Puding Lumut Pandan Hijau, Enak dan Hemat pakai Santan Sasa

Kali ini saya mencoba membuat puding lumut pandan hijau yang lagi ngetren dan populer banget di sosial media, dari Instagram, Line, serta grup masakan di Facebook wara wiri muncul di timeline ya puding lumut ini. Saya jadi penasaran dan coba-coba browsing resep puding lumut yang enak tapi praktis buatnya.

Akhirnya ketemu juga resep puding lumut pandan hijau yang pas di lidahku. Rasanya enak, manisnya pas dan tentu saja tak terasa bau telurnya. Beneran enak banget puding lumut ini. Selain itu tampilannya juga cantik dengan warna lumut yang benar-benar seperti puding lumut asli. Untuk warna hijaunya saya pakai pasta pandan, seperti cara membuat puding lumut pandan pada umumnya.

Bahan-bahan utama Puding Lumut :

Agar-agar plain swalow 1 bungkus, Gula pasir 150 gram (jika kurang manis bisa ditambahkan sesuai selera, Telur 1 butir, air 350 mili liter, dan pasta pandan secukupnya (skip saja jika tidak suka).

125 Bungkus Sasa Santan Kelapa. Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan kelapa yang baru diperas dari kelapa. Bahkan bisa dibilang Sasa Santan Kelapa jauh lebih praktis sebab Sasa Santan Kelapa itu sudah matang dan siap pakai. Sehingga tidak salah bila kita katakan cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Jadi selain untuk Puding Lumut juga cocok untuk masakan lain seperti opor ayam dan kolak. Apalagi Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas yang bebas dari bahan kimia dan tanpa pengawet.

Langkah Membuat Puding Lumut Pandan Hijau :

Pertama-tama kocok lepas telur.

Selanjutnya campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk. Masak hingga berbuih, kemudian kecilkan api. Tunggu hingga santan pecah dan membentuk lumut dengan sendirinya. Matikan api.

Setelah itu cetak adonan agar-agar lumut / puding lumut ke dalam cetakan puding yang sebelumnya sudah di bahasi air. Tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu dinginkan ke dalam kulkas.

Sajikan puding lumut homemade selagi dingin, Nyam!!

Bila ingin menjual puding lumut sebagai bisnis / usaha rumahan, bunda bisa menjajakannya di cup kecil atau gelas puding. Bunda bisa jual puding sekitar Rp 1000,- hingga Rp 2.000.-. Apa lagi sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, jadi cocok untuk mengisi waktu ketika menjalankan ibadah puasa. Rasanya yang manis gurih pas untuk menu takjil buka puasa, jadi merupakan ide bisnis yang menjanjikan.

Bagaimana sangat mudah bukan. Nah itulah resep puding lumut pandan hijau yang enak dan hemat. Agar rasa lebih nikmat, tentu Sasa Santan, Aslinya Santan adalah salah satu bahan yang wajib digunakan!

Tabik! semoga bermanfaat.

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *