Field Trip ke Museum Kalimantan Barat

Dewasa ini remaja lebih memilih mengetahui budaya luar dibandingkan dengan budaya Indonesia. Kecemasan akan pudarnya budaya bangsa semakin menjadi di era globalisasi ini. Remaja banyak mendapat pengetahuan tentang budaya luar lewat media elektronik. Ketertarikan remaja pada budaya luar bukan tanpa alasan. Mereka menganggap bahwa budaya luar lebih bagus atau lebih keren. Hal ini harusnya kita waspadai karena akan berdampak buruk pada budaya bangsa.

Bukan tidak mungkin budaya asli Indonesia akan begusur hilang ditelan globalisasi. Oleh karena itu, kami (Specialist Department) yang diwakili oleh saya dan Bu Juwita Rullyanti dari SMA Tunas Bangsa akan share pengalaman kami  field trip ke Museum Kalimantan Barat.

Museum merupakan tempat yang layak dikunjungi remaja (siswa SMA khususnya) karena merupakan aset yang berharga bagi sejarah dan kearifan lokal wilayah setempat. Museum juga layak dijadikan tempat wisata utama di Kalimantan Barat.

Tujuan Field Trip ke Museum Kalimantan Barat

Field Trip ini memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah:

  1. Memperkenalkan kepada siswa tentang kearifan lokal Kalimantan Barat
  2. Memperkenalkan wisata budaya dan sejarah kepada siswa
  3. Menanamkan rasa cinta tanah air dan budaya Indonesia
  4. Medewasakan siswa lewat belajar di luar kelas
  5. Memperkuat rasa keiingintahuan siswa terhadap budaya dan bangsa.

Kami berangkat dari sekolah pukul delapan pagi, karena lokasi museum ini tidak terlalu jauh dari lokasi sekolah  yaitu sekitar 15 menit saja perjalanan kami tidak membutuhkan waktu yang lama. Saat tiba di Lokasi Museum Kalimantan Barat, kami disambut ramah oleh petugas museum ini.

Setelah mengurus administrasi (menyerahkan surat kunjungan dan biaya tiket masuk) kami dipandu oleh guide kami yang bernama Ibu Ida Komalasari, sebelum masuk ke dalam museum siswa-siswa diberi pengarahan agar field trip berjalan dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *