Sekilas Tentang UNP di Kabupaten Kubu Raya

UNP atau Ujian Nasional Perbaikan adalah kebijakan dari Pemerintah khususnya dibidang Pendidikan yang memberikan layanan kepada siswa siswi yang tidak tuntas dalam Ujian Nasionalnya dibeberapa mata pelajaran yang diujian nasionalkan untuk memperbaiki nilainya agar lebih baik. Peserta yang mengikuti ujian perbaikan ini adalah siswa SMA atau SMA yang memiliki nilai dibawah KKM yaitu 5.5.

Ujian Nasional Perbaikan dilakukan secara BK (Berbasis Komputer) peserta yang awalnya ujian CBT (Computer Base Test) maupun PBT (Paper Base Test) harus tetap melakukan ujian berbasis komputer. Ujian Nasional Perbaikan ini baru berjalan pertama kali tahun ini (2016) sehingga yang persertanya adalah siswa/siswi lulusan tahun 2015/2016. Peserta yang ikut Ujian Nasional Perbaikan harus daftar sendiri secara online di website unp.kemdikbud.go.id GRATIS!!. Harus tetap update informasi yang ada di website yaa… karena UNP ini sudah diluar tanggung jawab sekolah asalnya. Persyaratan untuk mengikuti UNP ini selain nilai ujian ada yang dibawah 5.5 peserta juga harus mencetak form pendaftaran UNP, foto kopi SHUN, KTP/Kartu Pelajar dan foto warna 3×4 tiga lembar, kemudian melakukan daftar ulang ke sekolah penyelenggara UNP ditanggal yang telah ditentukan (informasinya bisa dilihat di web unp.kemdikbud.go.id).

Khusus di daerah Kalimantan Barat terdapat 20 Sekolah yang mengadakan UNP, “kok tidak semua sekolah sih?” pertanyaan yang bagus, hanya beberapa sekolah tertentu saja yang mengadakan UNP karena dilihat dari fasilitas yang memadai untuk diselenggarakannya UNP ini seperti komputer yang layak, tidak menganggu proses belajar mengajar di sekolah (karena kegiatan UNP ini diselenggarakan di akhir Agustus hingga September) selain itu sekolah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan UNP adalah sekolah yang sudah pernah melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Untuk di Kota Pontianak sendiri ada 7 (tujuh) sekolah yang mengadakan UNP ini seperti SMA Immanuel, SMK Immanuel, Santu Petrus, SMK 3, SMK 4, SMK 6 dan SMK 8. Sedangkan di Kabupaten Kubu Raya hanya satu sekolah yang mengadakan UNP yaitu SMA Tunas Bansga. Seluruh siswa di Kalimantan Barat bebas memilih sekolah mana tempat Ujian yang diinginkan misalnya di siswa asal Singkawang kebetulan ada di Pontianak boleh mengikuti ujian perbaikan di Pontianak. Di Sekolah Tunas Bangsa saat ini menerima pendaftar online sebanyak 354 peserta tapi yang melakukan daftar ulang hanya 127 peserta, kemana sisanya? Beberapa siswa tidak dapat mengikuti ujian karena sedang ada kegiatan kampus.

Alhamdulillah, UNP tahun ini berjalan lancar. Walaupun ada beberapa kendala namun dapat diatasi dengan baik. Semoga UNP tahun depan dapat berjalan lancar seperti biasanya. Terimakasih.

Be Sociable, Share!
  • my explore

    info bermanfaat...penyampaiannya juga bagus

  • Agus Madu Kandungan

    informasinya baguss, makasih kakak. tapi kalau boleh berbagi sikit pengalaman. ujian sungguh menegangkan ya kk

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *