Traveling di Alam Indonesia, 10 Hal Ini Pernah Saya Lakukan. Apakah kamu juga?

Kecintaan saya dengan dunia traveling membuat saya semakin cinta dengan Indonesia, karena di Indonesia punya banyak tempat yang gak akan habis kalau di explore, berutung banget bisa tinggal di Indonesia.Nah, dari pengalaman traveling saya di Alam Indonesia hal-hal berikut ini pernah saya lakukan. Hal yang wort it banget dan tidak akan dilupakan seumur hidup saya hehe.

1. Camping di Gunung dan Lihat Sunrise

Camping di Gunung dan Lihat Sunrise, hal yang paling sering saya lakukan baik di Kalimantan atau luar Kalimantan, namun yang paling exited adalah ketika naik gunung tertinggi di Jawa Timur, yak Semeru, pertama kali juga naik gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl.

Naik gunung belum sah kalau belum lihat sunrise nya juga, karena itu udah satu paket. Lihat sunrise dari ketinggian itu hal wajib dilakukan ketika naik gunung. Untuk menikmatinya kamu harus bangun lebih bagi atau summit pas tengah malam, kecuali cuaca tidak mendukung ya, pengalaman di kalimantan saya sempat sekali gak lihat sunrise pas naik gunung, karena waktu itu hujan. Tak masalah, aku tetap menikmatinya, karena itu artinya aku harus pergi lagi.

Sunrise terbaik saya temui adalah di Puncak Mahameru, karena disana kita dapat melihat gumpalan awan yang mengiringi terbitnya matahari, melihat hampir seluruh kota sekitaran malang, di bagian barat kamu akan melihat bayangan gagahnya puncak gunung semeru ini, oh ya satu lagi bonus setiap 10/15 menit kita akan menyaksikan gumpalan asap yang disebut wesus gembel dari Kawah jongring saloko.

2. Nyebur / Lombat dari Atas Tebing dan Berenang di Air Terjun

Tahukah kamu kalau di Indonesia ada lebih dari 700 Air terjun, wow banget kan? dan dari sebanyak itu masih ada air terjun yang masih sama sekali disentuh oleh manusia dan masih terjaga keasriannya. Takjub banget kan? saya sendiri sudah lupa sudah berapa kali mengunjungi air terjun.

Hal yang suka saya lakukan kalau ketemu air terjun adalah berenang, nyebur bahkan lompat dari tebing, yang pasti harus extra hati-hati ya hehe. Berenang di salah satu air terjun Riam Berawan ini, merupakan hal yang benar-benar menjakjubkan, dibawah air yang jatuh dari ketinggian 12 meter, kemudian sejuknya air pegunungan ditambah lagi percikannya juga membentuk pelagi yang cantik.

3. Liburan Dadakan

Liburan dadakan mah udah sering banget, tapi yang paling wort it waktu saya ke bukit jamur, saya yang belum pernah ke bukit jamur dimana bukit jamur udah nge-hits sejak lima tahun lalu. Persiapan hanya tiga jam sebelum keberangkatan, saya ingat waktu itu masih ada workshop di sekolah dan bela-belain pulang awal ngebut ngerjain project biar cepat selesai.

Tidak membutuhkan waktu yang lama traveling kala itu, cukup satu hari satu malam saja saya terpuaskan dengan pemandangan indah wilayah Bengkayang, Kalimantan Barat.

4. Tersesat tanpa Google Maps, tapi Malah Ketemu Tempat Bagus

Pernah gak sih kalian, nyasar tapi malah ketemu tempat yang bagus? nih aku pernah, waktu itu pergi berempat aja (cewek semua) tujuannya ke Danau Lait dan belum pernah pergi sebelumnya.

Karena gak tau lokasinya jadi kita pergi dengan menanyakan tempat tujuan dengan warga lokal. Karena nanya nya mungkin gak detail, kami tersesat mau buka Google Maps daerahnya gak ada sinyal sama sekali, tapi hal itu malah membawa kami ke tempat yang cantik dekat dengan danau lait. Kami berhenti sampai sore, ternyata suasananya makin cantik makin sore. Kemudian pulang, untungnya lagi kami masih ingat jalan pulang hehe.

5. Snorkeling di Pulau Terpencil

Lemukutan merupakan pulau kecil di luar Kalimantan, untuk mengunjungi pulau ini dibutuhkan waktu sekita 2 jam dan menumpang di kapal nelayan. Untuk pribadi yang belum sama sekali senorkeling, dan untung nya aku punya skill berenang hehe saya pun meng iya kan untuk diajak senorkeling, karena di pulau ini belum disediakan alat senorkeling kami bawa sendiri.

Sebenarnya sih pengen nyoba diving langsung, tapi belum punya alatnya dan belum ada pemandu jadi belum berani hehe, tak apa hanya dengan senokeling saja kita udah bisa nemu sebagain kecil indahnya alam laut Indonesia.

Nature is my happiest element, kalau ditanya kenapa suka jalan jalan ke alam? Karena di alam aku bisa nemuin the best version of myself. Alam juga menjadikan setiap perjalananku lebih bermakna karena mengajarkan untuk menghargai lingkungan sekitar dan mengenal diri sendiri lebih dalam.

6. Jalan Kaki di Padang Rumput

Pas kesini aku baru tau kalau ada padang rumput seperti bukit teletubis di dekat perbatasan Kalimantan, daerah cukup luas dan isinya rumput ilalang yang ijo ijo gini. Banyak yang mengira saya sedang di Luar Negeri, padahal ini loh Indonesia. Jalan dikit aja udah nemu tempat yang cantik kayak gini.

7. Camping di Pinggir Pantai

Biasanya camping di bukit, gunung atau tempat yang tinggi tinggi gitu tapi kali ini beda, karena campingnya di tepi pantai, hehe. Suasanya jadi gak seperti biasanya, ketika tidur di tenda terdengar suara ombak.

Pertama kali saya camping di pinggir pantai adalah di Pantai Kura-Kura (Bengkayang) kurang lebih sekitar 3 hari. Waktu itu lagi musim liburan lumayan lama dan bingung mau ngapain dan kemana, diantara teman-teman yang lain. So, setiap ada yang ngajakin pergi saya langsung ayok aja.

8. Tinggal di Kapal / di Tengah Laut selama 2 – 3 hari

Hayoo siapa yang pernah tinggal di kapal/tengah laut sampai 2 atau 3 hari kayak aku? haha ini benar-benar hal yang wajib kamu coba kalau kamu benar-benar traveler sejati. Pengalaman saya naik kapal ketika liburan panjang dari Kalimantan ke Pulau Lombok, nah loh itu saya di atas kapal dua hari tiga malam tepatnya.

Milih naik kapal dengan alasan bisa bawa kendaraan, jadi pas di daerah tujuan gak perlu sewa kendaraan lagi (biar hemat). Tidak ada salahnya juga naik kapal kalau traveling, kamu bisa puas menikmati laut di Indonesia. Kalau lagi beruntung, coba saja siang-siang keluar dari dalam kabin, kamu bisa ketemu lumba-lumba atau pas pagi lihat sunrise atau sore lihat sunset yang terlihat timbul tenggelam di tengah laut

9. Naik Bis Antar Daerah diatas 8 jam

Naik bis diatas delapan jam, siapa takut. Kala itu perjalanan menuju perbatasan Entikong Kalimantan Barat, memakan waktu cukup lama didalam bis hingga berjam-jam, karena perjalanannya dilakukan malam hari gak terasa sampai ke tempat tujuan sudah pagi.

Pengalaman yang tidak dapat dilupakan adalah ketika kami sampai di perbatasan daerah yang cukup melangkahkan kaki kita sudah menginjak tanah negara tetangga. Alamnya pun masih alami, banyak pegunungan walaupun ini bukan tempat wisata tapi kita tetap bisa menikmati alamnya.

10. Numpang Tidur di Rumah Warga Lokal Random

Tidak perlu takut untuk travelling di Indonesia, karena orang Indonesia itu ramah dan baik hati, saya pernah menumpang tidur di rumah warga tepatnya di Gubuklakah, Malang Jawa Timur. Saat itu kami sedang numpang berteduh di dekat surau karena hujan yang cukup deras ditambah cuaca di malang saat itu cukup dingin untuk kami pendatang dari Kalimantan.

Namanya Pak Hadi yang tinggal bersama istrinya, keluarga yang sederhana dan baiknya tak terhingga beliau banyak sharing kepada kami apalagi kami dari daerah yang cukup jauh yaitu Kalimantan, sampai saat ini pun pak hadi sering menanyakan kabar kami. Waktu itu kami sempat menginap dan diberi makan. Nanti kalau ada kesempatan lagi ke Malang, saya akan kerumah pak Hadi lagi.

Salah satu bumbu manis dari sebuah perjalanan adalah bertemu dengan orang-orang baru yang tak terduga kadang kala, terkadang kita harus membuka diri agar bisa cepat akrab dengan orang-orang baru

Gimana menurut kalian, apakah saya sudah dapat dikatakan sebagai traveling sejati? haha ini masih sebagain kecil pengalaman traveling saya  di Alam Indonesia. Ini membuktikan bahwa betapa Wonderful nya Indonesia dan merupakan tempat yang layak untuk dieksplore namun hal penting dan harus diingat untuk para travelers adalah tetap dijaga alamnya. Btwe cerita dikit dong pengalaman kamu di kolom komentar hehe.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba dari Wonderful Indonesia (indonesia.travel) dalam Wonderful Indonesia Blog Competition yang berlangsung hingga 4 Desember 2018. Kalian juga bisa ikutan, yuk buran tuliskan cerita kamu tentang pengalaman kamu dengan Indahnya Indonesia karena banyak kesempatan menangnya, jangan lupa share di social media Twitter serta Instagram melalui hashtag #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

Be social share!
  • Ega Tiara

    Yap! Satu di antaranya emang paling berkesan dan aku juga pernah. Naik gunung buat liat sunrise plus bulan purnama pulaa..😍

  • Isa

    keliling Indonesia mungkin seperti menapaki surga dunia

    • Siti Mustiani

      bener banget, gak nyesel tinggal di Indonesia deh pokoknya

  • M. Teguh Budianto

    Wah sangat keren, jadi ingin menjelajah ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi dan keindahan Indonesia tidak ada habis-habisnya. Mantap kakakk

    • Siti Mustiani

      Thanks Teguh, memang gak pernah bosen pokoknya traveling di Indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *