Tutorial Cara Mengubah Foto Menjadi Vektor dengan Menggunakan Illustrator dan Image Trace

Selain menggunakan fitur Pen Tool (tracing) untuk membuat suatu vektor, kamu juga bisa menggunakan Image Trace untuk mengubah suatu gambar menjadi vektor.

Hanya saja, jika kamu ingin vektor kamu terlihat rapi dan presisi, saya tetap menyarankan kamu untuk menggunakan metode tracing, hal ini dikarenakan hasil dari vertorisasi menggunakan image trace mengikuti bentuk sebenarnya dari gambar yang kamu vektorkan.

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan 2 aplikasi, yaitu Adobe Photoshop untuk menjernihkan gambar, dan Adobe Illustrator untuk membuat vektornya.

Untuk lebih jelasnya, mari ikuti tutorial Cara Mengubah Foto Menjadi Vektor dengan Menggunakan Image Trace di Adobe Illustrator dibawah ini dengan seksama :

  • Aplikasi : Adobe Illustrator CS6 & Adobe Photoshop CS6
  • Waktu : 1 Jam
  • Tingkat Kesulitan : Mudah

Tahap Persiapan

Langkah 1
Saya akan menggambarkan sebuah Hand Lettering bertuliskan Shine dengan menggunakan pensil 2B. Ini adalah sebagai sketsa dasarnya.

Sketsa dasar

 

Langkah 2
Untuk selanjutnya, perjelas sketsa awal tadi dengan pulpen tebal. Disini saya menggunakan cat air merk Snowman.

Perjelas gambar

 

Langkah 3
Kamu foto atau scan hasil gambar tadi, usahakan tegak lurus (presisi) supaya saat di vektorkan menjadi bagus.

Presisi

 

Tahap Black & White

Langkah 1
Buka aplikasi Adobe Photoshop, lalu masukkan gambar hasil foto/scan tadi.

Langkah 2
Disini kita akan mengubah foto tadi menjadi BW (Black White) agar saat proses vektorisasi, warna background dan gambarnya kontras. Untuk mengubah gambar menjadi B&W maka kamu Buka menu Image – Adjusment – Desaturate atau untuk lebih cepatnya ketikkan saja Ctrl + Shift + U.

1

 

Langkah 3
Agar lebih kontras lagi, buka menu Image – Adjustment – Levels, atau tekan Ctrl + L.
Akan muncul kotak Levels, disini kamu atur sedemikian rupa sehingga gambar tadi jadi benar-benar kontras hitam dan putih.

2

 

3

 

Langkah 4
Simpan gambar tersebut dalam format JPEG. Hasilnya seperti dibawah ini :

4


Tahap Pemvektoran

Langkah 1
Buka aplikasi Adobe Illustrator lalu buat dokumen baru. Disini saya membuat ukuran 800 x 600 pixels. Kamu bisa buat ukuran sesuka hati, karena di illustrator, mau di zoom sebesar apapun tidak akan pecah, karena berformat vektor bukan bitmap seperti di photoshop.

Langkah 2
Masukkan gambar yang disimpan tadi ke dokumen baru di illustrator.

5

 

Langkah 3
Selanjutnya, pilih menu Window – Image Trace.
Akan muncul kotak Image Trace, centang pada Preview, dibagian Preset pilih Black & White Logo, untuk Threshold atur sesuai selera. Disini saya mengaturnya di nilai 150. Maka akan terlihat perbedaan pada gambar tadi.

6

 

Langkah 4
Masih di kotak Image Trace, sekarang pilih Advanced, lalu atur nilai Paths, Corners dan Noise sesuai selera kamu. Atur sedemikian rupa agar hasil tracing semakin bagus.

7

 

Langkah 5
Ketika sudah merasa pas dan cocok, klik Expand yang ada di bagian atas.

8

 

Langkah 6
Klik kanan pada hasil tracing lalu pilih Ungroup. Lalu hapus background gambar. (lihat gambar dibawah!).

9

 

10

 

Langkah 7
Buatlah kotak dengan memilih Rectangle Tool (M) lalu tarik dari sudut kiri atas artboard ke sudut kanan bawah artboard. Berikan warna background untuk Kotak tersebut, disini saya memberi warna merah muda.

11

 

Langkah 8
Terlihat pada gambar ditas (langkah 7), pada hasil tracing masih tersisa putih di bagian bulatan gambar. Untuk menghilangkannya, tinggal menghapusnya seperti biasa. Kemudian seleksi gambar dan titiknya lalu tekan Ctrl + G supaya titik pada huruf (i) bergabung dengan tulisan.

Langkah 9
Percantik hasil vektor dengan memberi warna dan bebarapa efek atau texture pada backgroundnya.
Dan ini hasil akhirnya…

perbandingan

Sangat mudah kan? Jika kamu jago dalam ilmu Hand Lettering, pasti tutorial ini sangat bermamfaat bagi kamu.

Jika kalian berkenan, saya akan sangat senang jika kamu mau meng-upload hasil karya kamu dikolom komentar. Dan jika ada yang tidak kamu mengerti, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar. Saya akan coba jawab semampu saya.

Semoga kalian enjoy dalam mengikuti Tutorial Cara Mengubah Foto Menjadi Vektor dengan Menggunakan Illustrator dan Image Trace ini.

Selamat mencoba 🙂

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *