Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia Loh, Yuk ke Pontianak!

Berwisata adalah kegiatan yang paling ditunggu oleh siapa saja yang ingin melakukan refreshing untuk menghilangkan penatnya hiruk pikik pekerjaan kantor, sekolah maupun kuliah. Baik itu hanya sekedar jalan-jalan bahkan untuk belajar. Untuk kebanyakan orang dapat memanfaatkan waktu luang untuk berlibur, apalagi yang punya hoby travelling atau exploring. Tapi bingung mau kemana? Ke Pontianak aja.. Karena Pontianak adalah Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia.

Memang ada Wisata apa aja sih di Pontianak?

Pontianak merupakan satu diantara provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian Barat, Kota Pontianak sudah berdiri sejak tahun 1771. Pontianak Kota Wisata Paling Menarik karena mempunyai banyak sekali wisata yang layak untuk dikunjungi seperti wisata air, wisata belanja, wisata kuliner dan masih banyak lagi.

Wisata Air, Sungai Terpanjang di Indonesia

Di Pontianak terdapat sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas, sungai yang memiliki panjang 1,143 km ini terbentang dari Hulu ke Hilir Kalimantan Barat. Sungai ini selain sebagai sarana transportasi bagi penduduk Pontianak juga digunakan sebagai berbagai kegiatan seperti: Kalbar Regatta, Festival Kapal Hias, Tari Melayu diatas Sampan, Wisata Sungai Kapuas, Meriam Karbit, Upacara Adat, Mandi U-SHI, Wisata Taman Alun Kapuas Pontianak bahkan Budidaya Ikan Mas dan Nila.

Kegiatan-kegiatan tersebut sering diselenggarakan pada event tertentu di Kota Pontianak, seperti Hari Ulang Tahun Pontianak biasanya sekitar bulan september hingga oktober, di malam lebaran Idul Fitri dan lain lain. Nah untuk menikmati Keindahan sungai kapuas dan melihat secara langsung kegiatan masyarakat disetiap pesisirnya ini, kamu bisa menggunakan kapal wisata yang terparkir di taman alun kapuas, jalan rahadi oesman pontianak atau di cafe serasan, pontianak timur.

Kapal wisata tersebut akan membawa kamu berwisata mengarungi keindahan kota pontianak dengan rute taman alun kapuas melewati masjid jami sultan syarif abburrahman alkadri, jembatan kapuas satu hingga cafe serasan dan kembali lagi ketempat di mana anda naik. Untuk dapat berlayar dengan Kapal wisata sungai kapuas tersebut, dikenakan biaya Rp.10.000,- hingga Rp.15.000,-.

Wisata Budaya di Festival Cap Go Meh Pontianak

Di Pontianak acara untuk kebudayaan sangat dijunjung tinggi, setiap tahunnya selalu mengagakan kegiatan rutin yang jangan sampai ketinggalan. Satu diantaranya acara Cap Go Meh, acara ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan luar. Cap Go Meh diselenggarakan 15 hari setelah hari raya Imlek oleh masyarakat Tiong Hoa. Biasanya Cap Go Meh diadakan di pusat Kota Pontianak seperti Jalan H. Agus Salim hingga Jalan Gajah Mada Pontianak, disana terdapat Bazar Kuliner, Pemilihan Koko Memei, Festival Lapion, Perujukan Naga dan Barongsai dll.

Tidak hanya Cap Go Meh oleh masyarakat Tiong Hoa saja, masyarakat Melayu dan Dayak pun juga banyak diselenggarakan di Pontianak ini misalnya acara Saprahan oleh masyarakat melayu, Gawai Dayak oleh masyarakat Dayak dan masih banyak lagi acara kebudayaan yang masih dilestarikan/diselenggarakan oleh masyarakat Pontianak.

Wisata Kuliner Pontianak

Selanjutnya, gak puas dong kalau cuma ke acara wisata dan sungai aja. Nah ini dia yang gak boleh ketinggalan, Wisata Kuliner. Pontianak punya banyak kulineran makanan khas Kalimantan Barat yang bisa kamu coba dua diantaranya adalah Kerupuk Basah dan Chai Kwe. Kerupuk Basah merupakan makanan dari olahan ikan belidak atau tenggiri, makanan kerupuk basah termasuk makanna yang unik sekali karena akan terasa sedikit kenyal, biasanya akan ditambahkan sedikit sambal sehingga rasanya akan lebih pedas.

Selain Kerupuk Basah ada juga makanan Chinese Food yaitu Chai Kwe, makanan ini adalah sejenis pastel namun tidak digoreng dan berisi berbagai macam sayuran seperti bengkuang dan kuchai. Chai Kwe lebih enak disantap saat panas dan dicocol sambal kecap yang juga khas Partners.

Tulisan ini dibuat dalam rangka ulang tahun kota Pontianak yang ke 245, Selamat Ulang Tahun Kota Pontianak dan juga mengikuti lomba Mini SEO BLOG Competition 2016, dengan tema “Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia”. Yuk ikutan juga 😀

Tulisan ini disposori oleh :

Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Kapuas
Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *