang disediakan oleh panitia, dalam satu sesi panitia memberi waktu kepada peserta selama 10 menit dan dalam satu LAB berisikan 10 siswa yang berkompetisi. Kompetisi ini cukup mudah karena menggunakan aplikasi Typing Master yang sudah disetting oleh panitia dan menggunakan komputer lab prodi Sistem Komputer.

Nah, untuk Desain Grafis juga diselenggarakan pada hari yang sama tapi dijam yang berbeda. Pada lomba desain grafis para peserta diminta untuk membuat spandung dengan tema “Hari Jadi Dies Natalis Untan” dengan ketentuan-ketentuan lainnya yang diberikan oleh panitia sebelum kompetisi dimulai, lomba ini diselenggarakan selama dua jam.

Setelah selesai menggikuti kompetisi ini, para siswa belum mengetahui siapa pemenangnya, karena akan diadakan grand final dari masing-masing 5 orang disetiap lomba pada tanggal 7 Mei 2016 mendatang, serta pengumuman yang masuk final akan diinformasikan pada tanggal 20/21 April 2016.

Sertifikat Screen 2016 Mengetik Cepat
Sertifikat Screen 2016 Mengetik Cepat
Be social share!

7 thoughts on “Menguji Kemampuan Siswa dibidang TIK, SCREEN 2016 Universitas Tanjungpura

  1. Wah keren-keren anaknya..
    Itukan buat SMP saja mbak, sekiranya kalau seperti saya ikutan gimana mbak. Apakah boleh, umur saya lebih tua dari mereka..
    Tujuannya sih agar dapat Ilmunya juga dari mereka dan mbak.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *