Pesona Coban Sewu, Explore Malang Jawa Timur

Malang, Jawa Timur. Perjalanan kali ini dilanjutkan ke arah Timur pulau Jawa, kota yang terkenal dengan sebutan kota pisang agung tersebut menyimpan pesona alam yang sangat mempesona misalnya Coban Sewu. Dari Tumpang menuju Malang bagian selatan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Walau sebenarnya badan masih sedikit capek karena baru turun dari Gunung Semeru, tapi saya tetap semangat karena semua demi explore Malang, yeay!

Dalam pikiran saya, pasti Coban Sewu ini sama halnya seperti air terjun di kota lainnya, ternyata dugaan saya salah besar. Dimulai dari perjalanan menuju Kecamatan Pronojiwo dengan akses jalan beraspal yang berkelok-kelok.

Air Terjun Coban Sewu berada di Dua Kabupaten

Oh ia untuk sekedar informasi air terjun coban sewu memiliki dua nama yaitu Coban Sewu dan Tumpak Sewu berdasarkan lokasi dari mana kamu melihat air terjun ini. Air Terjun ini terletak di dua kabupaten yaitu Malang dan Lumajang. Jika kamu datang dari Malang air ternjun ini bernama Coban Sewu sedangkan kalau dari Lumajang namanya Tumpak Sewu. Air terjun ini sebenarnya dialiri sungai yang merupakan batas wilayah kedua kabupaten tersebut. Jadi jangan heran kenapa Coban Sewu dan Tumpak Sewu ini mirim, ya karena memang satu lokasi, hehe… Saya saja baru tau dari warga sekitar yang bertemu di lokasi air terjun tersebut.

Air terjun yang mempunyai ketinggian 120m tersebut memang indah jika dinikmati dari sisi panorama, ya dari high angle. Seluruh air yang turun bisa dilihat dari atas, bukan hanya itu memang view dari atas mengagumkan dan memesona.

Setelah berjalan kaki dari lokasi gerbang kita langsung disuguhi pemandangan cantik kayak dibawah ini. Lokasi nya mudah untuk dijangkau bahkan sudah tersedia saung yang terbuat dari bambu untuk kita foto-foto yang lebih aman.

Kami yang ingin sampai ke arah jatuhnya mata air, harus melewati tebing kecil tangga yang cukup rapuh, turunan, jembatan. Astagaa, sepertinya kalau Ibu saya tahu jalanan seperti ini beliau tidak akan pernah memberi izin saya, “Mending berangkat tanpa izin, daripada minta izin tidak diperbolehkan,” whahahahahk.

Perjuangan banget untuk turun karena tangga karena tangga tersebut hanya dibuat dari bambu dan beberapa dari besi yang diikat, turunnya saja juga dengan bantuan tali. Harus hati-hati, dilokasi ini kami berencana untuk menerbangkan Sharky (drone) untuk mendapatkan foto/video yang cinematic.

Coban Sewu, Coban berarti air terjun dan Sewu berarti Seribu. Coban Sewu berati Air Terjun Seribu, pantas saja jika dinamakan Coban Sewu jika menilik bentuk air terjun ini yang seperti ada seribu air terjun dalam satu. Yah menurut analisa saya sih mungkin begitu hehe.

Setelah cukup mengambil beberapa video dan foto kami kembali, mengingat pesan warga untuk tidak berada di lokasi bawah air terjun lama lama karena ketika sore air di coban sewu bisa meluap. Kami pun kembali untuk melanjutkan perlanan ke Banyuwangi.

Terima kasih Coban Sewu atas pesona indah yang disajikan, kami akan kembali lagi, mungkin kami akan memilih pagi hari katanya bisa melihat pelangi disini jika datang pagi, ehehe.

Jadi, kapan main ke Coban Sewu?
Semoga bermanfaat ^ ^

Be social share!
  • Anggara W. Prasetya

    Buset dah.. Ni komplet amat perjalanannya.. Bromo-Semeru trs Coban Sewu.. hadehh Buat yang satu ini belum pernah e.. haha Semoga besok pas ke sini akses tangganya sudah diperbaiki.. aamiin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *