Kurang Piknik? Ke Mangrove PIK Aja Yuk!

Setelah beberapa hari mulai suntuk di Jakarta karena di apatermen mulu, untungnya Jakarta masih punya tempat pelarian yang seru buat hilangin penat. Salah satunya Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk, tapi lebih dikenal dengan Mangrove PIK karna memang letaknya yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Mangrove PIK ini tempat wisata alam paling gampang dicapai menurut saya, karna ada berbagai kemudahan yang bisa kalian pilih untuk tiba di tempat hits yang satu ini, diakhir artikel saya kasih tau caranya yaa.

Dari sekian banyak cara, saya memilih berangkat dengan ojek motor online (karna memang deket bgt klo lewat tol). Awalnya saya gak mau ber-ekspektasi tinggi karna datang di hari Minggu, pokoknya ikhlas deh kalo emang pengunjung membeludak. Etaunya, gak ada antrian di pintu masuk! Hamdallah, mungkin karna saya datang pagi-pagi jadi belum terlalu ramai. Ditambah tempatnya yang luas jadi ramepun masih nyaman. Harga tiket masuknya dewasa 25.000/org, anak-anak 10.000/org.

Dari pintu masuk kita sudah mulai dapat menemukan banyak tumbuhan bakau. Butuh berjalan sekitar 5 menit untuk tiba di spot utama yakni jembatan kayu yang melayang di tengah hutan mangrove. Karena banyak berjalan kaki di atas jembatan, sebaiknya kalian aware dengan alas kaki yang digunakan ya. Pastikan pakai yang aman dan nyaman. Senang rasanya bisa kembali berada di tengah-tengah hutan bakau, karena saya pikir di Jakarta gak ada wisata hutan-hutannya.

Serunya Mangrove PIK ini, pengunjung gak cuma akan terus berjalan di atas jembatan. Tapi juga ada daratan dimana ada banyak fasilitas seperti toilet, mushollah, restaurant juga berbagai macam spot foto kece untuk dinikmati. Bahkan ada juga camping ground dan penginapan seperti villa bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Mangrove PIK ini juga menyediakan wisata penanaman mangrove bagi pengunjung. Karena di sana terlihat jelas, ada banyak tanaman mangrove yang diberi label instansi atau perusahaan yang telah melaksanakan CSR dengan menanam mangrove. Ada juga beberapa fasilitas kamar penginapan yang mengapung di atas air. Bangunan berbentuk segitiga inilah yang menjadi icon atau sering dipakai untuk pemotretan prewedding. Kalian gak minat?? Cari jodohnya dulu kaleeeeeee

Belum sempat ke area pantai, saya udah cukup merasa kelelahan. Karena memang hari itu cuacanya sampai 35 deracel, jadi yaaa kapan-kapan aja deh main lagi yaaa. So far untuk harga 25.000, Mangrove PIK ini berhasil mengobati saya yang kurang piknik karena belakangan rajinnya cuma ke mall. Yah namanya punya bocah, ke mall apalagi yang dicari kalo bukan Funworld atau Timezone -____-

Good to know:

  • Perizinan mengambil foto dengan kamera selain kamera ponsel/HP Rp 1.000.000 (bisa untuk 7 orang)
  • Paket wisata menanam mangrove Rp 150.000
  • Paket menanam mangrove dengan papan nama instansi/ pribadi Rp 500.000

How to get there:

Dengan Transjakarta:
Naik koridor 9A jurusan Pinang Ranti-Pluit lalu turun di Pluit Village Mall. Dari situ lanjut menaiki angkot merah nomor B01 jurusan Grogol-Angke dan turun di gerbang Pantai Indah Kapuk. Dari situ, kamu sudah memasuki daerah Pantai Indah Kapuk. Steady Safe non AC no 37 jurusan Blok M-Muara Angke. Melalui Tol Dalam Kota: Ambil pintu keluar Pluit, setelah menemukan Mega Mall Pluit, jalan terus hingga masuk ke Jalan Muara Karang. Setelah melewati jembatan lurus sampai Pizza Hut lalu belok kiri dan masuk ke kawasan PIK.

Melalui Tol Bandara:
Setelah melewati tol pilih gerbang tol keluar Pantai Indah Kapuk.

Dengan Commuterline:
Start Stasiun Pondok Ranji turun di Stasiun Palmerah, lalu berjalan kaki ke halte busway transjakarta Grogol Petamburan. (cukup jauh bagi yang tidak terbiasa berjalan kaki), kemudian turun di halte Semanggi untuk berganti bus transjakarta Blok M-Kota, lalu turun di halte Monas. Di sana kita tinggal menunggu BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) Jurusan PIK. Untuk menuju hutan mangrove maka kita turun di depan yayasan Budha Tzu Chi

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *