Temukan Keindahan Pantai Khas Malang yang Tak Terlupakan

Selain beberapa obyek wisata buatan di Jatim Park I dan II, Museum Angkut Malang, obyek wisata alam juga tak luput dari incaran wisatawan lokal dan manca negara. Salah satu daya tarik terbesar wisata alam daerah Malang adalah pesona Pantainya. Berikut adalah 3 pantai yang sering dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Pantai Sipelot

Pantai Sipelot menjadi destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi. Selain dikenal sebagai Pantai yang masih perawan, panorama pantainya juga cukup mengagumkan. Kawasan ini lebih menyerupai sebuah teluk. Di beberapa sisi terlihat area perbukitan kapur yang dipenuhi tanaman hijau yang cukup rimbun, sehingga semakin mempercantik pemandangan saat melihat luasnya hamparan laut Sipelot dari kejauhan.

Pantai Sepelot Malang

Pemberian nama pantai ini terbilang menarik karena nama sebenarnya berasal dari kata “spelot” dari bahasa Belanda yang berarti “persinggahan”. Hal ini sesuai dengan keterangan warga setempat, bahwa pada masa itu, keberadaan Pantai Sipelot dijadikan sebagai  persinggahan kapal-kapal dari berbagai daerah dan negara tetangga menuju ke Indonesia.

Keunikan Pantai ini juga disebabkan adanya keindahan air terjun dalam satu kawasan yang sama, yakni Coban Sipelot. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan arus yang cukup deras. Kamu harus melalui teluk terlebih dahulu sebelum berhasil mencapai lokasinya.

Beberapa perahu nelayan juga nampak siap untuk mengantar pengunjung menuju Coban Sipelot. Perjalanan menggunakan perahu ini akan dikenai tarif sekitar Rp50.000 bagi setiap wisatawan. Di sisi lain, tak jauh dari pantai ini juga bisa ditemukan sebuah Watu Gedeg berupa batu karang berukuran tinggi yang mengagumkan.

Kamu juga bisa lho bersantantai menikmati indahnya pantai dengan menggunkan sampan yang disediakan nelayan setempat. Kalau perut kamu sudah terasa lapar, bisa langsung menuju warung-warung yang menyediakan beragam kuliner.

Posisi pantainya juga cukup mudah untuk dijangkau, yakni ada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Malang. Jalannya sudah beraspal, dan lagi di sepanjang jalannya ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga terasa sejuk.

Pantai Lenggoksono

Pantai ini berada dekat dengan Pantai Sipelot, tepatnya ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang. Asal mula penamaan pantai ini juga cukup unik. Secara bahasa, Lenggoksono berarti berkelok-kelok karena memang kondisi jalannya yang demikian, selain itu juga banyak tumbuh pohon sono di sepanjang jalan menuju pantai ini, sehingga terbentuklah nama Lenggoksono yang menjadi penggabungan dari kedua karakteristik wilayah pantai ini.

Pantai Lenggoksono berada di satu kawasan ekowisata dengan Pantai Wediawu yang menghadirkan keindahan pantai, teluk, dan deretan pulau indah. Beberapa contoh teluknya antara lain Pulau Pat, Teluk Bolu-bolu, Ngasem dan lainnya.

Pantai Lenggoksono

Pantai Balaikambang adalah salah satu pantai populer di Kabupaten Malang. Suasana di pantai ini juga memiliki kekhasan yang sama dengan Tanah Lot di Pulau Bali karena terdapat sebuah pura di kawasan pantainya.

Jaraknya memang cukup jauh dari Kota Malang, namun bisa diakses dengan menggunakan transportasi dengan lancar karena kondisi jalan yang sudah cukup baik. Di dekat pantai ini juga terdapat beberapa pulau seperti Pulau Wisanggeni, Anoman, dan Pulau Ismoyo. Nah, Pura Amerta ini berada di salah satu Pulaunya, yakni Pulau Ismoyo.

Pantai Balaikambang

Lokasinya berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Pura ini bernama Pura Amerta Jati yang memiliki fungsi yang serupa dengan Pura Bali, sehingga di tempat ini sering dilakukan upacara keagamaan pada hari-hari besar umat Hindu.

Setelah berwisata keliling pantai Malang, tentunya kamu membutuhkan penginapan dan hotel yang nyaman, salah satunya Santika Premiere Malang Hotel. Desain hotelnya memiliki ciri khas yang mengangkat tema tradisional Jawa tengah, namun tetap memiliki sentuhan modern sehingga memiliki paduan yang apik, cantik dan elegan. Hotel di Malang dengan bintang empat ini juga cocok dijadikan sebagai penginapan bagi semua pengunjung dengan beragam kepentingan yang berbeda.

Lokasinya sendiri berada di kawasan yang cukup strategis, yakni di dekat pusat Kota Malang. dan memiliki akses transportasi yang lengkap, sehingga kamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Letaknya yang berdekatan dengan beberapa gunung di Pulau Jawa menjadikan kawasan hotel ini memiliki udara yang sejuk dan asri, meskipun berdekatan dengan pusat kota. Hotel ini beralamat di Jalan Letjen Sutoyo No. 79, Malang.

Hotel ini tentu jadi pilihan tepat kamu saat mendarat di Kota Malang. Beragam fasilitas dalam hotelnya juga membantu kamu agar bisa beristirahat dengan nyaman, jadi bisa kembali bersemangat saat melanjutkan aktivitas di kota ini. Beberapa fasilitas juga bisa meningkatkan mood kamu, yakni berenang di kolam luas yang ada di hotel ini. Ada juga fasilitas untuk merilekskan kembali otot dan tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian di spa hotelnya.

Sementara kebutuhan makanan kamu akan dipenuhi oleh café dan beberapa restoran yang tersedia, di antaranya Tracota Café. Café ini menyediakan menu makan siang dan malam khas Hotel Santika Premiere Malang. Selain itu juga bisa menemukan Kulula Bar dengan menu lebih ringan dan menyegarkan diiringi alunan suara piano secara live.

Nah, kamarnya sendiri memiliki banyak pilihan jenis dan fasilitasnya. Masing-masing memiliki harga yang beragam. Ruangnya nyaman dengan beberapa ornament dan perlengkapan modern. Berikut adalah salah satu ruang kamar yang nampak di Family Premiere/ family room Santika Malang Hotel.

Itu tadi beberapa destinasi menarik dan rekomendasi tempat penginapan yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan pergi berlibur ke Malang. Tentunya, akan makin asyik kalau jadwal perjalanan kamu sudah terencana dengan baik. So, jangan tunda lagi buat liburan seru dan menemukan keindahan pantai Khas Kota Malang yang tak terlupakan sekarang juga ya. Have a nice trip!

Be social share!
  • Aqib Blog

    Wah jadi pengen ke malang nih mbak.. belum pernah ke malang sama sekali soalnya.. katanya disana banyak tempat2 yang menarik seperti pantainya itu loh.. blm kesampean terus pengen kesana.. smga aja nnti harus pasti bisa ke malang buat nge trip.. hehe..

  • Agus Madu

    terus terang pantai ini sangat cantik dan indah, rugiu bgnt dah kalau gak kesana

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *