Beting Street Art, Warna Lain yang Menciptakan Keindahan

Seni bukan saja tentang apa yang kita lihat, tapi juga bagaimana mengapresiasikannya dan membuat orang lain tergugah saat memandangnya. Salah satu seni yang saat ini sedang banyak digemari adalah street art. Street art dapat dimaknai sebagai media alternatif para seniman dalam beraspirasi dengan sentuhan seni.

Mungkin filosofi itulah yang mendorong street art, salah satunya mural, untuk muncul ke publik. Seni yang satu ini memanfaatkan ruang publik sebagai media kreativitas. Bukan merusak lingkungan atau fasilitas umum ya, tapi lebih kepada memanfaatkan ruang kosong yang suram dan menyulapnya menjadi lebih indah dengan goresan cat dinding berupa gambar ataupun juga kata-kata.

Street art mural memang semakin berkembang pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyak sekali karya streetartist yang mengisi tembok jalanan berbagai negara, termasuk Indonesia. Berbeda dengan seni jalanan yang lainnya yang lebih menitikberatkan pada isi tulisan dan mayoritas dibuat dengan cat semprot, maka mural menggunakan peralatan yang lebih bebas.

Nah, salah satu street art yang terkenal di Kota Pontianak terdapat di kampung beting. Kampung Beting dinilai sebagai kampung yang letaknya strategis dan unik. Letaknya di pusat kota dan merupakan satu-satunya kampung yang “berdiri di atas air“, pada simpang antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Susunan rumah-rumahnya unik dan didukung dengan kehidupan tradisional masyarakatnya yang masih kuat. Misalnya tukang sampan, dan lain sebagainya.

Salah satu mural favorit saya adalah mural bergambar ikan yang merupakan karya dari Komunitas Lipart.

Saat saya mampir ke sini masih ada beberapa spot mural yang masih dalam proses pengerjaan. Semangat anak-anak muda Pontianak dengan karya-karya monumental yang positif, sehingga implementasi sebuah daerah yang maju karena sumber daya manusianya dapat terwujud di Bumi Khatulistiwa.

Gimana, di kota kamu ada gak street art share dong…

Be Sociable, Share!
  • mas wahyu

    di tempat saya juga baru membuat hal semacam itu kak , tapi kurang antusias warganya , dan yang lagi rame sekarang di dekat kota saya, tepatnya di kota semarang juga membuat hal serupa, dan hits juga hehe salam kenal yak www yukgas id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *