Mengintip Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak

Mengintip Kampung Berseri Astra di Sungai Jawi Kalimantan Barat pada 17 November 2018. Apa itu Kampung Berseri Astra? jadi, Kampung Berseri Astra atau disingkat KBA adalah program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepadamasyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR, yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA salah satunya ada di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, Pontianak Kalimantan Barat.

Tidak gampang suatu daerah mendapatkan kesempatan program seperti ini, karena harus melewati beberapa terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:

  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim KBA
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Social mapping
  5. Penentuan lokasi KBA
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA

Dengan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

Seiring dengan berjalannya waktu kampung yang berada sekitar sungai jawi dari pusat kota ini didiami oleh para perantau dari berbagai suku di Indonesia salah satunya jawa dan madura yang membaur dan menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat di kampung ini. Hadirnya Astra di kampung ini telah memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat salah satunya yakni pada perbaikan dan penataan jalan di wilayah kampung yang diberi nama Kampung Astra Berseri dengan luas wilayah 221.000 m².

Menurut Riyan selaku Ketua KBA Sungai Jawi Pada program kampung Astra Berseri ini, Astra Group memberikan kontribusi sosial di 4 sektor yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. Pada sektor kewirausahaan (UKM), beberapa masyarakat diberikan modal seperti alat produksi yang mana mereka dibimbing dalam produksi tersebut.

Misalnya pada usaha milik Pak Mawardi yaitu OPAK INDAH, beliau bersama istri (Ponirah) mengelola usaha kerupuk opak yang sudah bergerak sejak tahun lalu. Opak tersebut dijadikan oleh-oleh yang dijual dengan harga cukup terjangkau, dari beberapa informasi yang didapat beliau menjualnya ke pasar, ke rumah warga bahkan ke rumah makan. Penjualan akan ramai ketika bulan puasa.

Tidak hanya opak saja yang diproduksi oleh di UKM OPAK Indah ini, ada juga memproduksi rengginang yang dapat dijual mentah maupun yang sudah digoreng. Untuk harga berbagai variasi bungkusan ada yang 45/kilo bahkan ada juga yang 50/kilo.

Kemudian dalam upaya menciptakan masyarakat yang peduli akan lingkungan, Astra memberikan kontribusi pada sektor lingkungan seperti pembuatan beberapa mural di dinding beberapa lokasi di KBA ada juga mengembangkan kebun TOGA Margo Indah.

Pada sektor kesehatan di KBA Sungai Jawi yakni pendampingan posyandu dimana setiap bulan akan ada penimbangan bayi dan pemberian vitamin di Posyandu Peduli Bangsa.

Reparating atau pengecatan ulang dinding pada lokasi posyandu dan kebun TOGA di RW 16 dengan prinsip gotong royong bersama warga KBA dengan material dari Affco.

Kampung berseri Astra di RW 016, 022 dan 023 Kelurahan Sungai Jawi ini pun juga merupakan target Astra bersama pihak pemerintah Kalimantan Barat dalam menjadikan sebuah kampung menjadi wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Hadirnya Astra dalam program CSR ini telah banyak membantu masyarakat di kampung tersebut. Masyarakat menjadi dapat hidup dengan lebih baik lagi, mereka juga dapat hidup lebih mandiri.

Tidak lupa, juga terdapat plang gerakan “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” yang merupakan wujud kepedulian PT Astra International Tbk untuk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan dalam berlalu lintas.

FYI : Astra Group Kalbar saat ini juga sedang mejajaki kerja sama dengan Universitas Tanjungpura untuk pengembangan lebih lanjut untuk Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, harapannya tahun 2019 akan menambah wirausaha-wirausaha baru yang akan muncul di KBA ini.

Dengan inspirasi 61 tahun Astra yang selalu turut dalam berkontribusi sosial untuk membangun Indonesia, Grup Astra berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan dalam keberagaman dan ikut termotivasi untuk tetap terus membangun Indonesia dengan prestasi. Karena tanpa prestasi Kampung Berserti Astra tidak akan menginspirasi.

Salam Inspirasi, Satu Indonesia…

Be social share!
  • Dwi Wahyudi

    Mantap Astra Indonesia, program CSR nya nyata dan tepat sasaran. Semoga semakin banyak yang terbantukan dengan adanya program CSR ini.

    • Siti Mustiani

      Iya, semoga kampung berserti astra juga memberi inspirasi untuk kampung yang lainnya

  • Ningspara

    Bagus Kak tulisannya. Semoga Kampung Astra ditingkatkan lagi ya. Banyak masyarakat terbantu.

    • Siti Mustiani

      Amiin, agar menjadi inspirasi untuk kampung lainnya juga

  • Isa Oktaviani

    Kampung Berseri Astra, peduli lingkungan, bersih dan asri meski di tengah kota tapi beda dengan tempat pada umumnya

    • Siti Mustiani

      Bener banget, bisa jadi contoh untuk kampung lainnya yang juga berada di daerah perkotaan 😄

  • M. Teguh

    Mantap kak, semoga ada lagi KBA didaerah lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *