Mau ke Rinjani? Siapkan dulu Hal-Hal Penting Berikut ini

Diantara beberapa daftar gunung yang layak untuk dikunjungi, Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat menjadi salah satunya. Tempat yang dijuluki Puncak Dewi Anjani ini adalah gunung api tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl yang mampu menyedot jutaan turis tiap tahunnya karena keindahan, trekking yang menantang, sampai fasilitas pariwisata yang memadai. Jadi tidak ada salahnya bila berlibur ke Rinjani masuk dalam bucket list-mu di liburan akhir tahun nanti. 

Namun sebelum pergi ke Rinjani yang ada di Lombok, NTB ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, terutama bagi kamu yang belum pernah pergi ke sana. Di antaranya:

Mempersiapkan Kondisi Fisik Sebelum Mendaki

Tentu saja hal yang paling penting yang dapat mendukung kegiatan mendaki kamu adalah kondisi fisik yang baik yang juga berarti stamina yang bagus dan cukup untuk mendaki Gunung Rinjani. Karena Gunung Rinjani memiliki jalur pendakian yang terjal cukup panjang dan terhitung Intermediate – Hard, yang menguras mental dan stamina kamu. Persiapan fisik memang merupakan salah satu bekal utama para pendaki gunung gak cuma di Rinjani saja tapi di gunung lainnya.

Ada banyak cara atau jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan stamina untuk mendaki gunung, seperti jogging, bersepeda, renang. Lakukan olah raga ini 3 bulan sebelum pendakian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah olahraga tersebut minimal seminggu 3 kali dengan durasi 30-60 menit.

Pahami Jalur/Medan dan Tempat Camping yang ada di Rinjani

Menentukan jalur yang tepat ketika mendaki Gunung Rinjani bisa membantu kamu ketika ingin mendaki gunung rinjani. Di Gunung Rinjani sendiri memiliki beberapa jalur pendakian seperti Sembalun, Senaru, Torean, Timba Nuh tapi yang paling sering di gunakan oleh para pendaki sendiri adalah Sembalu dan Senaru.

Kalau kamu memilih melewati jalur Sembalun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah padang savana. Namun satu hal yang perlu kamu tahu adalah ketika memasuki padang savananya udara sekitar akan terasa lebih panas. Untuk kamu yang bertujuan untuk mencapai puncak Gunung Rinjani maka jalur Sembalun lah yang paling cocok.

Kalau kamu ingin ke Danau Segara Anak maka pilih lah jalur Senaru karena jalur yang satu ini mengarah ke Danau Segara Anak dan juga mempunyai pemandangan yang indah sepanjang jalurnya selain menjadi jalur favorit kedua bagi para pendaki, jalur ini juga sering digunakan masyarakat lokal untuk melakukan ritual adat keagamaan di puncak Rinjani atau di Danau Segara Anak.

Dengan kamu tahu seperti apa medan yang akan kamu lalui dalam pendakian kamu di Gunung Rinjani akan membuat pendakian kamu lebih mudah contohnya Sumber Air, dimana saja letak sumber air yang dapat ditemukan. Dengan begitu kamu dapat menentukan berapa banyak air yang kamu perlu dari sumber air ke sumber air selanjutnya.

Sebagai informasi untuk kamu nih yang mendaki Gunung Rinjani melalui jalur Sembalun dan turun melalui jalur Senaru, sumbar air dapat anda temukan di Pos 2 Sembalun, Pos 3 Sembalun (hanyalah berupa rembesan), Plawngan Sembalun, Danau Segara Anak, dan terakhir Pos 2 Senaru.

Selanjutnya adalah tempat camping yang bisa kamu gunakan untuk bermalam di Gunung Rinjani. Sebagai contoh jika kamu mendaki melalui jalur Sembalun dan Turun melalui jalur Senaru kamu bisa bermalam di pos 2 atau pos 3 di Sembalun, Plawangan Sembalun, dan Danau Segara Anak.

Pelajari Moda Transportasi di Lombok

Sebelum pergi ke Lombok, lebih baik kamu kenali dulu moda transportasi apa saja yang ada di Lombok. Angkutan umum tersedia, normalnya melalui Terminal Mandalika (Bertais) menggunakan Engkel (Elf) hingga sampai di Aikmel, memakan waktu sekitar 2 – 3 jam, dengan ongkos sekitar 20,000 rupiah. Di Aikmel, kamu harus berpindah transportasi menggunakan mobil pick up (mobil sayur) hingga sampai di Desa Sembalun Lawang, memakan waktu 1,5 jam dengan biaya 15,000 rupiah.

Hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang transportasi ini adalah biaya yang diperlukan untuk menaiki moda transportasi tersebut dan kendaraan apa saja yang bisa membawamu ke tempat yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun itinerary dan rencana anggaran yang tepat.

Barang yang Perlu di Bawa Untuk Mendaki

Tentunya jika ingin mendaki gunung kamu tentu perlu membawa peralatan mendaki seperti gaiter, trekking pole, baju hangat, jas hujan, dan lain-lain. Untuk para pemula dibawah ini adalah beberapa barang yang perlu kamu bawa untuk mendaki gunung yaitu :

  • Tas : Daypack dan Rucksack, Carrier
  • Alas kaki : Sepatu/Sandal trekking, Kaus kaki, Gaiter
  • Pakaian : Sarung tangan, Jaket tebal (Windproof), Sarung, Jas hujan, Kupluk
  • Alas tidur : Matras, Sleeping bag, Tikar
  • Peralatan makan : Sendok, Piring plastik, Gelas plastik
  • Peralatan masak : Kompor, Panci, Nesting
  • P3K
  • Safety : Senter, Headlamp

Untuk yang suka memancing kamu bisa membawa alat pancing untuk digunakan nanti ketika sampai di Danau Segara Anak. Di Segara Anak juga terdapat sebuah kolam air panas, jadi kamu bisa menggunakan kolam untuk menghilangkan rasa penat dan merileks kan otot tubuh agar bisa melanjutkan pendakian dengan kondisi tubuh yang fit.

Siapkan Tiket Pesawat dan Penginapan Sejak Jauh Hari

Inilah hal penting yang harus kamu siapkan sejak jauh hari. Belilah tiket pesawat untuk pulang dan pergi. Jadi, pastikan kamu sudah menyusun itinerary sejak jauh hari juga.

Jika menggunakan pesawat terbang, kamu akan tiba di Bandara Internasional Lombok yang berada di Praya. Jika menggunakan jalur darat (dan laut), kamu akan tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

Kamu bisa mencari tiket pesawat paling murah jika dilakukan sejak jauh hari. Banyak traveler yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat adalah paling lambat 3 bulan sebelum keberangkatan. Apalagi jika kamu mencari tiket pesawat ke Lombok di Traveloka, kamu akan mendapat tiket promo dengan harga terbaik. Hal yang sama juga berlaku untuk penginapan. Akan lebih hemat lagi ketika memesan produk paket Pesawat + Hotel.

Ke Rinjani #JadiBisa lebih hemat dengan Paket Pesawat dan Hotel dari Traveloka

Nah, bagaimana cara kamu menyiapkan tiket pesawat dan hotel untuk liburan? Jika biasanya kamu memesan keduanya secara terpisah, kini kamu punya pilihan yang lebih praktis. Traveloka menghadirkan layanan baru yang memungkinkan kamu membeli tiket pesawat dan hotel dalam satu waktu sekaligus.

Untuk bisa menikmati layanan serba praktis ini, kamu bisa memesan melalui situs resmi atau mengunduh Traveloka App versi 2.13 ke atas untuk Android dan iOS. Munculnya layanan baru dari Traveloka ini tentunya membawa banyak keuntungan buat kamu sebagai pelanggan setia. Cara pemesanan melalui situs resmi Traveloka Simak ulasannya berikut ini:

Pilih menu Pesawat + Hotel di halaman utama dan isi halaman pencariannya

Akan muncul banyak pilihan paket hemat tiket pesawat dan hotel, silakan pilih yang paling sesuai denganmu

Pastikan jadwal terbang dan hotel tempat kamu menginap sudah tepat, lalu lanjutkan dengan tekan tombol berwarna oranye. Atau, kamu bisa mengubahnya ke jadwal penerbangan atau hotel lain jika paket yang ditawarkan kurang sesuai kebutuhanmu.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi data pemesan dan penumpang atau tamu seperti biasanya. Setelah itu, selesaikan pembayaran, dan e-tiket juga voucher hotel akan langsung dikirimkan ke email-mu.

Keuntungan paket tiket pesawat dan hotel dari Traveloka

Lebih hemat

Traveloka berusaha memberikan layanan terbaik, termasuk menyediakan harga termurah buat kamu. Dengan menggunakan sistem algoritma tepercaya, Traveloka mampu menghadirkan paket tiket pesawat dan hotel dengan harga yang jauh lebih murah. Kamu bisa berhemat hingga jutaan rupiah.

Untuk memudahkan perhitungan, Traveloka menyertakan detail harga asli dan berapa rupiah yang berhasil kamu hemat jika memilih paket tersebut.

Lebih cepat

Dengan adanya paket tiket pesawat dan hotel dari Traveloka, kamu tak perlu lagi meluangkan lebih banyak waktu untuk memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Kamu hanya perlu beberapa klik untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dan hotel idaman dengan harga terbaik.

Beragam pilihan

Tak hanya satu, Traveloka menyediakan banyak paket tiket pesawat dan hotel yang bisa kamu pilih untuk perjalananmu. Temukan paket eksklusif dari Traveloka atau pilih sendiri penerbangan dan hotel yang kamu inginkan, tapi tetap hemat di harga.

Banyak metode pembayaran

Tanpa mengurangi kenyamanan kamu dalam bertransaksi, Traveloka masih menyediakan beragam metode pembayaran yang bebas kamu pilih sesuai kebutuhan. Berikut metode pembayaran yang bisa kamu pilih:

  • Kartu kredit
  • Cicilan 0% dengan masa cicilan 3 dan 6 bulan
  • Transfer via ATM
  • SMS dan Internet Banking
  • Direct Debit (CIMB Click, Mandiri Clickpay, Mandiri Debit, dan BCA Klikpay)
  • Minimarket terdekat: Indomaret & Alfamart

Bentar lagi menjelang tahun baru, daripada kehabisan tiket liburan mending kalian langsung pesan di traveloka aja, yuk! Selamat berlibur!

Be Sociable, Share!
  • Khairul Imam

    Untuk pendakian ke rinjani, bulan2 apa aja mba yg cocok untuk mendaki ?

    • Siti Mustiani

      Gunung Rinjani dapat diakses kapan saja, tapi untuk rekomendasi bulan apa aja saya sarankan bulan Juni – September merupakan bulan yang paling pas untuk mendaki Gunung Rinjani. Karena pada bulan tersebut cuaca sangat mendukung untuk mendaki. Angin yang berhembus pada bulan-bulan tersebut juga cukup lemah. Kelebihan lainnya cuaca terlihat cerah tanpa kabut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *