Fun Camping United Army Pontianak, Pantai Kura-Kura & Bukit Temenong

Fun Camping United Army Pontianak, hey ini club anak pecinta bola ikutan camping? bakalan seru gak ya? hahaha beberapa weekend lalu aku berkesempatan join kegiatan fun camping nya United Army di Pantai Kura-Kura Bengkayang selama dua hari 23-24 Desember 2017.

Apa itu United Army Pontianak?

Jadi, United Army Pontianak atau lebih akrab disebut UA merupakan bagian dari United Army Indonesia yang sudah tersebar di 51 kota dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, salah satunya di Pontianak ini yang diketuai oleh Fani.

United Army Indonesia sendiri adalah sebuah komunitas yang menjadi wadah berkumpulnya para pecinta club sepak bola Manchester United untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan mengekspresikan rasa cinta mereka kepada Manchester United.

Kalau biasanya kegiatan UA ini hanya nonton bareng pertandingan sepak bola dan fun futsal saja, nah kali ini sedikit berbeda, mumpung liburan mereka memanfaatkan momen ini untuk refreshing dan menambah keakraban sesama anggota United Army.

Ini pertama kalinya saya juga untuk ikut camping yang isinya pecinta bola dan itu cowok semua, saya di backup sama teman-teman dari Djelajah Borneo juga yaitu Imam, Erwin dan Nomo. Kebetulan saya juga sedang long weekend jadi bisa lebih berlama-lama liburannya, ditambah lagi selama ini belum pernah ke Pantai Kura-Kura dan Bukit Tanjung Temenong, oh ya saya juga berkesempatan menikmati sunset yang sangat indah sekali, artikelnya saya pisah hehe

Baca juga ya Swastamita di Pantai Kura-Kura, Tanjung Gundul Bengkayang

Kegiatan camping ini dilaksanakan hanya dua hari satu malam saja yaitu sabtu malam hingga minggu siang, tapi kami berempat (imam, erwin, nomo dan aku) datangnya hari jumat, kami cukup banyak membawa dome karena peserta fun camping dari UA ini cukup ramai. Pada kegiatan fun camping anak UA ini tak hanya sekedar camping saja, didalam nya ada fun games, live acoustic, hiking, games, dan nonton pertandingan Mancaster United (tapi ini bukan di pantai nontonnya, mereka ke Kota Singkawang jam 2 pagi).

Pukul 12 siang hari sabtu anggota United Army mulai berdatangan, beberapa anggota membawakan konsumsi untuk makan siang dan membantu mencari kayu bakar untuk persiapan BBQ nanti malam, sekitar sore hari aku dan imam (kedatangan tamu juga yaitu Dita dan Mayu) pengen liat sunset di bukit temenong, sekalian survey lah buat anak-anak UA besoknya tapi gak sampai puncak karena hari juga mulai gelap, kemudian disusul beberapa anggota UA lainnya malam hari yang membawa alat accoustic, hari mulai malam kegiatan mereka pun dimulai dengan dinyalakannya api unggun dan live accoustic, kami menikmati malam yang cukup cerah ditepi pantai, nikmat sekali.

Ketika beberapa dari mereka yang pergi untuk menonton pertandingan di Kota Singkawang, aku memilih untuk istirahat tidur malam di dalam tenda, ternyata udara ditepi pantai saat malam hari cukup panas.

Keesokan hari nya aku bangun lebih pagi, lihat mereka tidur di beberapa dome yang terbuka, hammock yang menggantung di pohon bahkan ada yang tidur di flysheet beralaskan matras. Mereka terlihat sangat mengantuk, hahaha wajarlah tadi malam selesai kegiatan langsung nonton bola hingga subuh.

Pukul 11 siang, saat para anggota United Army sudah segar-segarnya dengan semangat mereka siap untuk mendaki bukit temenong, kali ini aku dan imam yang jadi guide nya. Hampir semua anggota United Army bukanlah pendaki, disini aku jadi merasa lebih senior hahaha dengan gaya hiking menggunakan sepatu gunung seperti imam. Kami semua berangkat ke Bukit Tememong kecuali Nomo dan Erwin (mereka ditugaskan untuk menjaga lokasi camping).

Saat beberapa menit berjalan kaki, ternyata cuaca mulai gelap seperti turun hujan, kami pun bertanya “gimana? apakah lanjut?” dengan semangat mereka menjawab lanjut!! Salut sekali, walaupun jalan mereka kadang-kadang tertinggal dari aku dan imam, tapi aku salut mereka kompak dan saling support satu sama lain, apa lagi sama Michael dan Bang Heri, mereka tidak begitu kuat mendaki. Suara-suara nyanyian Yel Yel United Army berkumandang di sepanjang perjalanan kami hingga puncak.

Angin kencang yang menerpa kami, tak menyurutkan semangat anggota United Army untuk bisa sampai puncak, celotehan dan gurauan mereka pun memperlihatkan kebersamaan mereka yang sangat kuat. Hingga puncak mereka menyanyikan lagi lagu Supporter Mancester United seolah-olah mereka sedang menonton pertandingan MU secara live walaupun dengan keadaan basah kuyub. Aku cukup diam mendengarkan mereka karena aku sendiri juga tidak tahu lagunya, hehe.

Udara cukup bersahabat selama perjalanan pulang kami ke tempat camping, kami melewati jalur berbeda dari jalur pergi, mengingat di lokasi Tanjung Gundul ini terdapat beberapa lokasi yang dijadikan lokasi proyek pembangunan PLTD di Daerah Tanjung Gunul, jalan pulang yang kami lalui memang dekat namun kondisi jalan yang becek membuat tanah-tanah banyak menempel di sepatu kami, bahkan ada anggota UA yang sendal/sepatunya putus.

Kami tiba di camp kami, bersih-bersih dan istirahat sebentar. Mendengar kabar juga dari Nomo dan Erwin bahwa tadi angin kencang, bahkan dome kami nyaris berterbangan karena di pantai dome sulit sekali dipasang pasak karena daerah berpasir, untung lah ada Nomo dan Erwin kalau tidak ada mereka apa jadinya lokasi camping kami. Kemudian kami berkemas kemas, membersihkan lokasi camping dan bergegas pulang. Sekitar pukul 4 sore, teman-teman mengajak makan di Pasar Singkawang dan mampir di rumah keluarga salah satu anggota United Army di Pasar Singkawang. Pukul 5 sore kami pun pulang ke Pontianak.

Walaupun ini hanya fun camping yang sangat singkat, tapi mereka cepat akrab sekali dengan saya. See u next trip, semoga bisa fun camping lagi seperti ini hehe.

Anggota FUN Camping United Army Pontianak : Khairul Imam, Fani, Nomo, Hudi, Adit, Heri, Cariu, Aries, Edo, Ozi, Agri, Jerry, Michael, Reza, Siti Mustiani, Erwin Jumandiar

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *