Perjalanan Lintas Jawa Tengah dan Jawa Timur

Melanjutkan perjalanan menuju Surabaya, ya Surabaya berada di Jawa Timur perjalanan ditempuh seharian dari Semarang (Jawa Tengah). Perjalanan dengan bantuan Google Map ini membuat perjalanan kami penuh kejutan karena beberapa kali menemukan tempat yang apik untuk dijadikan swafoto terutama di jalan Raya Sragen Ngawi. Jadi, jalur perjalanan ke Surabaya kami milih jalur tengah.

Beberapa kali kami memilih singgah di tempat favorit seperti SPBU (Haha, ya jelaslah untuk isi bahan bakar tentunya) dan beberapa minimarket seperti Alfamart dan Indomaret ada juga beberapa rumah makan yang kami singgahi untuk isi tenaga kami hehe.

Perjalanan ini tidak terasa membosankan karena adanya pemandangan indah yang telah tersaji dan udara sejuk pegunungan, jalanan mulus berkelok, hutan pinus membentengi tepi jalannya sementara tepi jalan yang lain ladang padi dan sayuran membentang di antara perkampungan.

Pukul 10.23 kami berhenti ditepi jalan sebelum tikungan ke sebuah jembatan untuk melintasi anak sungai Bengawan Solo, yak saya baru sadar ternyata sungai ini adalah anak sungai Bengawan Solo yang airnya sedang surut.

Tidak berlama-lama kami melanjutkan perjalanan menuju Surabaya, tujuan kami ke Surabaya adalah ke rumah bang Riza di Kota Surabaya (nanti akan saya ceritakan sedikit tentang Bang Riza jika sudah sampai di Surabaya). Kemudian pukul 11.42 kami singgah di sebuah rumah makan Sederhana Muda masih daerah Seragen, cukup sepi memang mungkin masih liburan. Kami memesan makanan, aku memesan sate ayam sedangkan temanku pesannya soto sapi, ketika makanan yang diantar ternyata dua-duanya adalah soto cuma bedanya soto ayam dan soto sapi. Wah, ini mah pesananku salah, tapi yaudahlah makan aja karena udah lapar (untuk aku bisa makan apa aja, gak milih milih, karena memilih itu rumit *eakk).

Gerbang perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ada di Jalan Raya Sragen Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Aku tertarik untuk singgah sejenak untuk mengambil beberapa foto, di perbatasan ini terdapat sebuah candi tidak begitu luas namun cukup besar, mirip seperti candi prambanan.

Candi ini benar-benar ada ditepi jalan, tidak perlu parkir cukup menepi dipinggir jalan saja kita dapat menikmati candi ini, gratis pula. Cuaca semakin terik, kami melanjutkan perjalanan kami di Provinsi Jawa Timur, yeay!

Setelah melewati gerbang selamat datang Jawa Timur, holla! Welcome Jawa Timur!

Perjalanan menuju rumah bang riza di Kota Surabaya melewati beberapa kabupaten diantaranya Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarho dan akhirnya tiba di Kota Surabaya.

Nah, di Kota Surabaya kita udah ditungguin sama Bang Riza dan kawannya, jadi bang Riza ini adalah ketua komunitas Osprey Indonesia region Surabaya, dia cukup aktif di dalam anggota, saat itu bang riza juga baru saja pulang dari mendaki Gunung Penanggungan di Malang, Jawa Timur.

Kami menginap di Rumah Bang Riza, bang Riza baik sekali kami disambut seperti keluarganya sendiri. Kami istirahat untuk explore Kota Surabaya besok!

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *