Beberapa Fakta dan Tips Menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Base Test yang biasa disingkat dengan UNBK/CBT adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

SMA Tunas Bangsa menjadi satu-satunya sekolah yang menerapkan UNBK di Kabupaten Kubu Raya, sedangkan untuk SMP sekolah Tunas Bangsa juga menjadi yang satu-satunya di Kalimantan Barat. Awalnya saya sempat terkejut karena harus menggunakan LAB kami untuk ujian nasional pada bulan April, sedangkan kami baru diberi tahu pada bulan Maret. Karena guru ICT hanya ada dua, maka saya dan rekan saya langsung ditunjuk sebagai teknisi dan proktor, ditambah lagi tidak ada sekolah lain di Kubu Raya yang mengadakan UNBK maka untuk pelatihan pelaksanaan ujian tersebut langsung di Jakarta.

Setelah pelaksanaan UNBK di empat hari pertama yang telah diselenggarakan, terdapat beberapa fakta yang menurut saya menarik. Yuk simak!

Berikut Fakta menarik Ujian Nasional Berbasis Komputer

1. Siswa Mengerjakan Soal Ujian Lebih Cepat Selesai

Fakta ini seakan terabaikan oleh para siswa dan orang tua. Bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada UNBK siswa tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pengisian biodata yang wajib diisi pada LJK. Biasanya mengerjakan sistem manual di LJK bisa memakan waktu sampai 5 menit atau lebih, belum lagi resiko salah isi, akan membuat siswa tidak lulus karena nilainya tidak ada yang punya.

Sementara pada UNBK kamu cukup memasukkan Username dan Password di komputer tempat UNBK maka kamu pun sudah bisa langsung menjawab dengan tenang.

2. Gak Perlu Takut kalau Gaptek

Buat kamu yang kurang terlalu lihai atau mahir dalam menggunakan komputer tidak perlu khawatir karena siswa akan kesulitan. Pasalnya siswa akan dipandu oleh orang-orang profesional di bidangnya seperti Proktor dan Teknisi. Dipastikan tak akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan meskipun bukan orang yang mahir menggunakan komputer.

3. Nilai Kejujuran dalam Mengerjakan Soal

Kejujuran merupakan hal yang pasti akan siswa dapatkan ketika menggunakan sistem UNBK ini. Pasalnya resiko terjadi kecurangan atau manipulasi data, kebocoran soal dan lain sebagainya akan semakin tipis. Baik itu siswa maupun orang tua jangan takut untuk menggunakan sistem UNBK ini, pasalnya ini merupakan langkah untuk membuat peserta ujian bisa jujur dan serius dalam belajar. Sekarang jujur atau mau tidak jujur silahkan tentukan yang baik yang mana.

4. Siswa Tidak Takut Tidak Lulus

Mulai tahun kemaren yakni 2015, kelulusan sepenuhnya akan ada di tangan pihak sekolah. Sementara nilai UN ini berapapun tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan, hanya saja nilai yang tinggi akan membuat kamu mudah untuk melanjutkan ke jenjang yang berikutnya.

Selain saya bahas fakta menarik dari UNBK ini, saya juga akan memberikan beberapa TIPS menarik tentang UNBK untuk siswa yang melaksanakan UNBK selanjutnya.

Beberapa Tips Menghadapi UN Berbasis Komputer

1. Lakukan Aktivitas seperti Biasa

Selama ujian jangan terlalu tegang, lakukanlah hal yang telah biasa kamu lakukan. Sebut saja mandi, sarapan dan aktivitas lainnya. Ingat saat menjawab soal UN 2016 kamu perlu tenaga yang ekstra. Oleh sebab itu, jika memang kamu terbiasa sarapan jangan mencoba untuk tidak sarapan dan sempatkan sarapan karena bahaya jika ketika kamu menjawab soal ujian jadi sakit perut karena tidak sarapan. Saat ujian sedang berlangsung siswa tidak diijinkan untuk keluar ruangan. Jaga kesehatan juga penting, karena didalam ruangan LAB semua komputer dinyalakan bersamaan, maka AC/Pendingin harus selalu dinyalakan juga, otomatis ruangan akan terasa lebih dingin.

2. Pakai Kaca Mata dan Jangan Ngitung di Monitornya

Karena berbasis komputer dan soal dilihat di layar monitor komputer, tidak dipungkiri lagi kalau kamu akan lebih sering terkena dampak radiasi komputer. Pakailah kaca mata yang cocok buat kamu, jangan gunakan kaca mata renang atau kaca mata hitam, kamu sedang ujian nasional bukan mau jalan-jalan atau berenang.

Kalau kamu biasa menghitung dikertas pertanyaan, nah jangan lalukan ini saat UNBK karena soal ujian ada di layar monitor jadi layar monitornya jangan dicoret-coret. Kalau mau ngitung, hitung lah dikertas buram atau kertas yang disediakan oleh panitia Ujian Nasional.

3. The Power tombol “F5” di Keyboard

Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini adalah terjadi “ngelag” atau aplikasi ujian nasionalnya tidak bisa diklik tenang jangan panik. Nah, itu bukanlah masalah yang besar kamu dapat menekan tombol “F5” yang ada di Keyboard Komputer kamu, maka semua akan berjalan lancar seperti biasa.

4. Berdoalah sebelum Ujian Nasional Berlangsung

Selain mempersiapkan fisik kamu juga perlu untuk melakukan ritual spiritual. Doa merupakan hal yang mujarab untuk bisa membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. Jadi berdoa lah.

Demikianlah, beberapa fakta dan tips menarik dari sitimustiani.com semoga bermanfaat. Salam nge-Blog!

Be Sociable, Share!
  • Miqdad

    hebat yah sekarang bisa pake komputer bgtu... waktu dlu kalo keringattan takutnya kena kertasnya ngulang lagi atau gk bisa di scan sma komputer.... hehe...

    • Siti Mustiani

      Wah, sampe keringantan gitu ya ngerjain soal ujian nya :D

  • irulaz

    hehe mantap, jamannya uda semakin berkembang emang :-)

  • SMP Tunas Bangsa

    Terima kasih atas info yang bermanfaat ini, semoga UNBK untuk SMP Juga berjalan lancar. Ammiin :D

  • Daniel

    Tingkat kesulitan soal untuk UN CBT sama dengan UN PBT kah? Atau lebih sulit? Terus, kacamata yang dimaksud itu kacamata apa ya? saya biasanya ga pake kacamata. Thx

  • Ariansyah

    Apakah pada UNBK nilai ujian nasional kita akan langsung keluar setelah kita mengerjakannya!mohon dijawab terimakasih

    • Siti Mustiani

      Untuk nilai tidak akan keluar ketika selesai ujian. Nilai akan disampaikan saat pengumuman ujian nasional bersamaan dgn sekolah yg tidak menyelenggarakan UNBK

  • GALUH

    kak, itu beneran yang kalo lagi ngelag mencetnya f5? berlaku di semua program UNBK?

  • Audy Rachma

    izin repost ya kak (:

    • Siti Mustiani

      Oke, jangan lupa sertakan sumber ya....

  • reza

    terimakasih sangat bagus dan membantu sekali informasi nya :) rentalsewalaptop.info /sewalaptop.id http://rentalsewalaptop.info/blog/unbk-mulai-di-berlakukan-di-seluruh-daerah-di-indonesia/

  • reza

    terimakasih sangan membantu sekali banyak manfaat nya :) rentalsewalaptop.info /sewalaptop.id http://rentalsewalaptop.info/blog/unbk-mulai-di-berlakukan-di-seluruh-daerah-di-indonesia/

  • reza

    terima kasih sangat membantu dan bermanfaat :) rentalsewalaptop.info

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *