Tips Mengadakan Acara Buka Puasa Bersama di Café, Restoran atau Rumah Makan

Menjelang akhir bulan ramadhan ini, hampir semua resto, rumah makan, dan cafe, dipadati oleh konsumen yang melakukan acara buka puasa bersama, baik bersama keluarga, rekan kerja, sahabat, komunitas, bahkan moment seperti ini biasanya dijadikan moment reunian baik itu teman SD, SMP, SMA dan lain sebagainya untuk menjalin tali silaruhrami.

Dalam mengadakan acara bukber beberapa hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi seperti overload, keterlambatan pesanan, fasilitas yang kurang memadai dan lain lain, nah agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa tips untuk kamu yang akan mempersiapkan acara bukber (buka puasa bersama) agar acara bukber kamu berjalan dengan lancar.

  1. Tentukan tempat makan yang akan menjadi pilihan yang pasti tentunya memiliki mushola atau lokasi yang dekat masjid dan juga memiliki tempat parkir yang memadai dan hal penting adalah harga menu yang disediakan cukup familiar
  2. Rereservasi meja sebelumnya, bisa melalui Massanger, telpon, WA, BB, Intagram, ataupun lainnya, tergantung dari fasilitas tempat makan tersebut, karena banyaknya yang melaksanakan bukber bisa saja kita tidak mendapatkan meja.
  3. Usahakan memesan menu makanan dan minuman pada saat mereservasi meja, karena hal ini berkaitan erat dengan proses produksi menu yang dipilih. Menurut pengalaman dari beberapa pemilik rumah makan/restoran karena pada saat moment Romadhan seperti saat ini, konsumen serentak memesan makanan dan minuman, dijam yang sama dan harus tiba dimeja konsumen sebelum Azan Magrib berkumandang. Nah, dengan kita memesan dahulu, berarti kita setidaknya memudahkan restoran tersebut untuk menyiapkan makanan dan minuman tepat waktu, dan juga memberikan kenyamanan kepada kita ataupun tamu yang kita bawa pesanan sudah terhidang saat sebelum Adzan Magrib.

Banyak kasus yang sering terjadi dari pengalaman pelayanan rumah makan/restoran, sulitnya mencatat pesanan tamu karena saling tunggu, ataupun sibuk melepas kangen dan bersenda gurau dengan teman-teman, sedangkan pihak restoran lama menunggu pencatatan dimana waktu terus berjalan. Jadi, walau datang jam 5 sore, namun baru mesan 20 menit kemudian, tetap saja orderan masuk sesuai antrian didapur, sehingga makanan datang setelah Azan Magrib.

Bagi yang memiliki pengertian yang tinggi, hal ini tidak akan menjadi masalah serius, apalagi mengingat konsumen yang over load, bijaksana untuk kita menentukan pilihan dirumah makan/restoran, cafe. Karena tidak semua tempat makan memiliki sistem yang sama. Secara umum ada 3 sistem yg diiterapkan, yaitu ala bufet/prasmanan, seperti RM Padang, dimana makan sudah tersaji tanpa melalui proses pembuatan. Tinggal dipilih, diambil, dan langsung dibawa ke kemeja. Kedua, ala carte.. dimana konsumen memesan menunya, baru dibuatkan oleh koki. Dalam sistem ini, walau secepat apapun tetap saja ada proses produksi. Tetap ada waktu yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi masakan apalagi dalam kondisi over load. Dan yang terakhir perpaduan ala bufe dan carte. Jadi.. jenis ini selain menyiapkan makanan yang sudah siap saji juga menerima taking order. Nah, pilihan mana yang enak untuk acara bukber kamu agar acara bukbernya lancar.

Selain beberapa tips di atas, biar gak dibilang sombong jangan lupa ketika mengadakan acara bukber bareng teman kamu ada beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan, berikut beberapa hal tersebut: Pertama, boleh sih ikutan acara bukber bareng teman tapi jangan keseringan mengadakan acara bukber selain untuk menghemat uang kamu, kamu juga harus menghargai orang tua kamu yang sudah masak di rumah buka puasa bersama keluarga di rumah juga penting loh, cukup mengadakan bukber bersama teman-teman yang penting saja, silaturahmi sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan pada saat Bulan Ramadan lebaran juga bisa :D. Kedua, Jangan sampai ketinggalan solat wajib nya ya, maka dari itu jika mengadakan bukber usahakan tempatnya dekat dengan masjid kalau bisa acara bukber dilaksanakan setelah solat ashar. Ketiga, tujuan bukber adalah untuk menjalin tali silaturahmi nah disaat seperti ini kamu jangan sibuk sama gadgetnya masing-masing,  gimana mau bertukar cerita kalau nanti di sana cuma fokus sama gadgetnya masing-masing. Entah buat chat sama pacarnya, nyimak chat grup, foto-foto, update status di berbagai medsos, bahkan sampai stalking akun mantan. :)) *eh

Itulah beberapa Tips Mengadakan Acara Buka Puasa Bersama di Café, Restoran atau Rumah Makan mulai dari cara memilih tempat hingga hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat acara bukber. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Referensi :

  • Postingan status akun facebook Alila Cafe Pontianak
  • Sedikit tulisan di salah satu artikel di Hipwee
Be Sociable, Share!
  • Teguh

    ehh ade kamek hahahaa :p

  • Rosyidsapi

    Atau kalau mau yang lebih ekstrim, bawa makanan dibungkus dari rumah jadi cuma numpang tempat doang di resto atau cafe-nya. XD

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *