Memperingati Hari Penglihatan Sedunia bersama Kemenkes

Kemenkes Kampanyekan Germas untuk Peringati Hari Pengelihatan Sedunia – Berbicara tentang alat indra pengelihatan berupa mata, mata merupakan alat indra yang sangat penting, karena mata  yang sehat merupakan investasi bangsa. Begitulah tema yang diusung di acara dalam memperingati hari pengelihatan sedunia Komunitas Blogger Pontianak bersama Kementrian Kesehatan Indonesia. 

Pada 12 Oktober yang lalu, saya beruntung sekali bisa hadir dalam salah satu acara yang diadakan oleh Kemenkes RI  tersebut, guna mensosialisasikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dalam memperingati hari Pengelihatan sedunia di Harris Hotel Pontianak. Temu blogger pada acara tersebut bermanfaat sekali bagi saya, yang masih awam tentang kesehatan mata.

Dalam acara temu blogger untuk menuju Indonesia Sehat juga hadir Ibu Kementerian Kesehatan RI Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M dan Pak Oscar Primadi dari Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes.

Pak Oscar Primadi mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar selalu menjadi manusia yang produktif. Dr Oscar Primadi menyampaikan beberapa bentuk kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat antara lain adalah:

  1. Melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit sehari.
  2. Mengonsumsi buah dan sayuran.
  3. Melakukan cek kesehatan secara rutin, misalnya enam bulan sekali.
  4. Tidak merokok.
  5. Tidak mengonsumsi alkohol.
  6. Membersihkan lingkungan sekitar
  7. Menggunakan jamban atau toilet

Blogger Pontianak dukung GERMAS

Nara sumber kami yang berasal dari Kementerian Kesehatan Bapak Oscar Primadi selaku Kepala Bag Hubungan Media dan Lembaga Pengabdian Masyarakat mengatakan bahwa salah satu alasan Kemenkes RI melibatkan blogger dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah karena peran serta blogger sebagai penggiat media sosial memiliki kekuatan komunikatif yang setara bahkan bisa menyalip media konvensional.

Mengapa Blogger? Karena data di Indonesia menunjukkan bahwa pengguna aktif sosial media mencapai 106 juta orang. Artinya itu mencapai 40% dari total penduduk Indonesia. Blogger memiliki potensi besar sebagai medium untuk sosialisasi program-program kesehatan.

Kota Pontianak adalah menjadi satu diantara kota di Indonesia yang didatangi Kemenkes untuk mensosialisasikan program GERMAS. Dengan pemberian serta pengarahan informasi yang tepat, blogger dapat menjadi salah satu media perubahan yang akan memviralkan kebijakan-kebijakan dari Kemenkes RI.

Sebagai warga Pontianak, kita harus menjalankan program – program yang sudah dimulai dan disusun oleh Pemerintah, agar kita semua mencapai sebuah target yaitu kota sehat serta penduduk sehat.

Semoga bermanfaat, salam Indonesia Sehat!

Be Sociable, Share!
  • Anggara W. Prasetya

    Sipp.. Infonya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pengelihatan..

    • Siti Mustiani

      Terima kasih mas Anggara, senang bisa berbagi 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *