Akhirnya Sarjana Juga, Wisuda Angkatan XX STMIK Pontianak

Yap! hampir lima tahun saya kuliah, akhirnya terselesaikan juga dan diwisuda pada 6 April 2017 di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak. Itu artinya hampir sepuluh semester juga saya harus bayar BPP (uang gedung), SKS beserta teman-temannya. Tapi semua itu terbayarkan dengan di wisuda nya saya sebagai sarjana komputer (S.Kom). Yeaayy…

Rasa syukur terus saya panjatkan kepada Allah SWT karena telah diberikan kelancaran untuk study saya di kampus ini, kedua orang tua yang selalu memberi semangat, motivasi, dukungan serta do’a sehingga saya bisa menyelesaikan tugas sebagai mahasiswa.

Selama kuliah di STMIK Pontianak sebenarnya saya tidak begitu aktif mulai dari semester empat, tapi waktu semester 3 saya sendiri sempat menjadi mentor BSM dan masuk menjadi anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai menko pendidikan saat itu, tapi itu semua tidak berlangsung lama karena saya mulai bekerja sebagai guru di dua sekolah di Kota Pontianak.

Sebagian besar teman sekelas sudah di wisuda kan tahun 2015 lalu, tapi masih ada kok tapi yaa jarang banget ketemu. Loh kok saya baru sekarang? Iyaa karena yang lain ambil cepat tiga setengah tahun gitu deh, nah saya nya baru sekarang karena tuntutan kerja ditambah lagi peraturan pemerintah yang baru tidak diperbolehkan untuk kuliah secepat itu, jadi tahun 2016 kemarin wisuda ditiadakan.

Karena sekarang udah wisuda, sekarang saya mau cerita dikit tentang acara wisuda nya, simak yaa…

Mulai dari Yudisium, yudisium STMIK Pontianak diadakan di gedung Audit Universitas Tanjungpura Pontianak. Jam 14.00 Rabu 5 April 2017 para calon wisudawan sudah berkumpul berkumpul di depan gedung. Di sana kami berbaris sesuai urutan, dan mengambil “medali emas” yang harus dikalungkan (mungkin duit dua juta pas pendaftaran wisuda kemarin untuk ini kali ya?). Saya pun bertemu dengan teman-teman lagi, dan rasanya bahagia sekali.

Medali emas?
Kok anak cowok semua?

Oh ya sebelumnya jangan heran kenapa kok foto foto di postingan ini banyak cowoknya, itu karena jurusan teknik memang kebanyakan emang cowoknya, mereka adalah teman-teman yang pernah ketemu saat kegiatan BSM di Singkawang dan semester akhir dimana kami ngurus segala macam sesajen untuk hari wisudanya kayak ambil undangan, pengarahan, abil baju toga serta berkas-berkas buat ijazah dll.

Kembali ke kegiatan yudisium, pada kegitatan yudisium sekaligus gladi bersih juga sekaligus foto bersama untuk alumni dengan menggunakan baju wisuda, toga dan medalinya. Disini kita melakukan prosesi seolah-olah wisuda sebenarnya, mulai pembagian urutan tempat duduk, saya dapat duduknya di tengah-tengah banget yakni urutan 154, jauuhh yaa….

Foto bersama ketua jurusan, seangkatan khusus jurusan Sistem Informasi

Foto bersama Prodi Sistem Informasi bersama ketua jurusan dan ketua ketua lainnya. Jangan tanya saya yang mana, serius saya juga lupa… wkwk.

Kegiatan gladi plus yudisium selesai pukul 17.00 sebelum pulang saya diajak sama Adit, siapa Adit? (jadi dia ini teman saya dari BSM sampe sekarang Wisuda bareng dan juga sama-sama anggota KBP (Komunitas Blogger Pontianak), cuma di beda jurusan beda kelas) untuk foto studio di Viapuccino, Alhamdulillah gratis pula.

Yaahh saya mah ayukk aja, mumpung toga belum dikembalikan ke kampus, hehe.. nih foto2 nya saya ngikut-ngikut aja sih sama kelas C2 sebenarnya saya sendiri dari kelas A2 (pagi) terus pindah ke kelas A5 (sore), tapi temannya kebanyakan dari kelas C2 (pagi) yaelaah ribet banget.

Foto Studio, btwe bajunya mirip kampus kebidanan sebelah ya
Foto lagi, tapi sendiri. Jomblo kan.

Setelah selesai foto dikit (iyaa dikit cuma 170 file aja kok), pulang dan prepare buat hari H besoknya, jujur aja saya wisuda gak terlalu banyak persiapan, pas malam sebelum hari H saya baru nyari bedak, bulu mata, aksesoris lainnya maklum saya gak punya banyak nyimpan benda-benda semacam itu, karena jarang dandan hehe.

Termaksa pergi lagi lah saya bersama bu’lek (aunt) malam-malam belanja dekat rumah, untung langsung nemu. Paginya langsung dimakeup-in sama dia, jadi cantiikk thank you ya…

Keesokan paginya kami berangkat dari rumah pukul 8.00 gak terlalu buru-buru karena lokasi Audit Untan cukup dekat dengan rumah. Saya berangkat bersama mama, papa dan adik saya satu-satunya (sekarang dia semester 4 sastra inggris di STBA Pontianak), oo tentu mereka keliatan sangat bahagia sekali.

Sama Adik, serius ini adik beda 3 tahun!

Prosesi wisuda pun dimulai pukul 09.00, dibuka dengan lagu Hyme STMIK dan Mars STMIK (saya baru ingat, terakhir nyanyiin lagu ini pas PPS mahasiswa baru, untung bawa teks), nah di prosesi ini mulai dari deg-degan pas dipanggil ke depan dan menerima ijazah. Jadi begini, satu-persatu wisudawan dipanggil oleh kaprodi (kepala program studi) masing-masing jurusan untuk naik ke atas panggung.

Di sana, wisudawan dipindahkan tali toga dari kiri ke kanan kemudian menerima ijazah yang dibungkus dengan map tebal warna biru (cuma map dulu sih, ijazahnya belum). Setelah itu, wisudawan salaman dengan pak rektor, turun ke panggung, dan akhirnya kembali ke tempat duduknya semula. 

Jujur saya merasa agak gugup saat naik ke panggung, terutama pas salaman dengan pak rektor. Pas turun dari panggung, para wisudawan yang cum laude akan dipanggil lagi dan menyebutkan IPKnya dan dikasih setangkai bunga mawar oleh panitia, katanya nanti diserahkan kepada orang tua saat acara persembahan (saya sih gak ngerti itu acara apaan, ya ikutin aja).

Setelah prosesi wisuda nya kelar, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua yayasan, ketua STMIK, Gubernur Kalimantan Barat dan lain lain setelah itu kami bersama-sama mengucap janji mahasiswa yang biasa disebut Ikrar Mahasiswa.

Setelah itu ada beberapa lagu persembahan lagi, dibawain oleh dosen-dosen dan beberapa mahasiswa lainnya. Sekitar jam 12:00, akhirnya sidang senat ditutup, pertanda bahwa acara wisuda hari ini telah selesai. Alhamdulilah, akhirnya kami semua resmi menjadi lulusan Sarjana Komputer STMIK Pontianak~

Saya dan Radit
Difotoin bang Teguh

Pas keluar dari gedung audit ini, Desak-desakan! Semua wisudawan dan tamu pun mulai beranjak keluar dari gedung, tak terkecuali saya, Mama dan Bapak. Saya langsung memberitahu Agus (adek) untuk tunggu di luar gedung, biar bisa langsung bertemu di luar saja. Saya dan kedua orang tua saya pun berhasil keluar dari gedung dengan selamat, setelah menyelap-nyelip diantara lautan manusia.

Ketika sudah diparkiran eh ada teman-teman dari Blogger Pontianak nelpon, katanya mereka hadir diajak ketemu dan foto-foto deh, hehe makasih yaa kebetulan sama Adit juga.

Setelah bertemu sebentar, saya kembali ke mobil ke menuju restoran buat makan siang bersama, abis makan siang dilanjutkan foto bersama di studio untuk mengabadikan momen, tak lupa juga kami mengajak mbah (nenek saya), bu’lek, dan sepupu-sepupu saya yang masih kecil.

Esok paginya (7/4), saya kembali melakukan aktivitas seperti biasanya di sekolah, kembali ke sekolah dan menerima ucapan selamat dari teman-teman kantor. Maka, berakhirlah tulisan tentang pengalaman wisuda ini. Senang banget bisa menulis pengalaman kuliah dari awal masuk hingga wisuda di blog sendiri.

Hmm, habis ini mau ngapain ya…?

Share this post:

12 thoughts on “Akhirnya Sarjana Juga, Wisuda Angkatan XX STMIK Pontianak

  1. Selamat ya Siti, mudah2an apa yang telah dipelajari dapat kembali dibagikan kepada yang lainnya dan menjadi ladang amal hingga mendapat Pahala dan Berkah yang berlimpah dari Allah SWT.

  2. Kak,, mau tanya dong .
    Lulusan stmik kebanyakan kerja dimana? Apakah sblum lulus udah bnyak yg udh kerja? Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *