Sakit Gigi? Bisa Diobati Sendiri di Rumah Kok

Pernah seseorang bilang kepada saya seperti ini “Senyum adalah ibadah yang paling mudah”, iya bener banget kalau kita senyum akan membuat orang lain menjadi senyum balik, mengapa demikian? Karena senyum itu indah dan memperindah wajah, karena wajah yang tersenyum mencerminkan perasaan yang tenang. Senyum itu ibadah yang paling mudah dilakukan, tetapi mampu menyempurnakan kemuliaan akhlak.

Senyum merupakan kecantikan yang lahir dari hati dan jiwa, anugerah yang bisa menenangkan perasaan, menyejukkan dan menentramkan hati yang gelisah. Senyuman adalah kosmetika wajah yang paling tulus dan berharga, tidak perlu dibeli dan bisa dipakai setiap saat, tidak menimbulkan iritasi dan menghambat penuaan dini secara alami. Dengan tersenyum, kita bisa menyenangkan orang lain, sedekah termurah yang penuh berkah. Menumbuhkan semangat dan memancarkan ketulusan hati. Mudah sekali bukan?

Tapi kalau lagi sakit gigi gimana? pasti susah senyum kan? kadang udah berusaha untuk senyum tapi gak bisa lantaran sakit gigi, orang lain yang senyum duluan ke kita jadi berpikiran negatif karena bakal dibilang sombong karena kita gak bales senyumannya.

cara mengobati sakit gigi di rumah

Tahu kah kamu? orang-orang dulu Mesir memakai jimat, suku Aztec mengunyah cabai pedas dan orang-orang Yunani Kuno meminum susu keledai untuk mengobati sakit gigi. Berbagai macam cara dilakukan mereka untuk meredakan rasa sakit itu karena kita tahu rasa ngilu membuat kita benar-benar tak berdaya jika sedang sakit gigi.

Memang sakit gigi merupakan hal yang paling menyebalkan, dulu waktu SD aku sering mengeluh sama ibu kalau sakit gigi bahkan aku bisa sampai nangis di kamar karena sakit gigi, aku bisa menjadi orang yang paling emosian waktu itu. Kemudian ibu mencari cara mengobati sakit gigi di rumah, beberapa cara ternyata benar-benar ampuh tapi tidak bertahan lama misalnya dikompres menggunakan air dingin.

Kalau sakit gigi memang lebih baik kita ke Dokter, tapi Dokter gigi saya pernah berpesan kalau mau ke dokter harus buat perjanjian dulu dengan dokter gigi. Bahkan kadang kita bisa menunggu hingga tiga hari, ada juga yang bilang kalau ke dokter gigi tunggu rasa sakitnya reda dulu.

Tapi sebelum kita mengobati rasa sakit gigi tersebut lebih baik kita harus tahu “apa penyebab sakit gigi?

Berikut beberapa alasan paling umum:

  • Gigi berlubang
  • Tambalan yang lepas
  • Gigi retak
  • Abses dental
  • Infeksi pada akar gigi

Cara meredakan rasa sakitnya adalah:

  • Minyak cengkeh: Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas lalu oleskan perlahan pada gigi Kamu. Nah, minyak cengkeh ini mengandung eugenol yang bekerja sebagai anastesi alami pada sumber sakitnya juga sebagai disinfektan di area tersebut.
  • Air garam: Larutkan satu sendok teh garam dalam semangkuk air mendidih, dinginkan lalu berkumurlah selama 30 detik. Air garam ini mengurangi pembengkakan gusi dengan mengeluarkan kelebihan cairan dan membersihkan area yang terinfeksi.
  • Es batu: Tempatkan satu atau dua es batu dalam kantung plastik, lapisi memakai kain tipis, lalu tempelkan pada pipi Anda di atas gigi yang sakit, lakukan selama 15 menit untuk membuat saraf mati rasa.
  • Penghilang rasa sakit: Jika rasa sakit tak tertahankan lagi, Kamu selalu bisa meminum analgesik seperti ibuprofen.

Pengobatan-pengobatan ini efektif untuk sementara waktu, namun tidak mengatasi akar masalahnya. Pastikan untuk membuat perjanjian dengan dokter gigi agar Anda dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan kehilangan gigi. While these remedies can be effective as temporary measures, they don’t address the root cause of the problem. Be sure to book an appointment with your dentist as you may be able prevent further decay and tooth loss.

TIPS CEPAT
Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas lalu oleskan perlahan pada gigi yang sakit untuk meredakan dengan cepat.

Ke dokter gigi juga tidak harus pada saat sedang sakit gigi loh teman-teman, lebih baik kita membuat jadwal rutin mengunjungi dokter gigi. Atau rajin-rajinlah menggosok gigi agar tidak sampai sakit gigi lagi, merawat gigi bisa dimulai sejak dini.

Tabik, Salam senyum manis salam pepsodent! semoga artikel cara mengobati sakit gigi di rumah ini bermanfaat. Awali semua aktivitas kita dengan senyuman dan doa. Bismillah tunjukkan senyum terbaik kalian.

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *