Explore Riam Ampang di Kabupaten Bengkayang

Bengkayang, ibarat wilayah yang terlalu melankolis dan romantis. Siapapun yang datang, ia akan terlena, merasa dicumbu berkali-kali dan dipeluk erat setiap pertemuan dengan suasananya. Hingga pada saatnya lupa akan jalan pulang. Setiap singgah di Bengkayang, aku belum merasa bosan secuil pun, begitu juga tidak ada alasan untuk tidak datang kembali.

Santai di Riam Ampang

Bengkayang tidak terlalu berbeda dengan daerah pegunungan lainnya yang ada di bumi pertiwi. Hanya saja selalu memiliki keistimewahannya sendiri, salah satunya terdapat banyak air terjun yang menawarkan pesona alamnya. Namun untuk di daerah Kalimantan air terjun kadang kala akrab disebut dengan riam.

Nah, Edisi Explore Bengkayang kali ini giliran Riam Ampang, Air Terjun dengan ketinggian 10 meter yang terletak di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Menjadi destinasi pertama wisata alam saya di tahun 2019. Semoga ditahun ini bisa menulis lebih banyak lagi.

Perjalanan dari pontianak ditempuh sekitar 4 jam sampai di Pasar Bengkayang, kemudian ke Sanggau Ledo, sebelum menuju lokasi Riam Ampang kami mampir di Riam Panggar (tulisan tentang riam ini, menyusul), kemudian perlanan dari sanggau ledo menuju riam Ampang sekitar 30 menit. Dengan berjalan pelan dari area parkir dengan memasuki kebun lada milik warga sekitar 10 menit kita sudah sampai di lokasi Riam Ampang.

Suatu kebanggaan, ada yang mengobati dari berawai yang kudapati, ya seperti di Riam Ampang misalnya. Di sini aku tak merasa kesepian atau sedih sedikitpun, karena ada hal yang bertolak belakang 180 derajat dari kota Pontianak, panas dan riuh. Begitu juga dengan beberapa spot asyik untuk berswafoto.

Jernihnya air di Riam Ampang

Suasana di Riam Ampang ini benar-benar sejuk, airnya sangat jernih. Menurut Yandy kalau kita sedang beruntung saat itu ketika datang ke Riam Ampang, biasanya airnya sedikit keruh karena sehabis hujan.

Banyak yang dapat kita lakukan di Riam Ampang ini selain berswa foto, misalnya berenang, hammock-an, bahkan kamu bisa mencoba lompat di beberapa tebing sekitar riam tersebut sekedar menguji adrenalin.

Happy Weekend
Santai di Riam Ampang
Penikmat Riam Ampang

Sedikit kecewa karena beberapa masih membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal sudah banyak tempat sampah yang tersedia. Siapa lagi kalau bukan manusia? Sebagai penikmat alam, sebaiknya kita sadar betul dengan tetap menjaga alam tetap bersih, bawa pulang sampah kalian!

Short Tips

Kawasan Riam Ampang mudah dijangkau sekitar 5 km dari pasar sanggau ledo, namun jalanan cukup sempit untuk dua mobil, harus ada yang mengalah untuk mundur. Tempat wisata yang ramah di kantong, hanya berkisar 5 ribu rupiah. Silakan gunakan costume yang cocok untuk alam, jangan gunakan wedges atau high heels, niscaya kau terpeleset.

Jadi, kapan kalian terakhir piknik? Ehehe 😅

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *