Pesan Untuk Diriku Sepuluh Tahun yang Lalu

Tulisan kali ini terinspirasi dari Blog senior saya yaitu Leon, dia menulis sebuah postingan untuk dirinya dimasa lalu (tulisan tersebut menarik, karena dikemas lucu bahkan memaparkan aib-nya dimasa lalu), selain itu tulisan kali ini juga terinspirasi oleh salah satu film anime favorit saya musim ini yaitu Orange. Mungkin ada beberapa kalian yang tau Serial Anime tersebut, dimana film yang diangkat dari sebuah Manga tahun 2012 yang kini sudah ada seri Anime bahkan Live Actionnya.

Dalam serial anime tersebut menceritakan sebuah kisah dimana Naho (pemeran utama) yang berumur 26 tahun menyesal karena tidak bisa menyelamatkan sahabatnya Kakeru, kakeru meninggal karena bunuh diri. Jadi, Naho yang berumur 26 tahun menulis surat kepada Naho yang berumur 16 Tahun untuk mengambil tindakan yang membuat dirinya tidak menyesal. Penasaran dengan cerita tersebut? Silahkan nonton sendiri yaa…

Tapi tulisan kali ini saya kemas agak berbeda gak kayak tulisannya si Leon dan gak kayak ceritanya Naho. Karena dalam kehidupanku Alhamdulillah tidak ada penyesalan hingga membuat hidupku menderita atau bagaimana, walaupun ada mungkin tindakan yang tidak saya ambil dulu merupakan keputusan yang terbaik walaupun gak tau juga sih.

Berikut pesan diriku sendiri untuk diriku sepuluh tahun yang lalu:

Dear Siti Mustiani, 22 Tahun

To Siti Mustiani 12 Tahun

Hallo Siti Mustiani, apa kabar mu? Pasti baik-baik saja. Saat ini pasti kamu sudah duduk dibangku Sekolah Mangengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya. Iyaa kan? Selamat yaa kamu pasti betah sekolah disini.

Untuk Siti Mustiani ketika dibangku SMP

Saat lulus SD kamu akan ditanya oleh Bapak mau masuk SMP mana? Ya kan? Karena Bapak mau kamu masuk ke SMP Negeri 2 karena sekolahnya lebih dekat, tapi kamu udah kadung janji sama teman SD untuk masuk ke SMP Negeri 1 dan bersekolah ditempat yang sama yaitu Juliana dan Yulita, dan akhirnya malah cuma kamu yang lolos masuk ke SMP tersebut. Awalnya kamu pikir pasti gak ada teman, tenang aja disana kamu akan ketemu sama teman-teman baru yang gak kalah menyenangkannya ketika kamu SD dulu seperti Putri, Veronika, Billy, Fahmi, dll. Ada sesuatu penyesalan juga sih sedikit waktu itu, sebelum kamu jual hape Nokia kamu mending kamu cuci dulu foto yang ada disana, salah satu foto di hape itu ada fotonya Fahmi, kalau dia liat sekarang pasti dia bakalan seneng banget. Teman kamu yang namanya Fahmi itu dulu nya sering diBully sama teman-teman, tapi sekarang dia keren banget loh… dia seorang Mayor Drumband yang sampai sekarang masih aktif, keren deh pokoknya. Namun sekarang dia udah jauh banget, mungkin kalau ketemu lagi dia gak kenal lagi sama kamu… sabar ya J

Saat kamu kelas 9 ada tragedi yang menyedihkan untuk sekolah tersebut, yaitu pada tanggal 6 Februari 2009 akan terjadi kebakaran hampir seluruh gedung sekolah ludes terbakar api. Kamu akan berpisah dengan teman mu yang di kelas 9E sampai 9G, seluruh kelas 7 dan 8. Sekolah ini memiliki banyak kegiatan extrakurikuler seperti Pramuka, Paskibra, Drumband, dll. Tapi kamu gak ada ikut satu pun.  Oh ya, saat kegiatan manasik Haji di sekolah kamu minta salah satu foto bersama ya dengan guru, karena waktu dulu mau minta gak sempat, eh akhirnya sekolahnya sudah kebakar duluan, dan kalau bisa rapot jangan dulu dikembalikan ke wali kelas deh, rapotnya kebakar juga.

Seandai saja saat SMP kamu aktif kegiatan seperti Pramuka atau Paskibra pasti akan lebih menyenangkan. Karena, saat meninggalkan SMP tersebut tidak terlalu banyak kenangan. Misalnya saja saat ada reunian banyak diantara teman-teman yang tidak mengenali mu.

Untuk Siti Mustiani ketika dibangku SMK

Kamu masuk ke salah satu Sekolah Kejuruan bidang Komputer di Kota Pontianak yaitu SMK Al-Madani, memang sekolah yang kamu masuki ini tidak terlalu populer tapi kamu pasti tidak akan menyesal karena pernah bersekolah disini. Di sekolah ini kamu akan bertemu dengan sahabat-sahabat yang luar biasa seperti Teresia, Ilham, Tolip, Heni, dan lain lain, kamu akan bertemu dengan banyak teman karena saat SMK kamu cukup aktif.

Oh ya saat kamu ikut lomba LKS (Lomba Kompetisi Siswa) tingkat SMK se Kota Pontianak, jangan biarkan Pak Wandy untuk istall ulang laptop kamu, karena kamu kalah saat itu sebab laptop yang kamu gunakan untuk lomba tidak diistall ulang sampai beres. Misalnya gak ada aplikasi PDF-nya (komputer kamu jadi gak bisa buka soal berbentuk PDF), sound di laptop kamu juga gak ada, padahal awalnya laptop kamu pakai sistem operasi Windows 7 loh malah diistall Windows xp, ditambah lagi untuk bagian Desain grafis seharusnya kamu menggunakan Photoshop (aplikasi yang dikuasai) malah adanya Corel Draw (aplikasi yang kurang dikuasai). Haduuhh…. Masih masalah install meng install lagi nih, sudah diinstall XP kamu ingin kembali menggunakan Windows 7 jangan juga suruh Irham Maulana yang install yah! Jangan! Karena semua data penting, tidak bahkan semua data yang ada di komputer kamu juga hilang selamanya!! Saya yakin kamu pasti marah sekali. Hahaha 😀

Nah saat lomba LKS tersebut walaupun kalah (yaa.. pastilah) haha, kamu akan kenal dengan kakak tingkat dari SMK Negeri 7 Pontianak namanya Novem, dia orangnya gak sombong dan cakep lagi. Baik kok, coba deh deketin dia hahaha 😀 orangnya menyenangkan, tapi kalau sekarang sih dia sudah jauh banget, dia kerja di Malang.

Selanjutnya saat magang, kamu gak boleh sia-sia in waktu magang kamu di PT.U2L karena disana kamu bertemu dengan programmer hebat. Waktu itu, saya gak terlau minat karena yang dipelajarinya itu tentang GIS (Geographic Information System) eh ternyata dia juga handal dibidang web, belajarlah, tanya2lah ke dia masalah tentang web, pasti berguna.

Saat kelas 12 kamu boleh tuh deketin yang namanya Risky, dia jago banget matematika dan keluarga nya juga baik, hobby nya main dota, tapi gak perlu deh dekat banget sama dia. Karena dia milihnya cewek yang suka main game juga kayak dia, kamu orang nya tidak terlalu serius kalo main game, main sebentar aja udah merasa bosan.

Selamat telah menyelesaikan Pendidikan! dan Selamat juga kamu mendapatkan peringkat pertama di kelas 12.

Untuk Siti Mustiani ketika dibangku Kuliah

Awalnya kamu pasti menyesal karena tidak bisa masuk ke Universitas Negeri karena awalnya kamu ingin masuk ke kampus negeri dan mengambil jurusan Sistem Komputer atau Teknik Informatika di Universitas Tanjungpura, yah untunglah kamu gak lulus di kampus tersebut karena kalau tidak kamu tidak akan ke STMIK Pontianak.

Walaupun kuliahnya sedikit mahal, tapi ilmu yang kamu dapatkan di kampus ini gak ada yang sia-sia, ditambah lagi saat semester 4 kamu langsung diajak untuk menjadi guru ICT di Sekolah Tunas Bangsa (kuliah sambil kerja gitu), berat sih tapi saya tahu kok kamu bisa menjalaninya. Alhasil kamu mungkin akan lebih lama selesainya yakni 4 tahun, tapi gak masalah karena sudah kerja toh, tapi jangan lengah kuliah juga penting. Jangan menyerah untuk menyelesaikan pendidikan.

Jangan khawatir kamu bakal lulus pada waktunya jangan buru-buru, walaupun kamu tidak mampu menyelesaikan S1 dalam waktu tiga setengah tahun dan mendapatkan gelar Cum Laude, jangan khawatir karena kamu lulus diwaktu yang tepat dan mendapatkan pekerjaan.

Setelah lulus kuliah justru pengalaman kamu lebih menyenangkan, tulisan blog kamu yang awalnya berisikan materi-materi kuliah akan semakin tergantikan dengan tulisan perjalanan kamu, setiap weekend maupun long holiday kamu tidak ingin terbuang sia-sia kamu selalu mencari sesuatu yang baru yang tidak kamu dapatkan di bangku pendidikan selama ini. Ya, selamat datang di dunia traveling kamu.

Kecintaan kamu di dunia traveling akan semakin menjadi-jadi, dan kamu harus percaya kepada diri kamu kalau kamu bisa sampai di Puncak Gunung Rinjani, percayalah!

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *