Menghirup Segarnya Udara Sejuk di Hutan Arboretum Sylva Untan

Minggu pagi bulan September 2017, kali ini saya main ke hutannya nya gak jauh-jauh, serius deh. Weekend kali ini saya diizinkan untuk meng-explore salah satu hutan yang ada di tengah Kota Pontianak. Hutan tersebut adalah Arboretum Sylva yang terletak di Komplek Universitas Tanjungpura Pontianak. Di hutan ini udaranya masih terasa segar karena cuaca di Pontianak saat itu baru saja turun hujan.

Sering banget lewat daerah sini tapi gak pernah singgah ini sungguh membuat penasaran untuk berkeliling sebentar di kawasan hutan sylva yang memiliki luas 3,2 hektar ini, jika berbicara secara ilmiah, hutan ini diberi nama arboretum sylva, arboretum sendiri mempunyai arti sebagai tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan. Arboretum sylva untan merupakan kawasan pelestarian plasma nutfah Kalimantan Barat.

Menurut beberapa mahasiswa UNTAN disana, maksud pengelolaan arboretum ini adalah untuk pengoleksian, perlindungan dan pelestarian flora dan fauna Kalimantan Barat. Sedangkan tujuannya adalah sebagai tempat pengembangan keanekaragaman hayati, tempat pengembangan pendidikan, pengembangan hutan kota serta sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat. Memang, sebelum dikelola secara baik kawasan arboretum merupakan areal percontohaan antara Departemen Perindustrian dan Pertanian yang ditanami ubi dan jagung. Karena kurangnya pengelolaan terhadap kawasan tersebut, tanaman ubi dan jagung terbengkalai dan akhirnya ditumbuhi rumput dan alang-alang.

Bagi mereka yang senang dengan dunia fotografi sudah sepantasnya menjadikan Aboratorum Sylva ini sebagai salah satu objeknya atau lokasi untuk dipotret. Banyak spot menarik yang dapat diabadikan bahkan beberapa photographer juga melakukan project foto prewedding nya disini. Selain itu jika kamu butuh udara segar untuk berolah raga juga bisa dilakukan disini, kamu bisa keliling Hutan Aboratorium Sylva ini sampai Taman Digulis Untan (disana juga tersedia jogging treck dan beberapa tempat khusus olahraga) karena lokasinya sangat luas sehingga para pengunjung dapat lebih leluasa bersantai dan berfoto ria disini.

Hutan Aboratorium Sylva ini pohonnya cukup besar kamu dapat melakukan kegiatan hammock-an di beberapa pohon disini, bahkan kamu bisa piknik tapi harus izin dulu sama pengurus Hutan Aboratorium Sylva disini.

Dengan keberadaan Aboratorium Sylva yang satu ini tentunya akan menambah alternatif tempat seru yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pontianak. Dan untuk berjalan-jalan menyusuri Aboratorium Sulva Untan ini kamu sama sekali tak perlu membayar tiket masuk, tentunya selama tetap dapat menjaga kebersihan lingkungan Hutan Kota Pontianak. Enjoy Pontianak!

Be Sociable, Share!
  • Anggara W, Prasetya

    Sejuk banget tuh hutan di Pontianaknya mbak...

    • Siti Mustiani

      Kalo siang panas juga sih mas... hehe 😄

  • Marten Harmin

    pontianak? jauhhhh.... mending ke flores aja sekalian hahah

    • Siti Mustiani

      Hhahaha... flores juga jauh dari tempatku 😄😄😄

  • phadliharahap

    Arboretum Sylva yang terletak di Komplek Universitas Tanjungpura Pontianak. catet dulu tempatnya, mana tahu suatu hari ke sana

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *