Wisata Hutan Mangrove Park di Desa Pasir Mempawah Kalimantan Barat

Mempawah Mangrove Park adalah sebuah daerah di Mempawah yang lagi rame-ramenya diomongin dan dikunjungin. Taman wisata ini baru saja diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2016 masih banyak yang belum tahu lokasi taman baru yang ada di Mempawah ini. Lokasi Taman Mangrove ini terletak tepat samping Makam Pahlawan Mempawah tidak begitu jauh dari Taman Mempawah.

Tiket Masuk Mempawah Mangrove Park

Untuk masuk ke lokasi wisata alam hutan bakau ini kita harus berjalan kaki ke lokasi bakau, kendaraan parkir di daerah taman makham pahlawan mempawah. Sebelum masuk kita dikenakan tiket masuk umum seharga lima ribu rupiah, nah kalau kamu seorang pelajar atau mahasiswa cukup membayar tiga ribu saja dengan catatan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa.

Mempawah Mangrove Park

Buat yang lupa pelajaran SDnya,

Mangrove adalah pohon yang biasanya ditemui di daerah pantai yang berfungsi sebagai penyerap air dan penahan erosi.

Ini pertama kalinya saya melihat langsung mangrove itu seperti apa, biasanya cuma lihat di buku pelajaran. Ternyata di Taman Wisata Alam ini banyak juga korporat yang menyumbang mangrove. Kamu juga bisa nyumbangin sedikit uang kamu buat menanam mangrove disitu.

Taman Wisata Alam ini ternyata luas banget. Ada jalan setapak super panjang yang terbuat dari batang kayu. Nah sebaiknya sih kamu nggak pakai flat shoes atau alas kaki bersol tipis karena pengalaman saya sih sakit banget kalau dipake jalan di jalanan setapak ini. Secara batang kayunya nggak begitu rapi penataannya. Di jalanan setapak yang ditutupi dengan pohon yang rimbun, ngingetin saya sama scene di film-film. Disini juga cocok banget kalau mau foto-foto.

Bakau Jangkar - Rizhoporha Sp

Pantai Hutan Mangrove Mempawah

Kalau ditelusuri lagi, ternyata ada banyak banget jalan setapak yang super panjang itu. Salah satu jalan yang saya ambil ternyata berujung dengan view yang nggak kalah keren sama view yang di depan. Cuma ya gitu, karena terpencil juga tempatnya, jadinya dijadiin sarang orang pacaran deh. Saya juga nggak bisa lama-lama disitu.

Pulau Pantai Gosong (Pulau Penibung)

Selain menikmati keindahan hutan mangrove, kamu juga bisa mengunjungi pulau penibung dengan merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah perorang. Jika sudah puas jalan-jalan ke Pulau Penibung saat sore kamu bisa menikmati Sunset Bright dari lokasi taman manggrove.

Sunset Bridge Mempawah Mangrove Park

Nah gimana seru nggak? Ini bisa dijadiin tempat alternatif kamu dan sahabat kamu buat ngabisin weekend kalian daripada ngemall atau nongkrong di kafe mulu. Selamat mencoba!

Wisata Mempawah Mangrove Park Desa Pasir Mempawah Kalbar

  • Tiket masuk: Rp. 5,000/orang (Umum), Rp. 3.000,- (Pelajar/Siswa/Mahasiswa)
  • Parkir: Rp. 5,000/mobil, Rp. 2.000,-/motor
  • Sewa perahu ke pulau penibung: Rp. 20.000,-/40 menit

Be social share!
  • Veniy Andriyani

    seru ya, jadi pengen juga pergi ke sana.

    • Siti Mustiani

      iya seru banget, bisa sambil belajar juga :D

  • gunungku

    jadi inget pas ikut program menanam mangrove dulu hehe

  • Dwi Wahyudi

    Terakhir pergi waktu peresmian beberapa waktu lalu, Insya Allah nanti akan mengajak keluarga turut serta berkunjung kesini.

    • Siti Mustiani

      Sekarang sudah semakin banyak pembangunan nya bang, yuk mampir lagi ke manggrove mempawah

  • Ryna Safitri

    Lestarikan Mangrove Kalbar .. https://posmusica.wordpress.com/2017/11/02/wisata-mangrove-mangroves-for-borneo/

    • Siti Mustiani

      Siap, salam lestari #savemanggrove

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *