Plex Systems Cloud Community, Keuntungan Software Cloud ERP untuk Manufaktur

Plex didirikan pada tahun 1995, Plex Sistem yang dikembangkan dari proyek dimulai pada pemasok otomotif. perusahaan ini telah memperluas basis pelanggannya dan mengembangkan software untuk berbagai perusahaan manufaktur. Secara khusus, Plex menyediakan sistem yang lengkap, dengan solusi ERP berbasis cloud untuk perusahaan manufaktur.

Plex Systems Cloud Community by datixinc dot com
Plex Systems Cloud Community by datixinc.com

Plex pindah ke Could Computing pada tahun 2000 dan dikembangkan strategi awan menggunakan model multi-tenant versus lingkungan host. Dalam lingkungan host, sistem terpisah dibuat dan dikelola untuk setiap pelanggan, sedangkan dalam model multitenant, hanya ada satu sistem dan setiap pelanggan adalah penyewa dalam sistem.

Plex memilih pendekatan ini karena ingin memanfaatkan perangkat tambahan pelanggan. Karena hanya ada satu salinan dari sistem Plex, setiap kali perbaikan dibuat untuk itu, fasilitas update ini tersedia untuk semua penyewa. Plex memastikan perangkat tambahan yang dirancang untuk menambah fungsionalitas yang mungkin berharga untuk beberapa pelanggan, namun pelanggan tidak diharuskan untuk mengadopsi setiap update. Pelanggan dapat memilih apakah melakukan atau tidak untuk mengadopsi perubahan melalui pengaturan konfigurasi sederhana. Sebagai contoh dari Plex System  ditunjukkan pada gambar berikut:

Plex System Interface
Plex System Interface

Sementara lingkungan manufaktur yang kompleks, Plex memutuskan bahwa pengguna membutuhkan desain antarmuka yang sederhana untuk lantai toko. Antarmuka yang sederhana membuat perangkat lunak yang mudah digunakan. Selain itu, antarmuka dikonfigurasi pengguna sehingga individu dapat mengatur ikon dan tombol dan kontrol mereka dengan otorisasi pengguna karena mereka menyediakan alat bangunan layar Plex ini.

Fitur lain yang unik dari software Plex adalah model dan harga nya. Banyak perusahaan ERP harga perangkat lunak mereka pada basis per-user. Plex melihat masalah dengan pendekatan ini: itu mendorong perusahaan untuk membatasi jumlah orang yang akan berinteraksi dengan perangkat lunak. Plex, bagaimanapun, ingin mendorong pelanggan untuk menggunakan perangkat lunak. Selain itu, perusahaan ingin mencocokkan harga untuk biaya riil dari transaksi yang diproses. Dalam model lisensi kursi, pelanggan dapat meminimalkan pengguna tetapi memiliki volume yang sama dari transaksi sebagai pelanggan dengan lebih banyak pengguna. Plex harga perangkat lunak berdasarkan pada ukuran bisnis, apakah diukur dengan pendapatan perusahaan atau jumlah karyawan. Plex menyesuaikan jumlah langganan pada siklus tahunan. Jika sebuah perusahaan mengalami penurunan dalam bisnis-dan pendapatan atau jumlah karyawan adalah reduced- maka langganan nya berkurang. Tentu saja, jika pelanggan tumbuh, begitu pula langganan nya.

Plex telah mengamati fenomena menarik dengan pelanggan. Pada awalnya, pelanggan baru yang ragu-ragu untuk menggunakan sistem-mereka yaitu cloud prihatin tentang integritas data ketika semua pelanggan berada dalam satu sistem. Tapi setelah beberapa saat, pelanggan biasanya menyadari bahwa pelanggan lain Plex sebenarnya membentuk sebuah komunitas, dan kolaborasi dalam komunitas Plex menyediakan nilai. Alih-alih menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang penjualan dan pemasaran didorong, Plex telah menjadi perusahaan di mana pengguna, dan komunitas pengguna, langsung mendorong inovasi, dan semua pelanggan mendapatkan keuntungan.

Plex System Cloud
Plex System Cloud

Pertanyaan :

  1. Bagaimana SaaS akan mempengaruhi perusahaan ERP besar seperti SAP dan Oracle? Akan ukuran dan penelitian kemampuan mereka memungkinkan SAP dan Oracle untuk mendapatkan dominasi SaaS pasar, atau akan ERP sistem disediakan oleh meningkatnya jumlah perusahaan kecil, seperti Plex, masing-masing memberikan paket ERP khusus yang dibuat khusus untuk industri tertentu?
  2. Mungkinkah yang akan datang 500 perusahaan akhirnya meninggalkan SAP ERP untuk sistem SaaS? Apakah mereka akan mengadopsi produk SaaS dari penyedia yang lebih kecil? mereka akan menggunakan Business ByDesign? Atau akan perusahaan seperti SAP dan Oracle bermigrasi paket ERP besar mereka saat ini untuk lingkungan SaaS?

Jawaban :

  1. Penggunakan sistem ERP SaaS seperti SAP dan Oracle sangat mempengaruhi sebuah perusahaan dalam kemajuan perusahaan apalagi sistem SaaS mudah untuk diimplemtasikan serta tidak membutuhkan banyak biaya yang besar jika untuk perusahaan kecil.
  2. Semakin perkembangan jaman terutama bidang teknologi produk SaaS akan banyak digunakakan terlebih lagi untuk perusahaan kecil, karena sistem Could Computing dapat mempermudah perusahaan dalam mengembangakn sebuah sistem.
Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *