Astra Motor Edukasi Safety Riding kini Giliran IKIP PGRI Pontianak

Dalam rangka meningkatkan tertib berlalu lintas di kalangan mahasiswa, Satlantas Kapolresta Pontianak Kota bekerjasama dengan Astra Motor Pontianak beserta jajaran terkait di pemerintahan Kota Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Goes To Campus dengan tema “ Kampus Pelopor Tertib Berlalu Lintas “ untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada mahasiswa/i yang datang dari perwakilan fakultas IKIP-PGRI. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 11 Desember 2018 di Halaman IKIP – PGRI Pontianak yang diikuti oleh 100 an mahasiswa/i.

Kegiatan ini peserta yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan mulai apel gabungan pagi yang di ikuti mahasiswa, dinas perhubungan Kota Pontianak, PT. Jasa Raharja Kalbar serta anggota Lantas Poresta Pontianak Kota, Diskusi Panel Keselamatan, Layanan perpanjangan SIM, pemeriksaan kesehatan gratis serta Praktek Safety Riding yang di pandu oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor dan di lanjutkan pemasangan PIN Pelopor Tertib Berlalu Lintas kepada Mahasiswa/i Kampus IKIP – PGRI Pontianak.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa/I yang hadir mengikuti pembekalan praktek keselamatan berkendara mulai dengan penggunaan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan, teknik berkendara yang benar serta  postur tubuh yang disarankan saat berkendara.

Tak lupa team Honda mendatangkan layanan Service Mobile guna membantu pengecekan perawatan sepeda motor para mahasiswa/I yang hadir secara gratis bagi mahasiswa/I yang menggunakan motor Honda dalam kegiatan tersebut.

Instruktur Safety Riding Astra Motor, Dony Adrian mengatakan mahasiswa/i memiliki peranan penting dalam upaya mengkampanyekan keselamatan berkendara untuk menekan angka kecelakaan lalulintas. Mahasiswa/i memiliki sikap yang cenderung homogen dan mudah dalam memberikan pengaruh kepada rekan mahasiswa/i lainnya. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan mahasiswa pelopor keselamatan berkendara yang hadir dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada mahasiswa/i lainnya ” ungkap Dony.

“ Kita sebagai mahasiswa/i yang taat hukum, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Windi  salah satu peserta.

Dony Adrian, menjelaskan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

Faktor kendaraan

Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita memastikan apakah kendaraan kita sudah layak pakai. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Lingkungan dan cuaca

Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya

Faktor manusia

Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI, jaket, sarung tangan, celana panjang , dan sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Dengan kegiatan edukasi safety riding yang diperuntukkan bagi para Mahasiwa/Mahasiswi IKIP PGRI Pontianak, Astra Motor sangat berharap kepada para Mahasiswa dapat menyebarkan virus berkendara yang baik dan benar kepada masyarakat tentang pentingnya taat berkendara.

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *