Serunya Hidup di Era Digital, Ajak Siswa Memanfaatkan Media Online

Sebagai guru yang bisa dikatakan guru jaman NOW, haaha jadi saya adalah salah satu guru di salah satu sekolah swasta di Kalimantan Barat. Sekolah yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap ditambah saya sendiri lulusan sarjana komputer dari kampus swasta di Kalimantan Barat. Yang namanya Era Digital pastinya harus update dong.

Memilih menjadi seorang guru telah memberi diri saya sendiri sebuah tantangan bahwa ilmu yang saya dapatkan dapat berguna untuk masyarakat. Tantangannya diantaranya saya merupakan lulusan teknik komputer bukan ilmu pendidikan sehingga sangat minim sekali saya dalam ilmu pendidikan, apalagi siswa yang saya ajari ini adalah siswa SMP dan SMA dimana juga sudah melek dengan namanya teknologi.

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui  bahwa dalam Kurikulum Pendidikan Nasional di Indonesia saat ini mentiadakan pelajaran TIK. Pelajaran TIK kini diganti dengan pelajaran Prakarya, wah! aku harus ngajar apaan ini sedangkan ilmu IT merupakan ilmu yang menurut saya sangat penting agar kita tetap melek dengan yang namanya teknologi.

Nah, berikut ini cara saya mengajar Prakarya dengan memanfaatkan Media Online di Era Digital.

1. Memanfaatkan E-Mail

Dikelas saya semua siswa diwajibkan mempunyai e-mail, tanpa diwajibkan pun sebenarnya kita yang hidup di era digital saat ini diharuskan memiliki email selain digunakan untuk mengirim surat elektronik email juga digunakan sebagai pembuatan akun sosial media lainnya. Jika tidak ingin dikatakan ketinggalan jaman atau kudet (kurang update) memaksa kita untuk bisa menggunakannya, karena digunakan berbagai banyak keperluan.

Email dalam kelas digunakan untuk membuat akun lain seperti whatsapp, facebook, instagram dan juga media untuk pengumpulan tugas berupa file artikel atau desain project.

2. Desain Grafis

Beberapa PRAKARYA yang saya ajarkan dibuat dengan cara digital dengan memanfaatkan aplikasi Desain Grafis seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, Canva, Movie Maker dan lain sebagainya. Siswa diajak mendesain seperti produk, cover majalah, infografis, desain logo dengan memanfaatkan dan mengembangkan skill teknologi informasi.

Secara tidak langsung siswa belajar Prakarya sekaligus belajar Teknologi Informasinya juga. Kemudian desain tersebut diimplementasikan ke produk nyata, misalnya dicetak kemudian dapat digunakan.

3. Kuis Online

Setelah siswa-siswa dapat memahami tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulumnya, siswa diajak untuk melakukan skill test yaitu menguji kemampuan siswa dalam pemahaman materi. Saya menggunakan aplikasi kuis berbasis online, seperti games kahoot.it. Siswa cukup login dengan bersamaan dalam satu room game, kemudian menjawab dengan cepat dan benar pertanyaan sesuai pertanyaan yang ditampilkan di layar dan langsung diketahui skor dan ratingnya.

Game ini menyenangkan sekali karena, anak-anak merasa tertantang untuk memenangkan permainan.

4. Nge-Blog

Karena saya sendiri adalah seorang blogger, beberapa siswa saya juga memiliki bakat menulis semua siswa saya diajak untuk menumpahkan bakatnya dalam blogging. Awalnya saya memberikan gambaran beberapa manfaat dalam dunia blogger. Mereka mulai tertarik, dimana dalam blog tersebut saya menyarankan untuk sharing tentang hobby mereka masing-masing, sharing ilmu bahkan share karya desain grafis mereka di blog masing-masing

Menyengkan sekali, bahkan beberapa siswa yang benar-benar serius untuk menjadi blogger sampai nanya gimana caranya buat domain profesional seperti saya. Saya sarankan menggunakan domain dari Domainesia

Caranya gampang banget, misalnya seperti ini, kamu buat akun dulu, kamu hanya perlu mengunjungi halaman signup kemudian mengisi detail informasi. Lalu kamu akan mempunyai akun baru di DomaiNesia yang dapat digunakan untuk melakukan order layanan kami dan lain sebagainya. DomaiNesia memiliki hosting dan domain serta layanan SSL murahVPS, dan Instant Deploy. Untuk lebih jelas dalam membuat akun di DomaiNesia silakan lihat panduan gambar dibawah ini:

Memilih Sign Up

Untuk membuat akun di DomaiNesia, silahkan buka website DomaiNesia https://www.domainesia.com lalu klik Sign Up.

Mengisi Data Diri

Kemudian silahkan isi data lengkap kamu. Tulis nama depan, nama belakang, institusi, email, dan password. Email dan password ini nanti akan menjadi akun kamu ketika login DomaiNesia. Apabila telah selesai silahkan klik Lanjut.

Kemudian kamu harus mengisi beberapa hal lagi. Silahkan tulis alamat, kemudian pilih negara. Lalu pilih nama provinsi. Untuk nama kota, silahkan tulis sesuai dengan kota di mana kamu tinggal. Akan ada pilihan kota, silahkan klik nama kota tersebut. Jangan lupa untuk menuliskan kode pos, nomor telepon, nomor HP dan pilihan darimana kamu tahu DomaiNesia. Selalu beri tanda centang pada tulisan “Saya telah membaca, memahami dan menyetujui Terms of Service”. Setelah itu klik Sign Up.

Akun DomaiNesia Telah Sukses

Voila! Akun DomaiNesia telah berhasil dibuat. Sekarang kamu dapat menikmati segala fasilitas yang ada di DomaiNesia. Silahkan beli domain hosting dan #ciptakanwebsitemu sekarang! Setelah beli domain dan hosting, lalu apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara membuat website sendiri? Ada nggak cara instan membuat website tanpa pusing memikirkan bahasa pemrograman? Yuk baca Yang Harus Dilakukan Setelah Domain Hosting Aktif dan ketahui cara hosting web dengan mudah.

Gimana mudah bukan?

DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting , dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. DomaiNesia ini berdiri sejak tahun 2009, Kami terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien.

Terus, kalau udah punya akun. Saya sarankan sih menggunakan platform WordPress karena lebih mudah mengoprasikannya. Kemudian buat deh websitenya di Domainesia.

Adapun caranya berikut ini:

Masuk ke Akun DomaiNesia

Buka web browser kemudian ketikkan https://www.domainesia.com lalu pilih sign in.
enter image description here
Lalu Login menggunakan username dan password kamu. Username dan password ini merupakan akun kamu pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain atau hosting. Bukan username dan password dari cPanel.
enter image description here

Memilih Menu Web Apps

Untuk melakukan pemesanan secara instant deploy, maka pilih Web Apps.
enter image description here

Kemudian pada bagian dashboard, terdapat berbagai macam cms yang dapat kamu install. Terdapat berbagai kategori yaitu Blog, Toko Online, Developer, Forum dan lainnya.

Memilih WordPress

Untuk melakukan instant deploy WordPress maka silahkan klik Blog lalu pilih WordPress. Setelah selesai, silahkan klik Activate. Bagi kamu yang masih awam, DomaiNesia menyediakan panduan membuat website terlengkap menggunakan WordPress lho. Silahkan klik Download panduanuntuk mendapatkan ebook cara membuat website dengan WordPress.

Memilih Hosting dan Domain

Kemudian pilih hosting yang kamu inginkan. Untuk memilih hosting, kamu tidak perlu bingung. Dapat kamu lihat di Panduan Memilih Hosting. Lalu pilih lokasi server, untuk panduannya dapat dilihat di Panduan Memilih Server. Jangan lupa untuk mengatursiklus atau waktu penyewaan hosting sesuai keinginan.
enter image description here
Lalu isikan nama domain sesuai keinginan. Pilih durasi waktu penyewaan.
enter image description here

Menambahkan Akun WordPress

Masukkan email dan password untuk wordpress yang akan kau deploy
enter image description here

Menyelesaikan Trolli

Maka akan muncul total biaya yang harus kamu bayar. Setelah itu klik pada Masukkan Trolli.
enter image description here
Kamu akan dibawa ke dashboard keranjang belanja. Pada dashboard tersebut akan terlihat item pesanan kamu. Yaitu pemesanan hosting dan instant deploy wordpress beserta nama domain. Untuk menyelesaikan pemesanan, kamu dapat klik Selesaikan & Bayar. Untuk menambah pesanan klik Tambah Pesanan.
enter image description here

Menyelesaikan Invoice

Maka kamu akan mendapat invoice seperti gambar. Cek email, dan segera lunasi pembayaran kamu. Setelah lunas, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai hosting dan domain.
enter image description here

Kustomisasi Tampilan

Step terakhir yaitu, kamu dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi kamu yang belum memiliki template tertentu, kamu dapat memilih template yang Kami sediakan. Silahkan klik salah satu template yang kamu inginkan! Dengan memilih template pada awal instalasi, maka kamu akan lebih mudah dalam mengatur dan melakukan kustomisasi website. Namun, bagi kamu yang telah memiliki template sendiri, bisa langsung klik tombol berwarna hijau yang bertuliskan Login ke Admin Panel. Maka, kamu akan langsung diarahkan ke halaman login admin website. Agar lebih paham mengenai apa itu wordpress dan berbagai tahapan dalam kustomisasi, dapat dilihat di Panduan WordPress

Nah, mudah bukan? itu beberapa Serunya Hidup di Era Digital sekaligus ajak Siswa Memanfaatkan Media Online yang lebih bermanfaat kamu juga bisa melakukannya. Kalau menurut kamu? ada ide lain? share dong di kolom komentar. Jangan lupa bagikan tulisan ini jika menurut kamu bermanfaat.

Be social share!
  • Fachrur Rozi

    Sangat bermanfaat dengan hidup di era digital ini apalagi mengajak siswa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

  • SQ

    mantap ni, dengan pendidikan semuanya akan menjadi terang benderang, dunia digital perlu sinar terang agar tetap on the track

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *