Pengalaman Ikut Sertifikasi Internasional Microsoft Technology Associate

Ceritanya kali ini cuma mau share pengalaman aja sih hehe, takut keburu lupa. Soalnya pengalaman ini bagus banget. Jadi, tanggal 27 Februari 2017 kemaren saya berkesempatan buat ikut pelatihan dan sertifikasi internasional yang diadakan di Kampus STMIK Pontianak yang bekerjasama dengan Multimatics melalui Certiport Internasional.

Oh yaa sebelumnya informasi menarik ini ditujukan khususnya bagi yang mau lulus atau sudah ada disemester akhir, namun juga tidak menutup kemungkinan bagi yang mau dapat gelar MTA sebelum lulus (terutama bagi mahasiswa yang sudah bekerja).

Pada pelatihan ini, dipaket langsung ujian sertifikasi MTA (kebetulan aku nya ambil yang MTA, HTML5 App Development Fundamentals). Seperti yang telah ketahui oleh dunia internasional bahwa Microsoft adalah salah satu vendor besar di dunia (dan Multimatics adalah bagiannya). Peserta yang lulus ujian akan langsung mendapatkan gelar profesional MTA yang telah diakui secara internasional.

Misal, gelar kamu jadi : Siti Mustiani, S.Kom., MTA.

Beberapa pilihan program sertifikasi internasional yang lainnya adalah sebagai berikut (sumber: CB Blogger/Sertifikasi Internasional) :

Durasi pelatihan selama 1 minggu (3x pertemuan, 1 hari ujian). Untuk memperbesar kesuksesan untuk lulus sertifikasi ini, disarankan peserta telah menempuh mata kuliah Pemograman Website.

Untuk biaya sertifikasi ini sebesar Rp.800.000,- saat mengikuti tes dilakukan secara online dan semua soal berbahasa inggris.

Beberapa dokumentasi selama pelatihan 3 hari di Lab B

Manfaat Sertifikasi Internasional apa aja sih??

  • Pertama, meningkatkan kredibilitas seseorang dengan memiliki sertifikasi internasional yang memvalidasi serta mengakui kemampuan dalam memanfaatkan piranti lunak Microsoft Office, Adobe (Photoshop, Dreamweaver dan Flash) serta Autodesk sebagai alat penunjang produktifitas kerja.
  • Kedua, lulusan perguruan tinggi ini sebagai calon tenaga kerja akan menghargai peluang untuk mendapatkan kesempatan bekerja yang lebih baik dan menjadi karyawan yang lebih efisien.
  • Ketiga, Certification = Assessment, pesatnya perkembangan teknologi dalam menunjang majunya suatu perusahaan, serta tingginya biaya teknologi, maka diperlukan suatu metode dalam mengukur apakah teknologi yang sudah dimiliki perusahaan sudah parallel dengan keahlian pengguna diperusahaan tersebut disegala divisi (Proficiency).
  • Nah, yang terakhir kandidat yang dinyatakan “LULUS” dalam uji sertfikasi berhak menggunakan gelar profesi dibelakang nama.
    1. Microsoft Office, berhak menggunakan gelar MOS (Microsoft Office Specialist)
    2. Microsoft Technology, berhak menggunakna gelar MTA (Microsoft Technology Associate)
    3. Adobe, berhak menggunakan gelar ACA (Adobe Certified Associate)
    4. Autodesk, berhak menggunakan gelar ACU (Autodesk Certified User)

Sekian dulu lah, informasi singkat saya dan teman-teman kelas A3 yang ikut Sertifikasi MTA ini. Kalau mau tanya-tanya silahkan tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download contoh bahan dan soalnya disini 

Be social share!

68 thoughts on “Pengalaman Ikut Sertifikasi Internasional Microsoft Technology Associate

    1. sertifikasinya, biasa diadain oleh kampus2 tertentu. Pertama kita daftar dulu sama ketua jurusan, dan tergantung peminatnya dulu nah kalo banyak program nya akan dibuka deh…

  1. Sore mba, saya mau bertanya dong.
    Kalo ga lulus ujianya tetep dapet sertifikat ga? Terus keteranganya apa ya? Bisa digunain buat apa yaa kalo ga lulus😔

    1. Sore juga Mbak Riani…
      kalo gak lulus kita dikasi kesempatan ngulang sekali aja dalam kurun waktu dua minggu setelah ujian pertama, kalo masih gak lulus juga dan ingin ikutan lagi meski daftar ulang lagi dari awal dan ikut pelatihan lagi.

  2. Hai , slam kenal saya Marcel. informasi yang sangat berguna. kebetulan saya mau mengikuti sertifikasi ini, mengambil Software Develpomnet fundamentals . Mau tanya dong Durasi tesnya berapa lama ya ? dan soalnya ada berapa?
    dan kalo ada bisa share link contoh materi dan contoh soal yg di bahas di ketika tes.
    thanks.

      1. assalamu’alaikum mbak boleh mnyak conto soal dri ujia MTA karena stu minggu lagi isya allah ikut ujian….o ya mbak boleh mntak trik ngejawab soalnya makasih wassalam….

  3. assalamualaikum mbaa, kebetulan banget mbak saya mau ikut tes sertifikasi ini saya mau ambil yang Database fundamentals, mbak boleh bagi link materi sama contoh soalnya gak..hehee
    makasih sebelumnya mbak

  4. Halo, saya ingin bertanya. Jika sudah lulus dan mendapat gelar MTA, namun belum memperoleh gelar sarjana (S1), apakah boleh gelar MTA di tulis di blkg nama?

  5. Maaf kak mau tanya. Maaf melenceng, saya bingung nyari nomor seri nya yang mana ya kak di sertifikat itu? Soalnya saya juga ada sertifikat nya

  6. Hai kak , slam kenal saya Dian. informasi yang sangat berguna. kebetulan saya mau mengikuti sertifikasi ini, mengambil Database fundamentals . mau tanya dong soalnya ada berapa? dan kalo ada bisa share link contoh materi dan contoh soal yg di bahas ketika tes. thanks.

  7. Assalamu’alaikum mba.. kalo contoh soal ujian MTA HTML 5 punya ga ya? soalnya saya baru mau ikut ujian sertifikasi HTML 5…

  8. Assalamualaikum mba, saya dari kampus STMIK NH JAMBi, di kampus saya mau ada sertifikasi MTA juga tentang database fundamental dan introduction programing html dan css, jadi boleh gak mbak kami minta contoh soal nya, kirim ke email ini
    bloggerperantauan @gmail.com

  9. mbak boleh dong minta soal HTML 5 nya, sebentar lg saya akan ikut sertifikasi MTA html 5
    kirim by email boleh yaa mbak Terima kasih banyak mbak sebelum nya :))

  10. Assalamu”alaikum kak ,, selamat sore,, mohon info nya kak ,, cara pendaftran nya untuk umum/pribadi , prosedurnya seperti apa dan Mohon contoh soal juga kak
    Mohon dikirim email : ari.005.161@gmail.com
    Terimakasih atas bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *