Pintar Berkendara Bersama Honda di Edukasi Safety Riding Astra Motor

Kali ini saya berkesempatan mengikuti edukasi bersama jurnalis dan juga para blogger. Jadi inget pengalaman mengikuti kegiatan Pelopor Keselamatan Lalu Lintas waktu kuliah dulu di Polresta Kalbar, pantas saja saya digembleng biar berkendara dengan baik, weew. Program edukasi kemarin diselenggarakan di Main Dealer Training Centre ( MDTC ) HSO Pontianak Jl Ahmad Yani 2 Kubu Raya pada tanggal 02 September 2018 yang dihadiri puluhan jurnalis Kalbar.

Wajib kita ketahui 3 aspek pengendara adalah;

  1. Perisapan Fisik, kita harus yakin bahwa diri kita itu sehat tidak lelah, ngantuk, mabuk atau menggunakan narkoba.
  2. Defensive Driving, Mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu & uang (dari bahaya yang timbul) akibat kondisi disekitar anda dan tindakan orang lain.
  3. Safety Driving, Mengemudi aman & selalu berpikir jauh kedepan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi.

Dony Adrian, Instruktur Safety Riding, menjelaskan Team Safety Riding cukup rutin menggelar edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalimantan Barat. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan untuk pelajar, komunitas sepeda motor Honda, dan para karyawan

Persiapan Sebelum Berkendara;

  1. Persiapkan helm, jaket, sarung tangan, celana yang aman, dan juga sepatu untuk melindungi tubuh pengendara.
  2. Periksa tekanan angin ban secara visual sebelum berkendara, dan periksa tekanan dengan menggunakan alat ukur setidaknya sebulan sekali.  Jika tekanan kurang maka bisa menyebabkan keausan ban yang tidak normal dan boros bahan bakar.
  3. Hindari muatan yang berlebihan. Membawa beban lebih berat dibutuhkan tenaga yang lebih besar pula yang artinya konsumsi bahan bakar lebih banyak.
  4. Service kendaraan secara berkala. Saringan udara dan oli kotor, busi yang sudah aus, oli mesin lama tidak diganti, knalpot bocor dan masalah pada system control emisi dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Lakukan service berkala agar kendaraan selalu dalam kondisi maksimal.

Nah, untuk menguji kemampuan skill jurnalis yang mengikuti kegiatan ini team safety riding Astra Motor menggelar kompetisi safety riding antar jurnalis setelah mendapatkan materi teori & praktek dari instruktur safety riding. Salah satunya saya yang menang, hahaha.

Astra Motor berharap dengan adanya kampanye safety riding mampu memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor. Hal ini akan berujung pada penekanan angka kecelakaan lalu lintas.

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *