Saya dan Komunitas Blogger Pontianak

Tulisan saya kali ini agak random ya, kebetulan pengurus blogger pontianak sudah masuk ke generasi kedua, yang diketuai oleh Fahrul Rozi yang sebelumnya adalah bang Edo. Saya sedikit flash back juga awal mula saya nge-blog dan bertemu dengan Komunitas Blogger Pontianak ini.

Sejarah Memulai untuk Nge-Blog

Oke, awal saya tau Blogger ini udah lama waktu SMP sepertinya saya udah tau dan sempat membuat blog ter 4L4Y yang pernah ada, dan blog nya masih aktif sampe sekarang, mau dihapus tapi lupa sama password nya, seingat saya daftarnya pakai email dari Yahoo.

penampakan smustiani.blogspot.com

Kemudian saya lulus SMA sekitar tahun 2013 saya dapat informasi lomba desain blog ICT di kantor Bupati Kubu Raya (saat itu Bupati Kubu Raya masih pak Muda Mahendrawan), saya yang tidak tau apa-apa langsung iseng-iseng ikut aja.

Nah, di lomba tersebut saya kenal dengan Yunita Wardani lulusan dari MAN 2 Pontianak, kami seangkatan dan dia jago banget bahasa inggris nya, karena baru lulus SMA waktu itu kegiatan kita sambil belajar SNMPTN untuk test masuk ke Universitas Tanjungpura dia ada mengajariku beberapa cara untuk menjawab soal tes tersebut.

Kami tidak sempat berfoto bersama, tapi sempat tukaran Pin BBM, setelah itu tidak pernah berjumpa lagi, tapi kami saling follow instagram sekarang. Haha. Di Lomba ICT tersebut saya juga bertemu dengan kak Ira tapi gak kenal dekat, kemudian ketemu sama kak ira lagi di kampus STMIK Pontianak yang saat itu juga mengadakan lomba blog tahun 2013.

Lanjut kisah nge-blog saya bersama kak ira, kak ira ini mahasiswa dari BSI Pontianak yang melanjutkan S1 nya di STMIK Pontianak. Awal kenalnya kebetulan kami masuk disalah satu kelas pada mata kuliah Sistem Basis Data. Kebetulan STMIK juga ngadain event tahunannya, satu diantara lombanya adalah desain blog. Yaudah kita ikut mewakili kelas A5.

Tema lomba saat itu adalah “Peran IT dalam mewujudkan Pontianak sejahtera”, beruntungnya kami saat itu mendapatkan juara pertama. Yeay, tapi sayangnya kak ira gak datang saat penyerahan hadiah.

Penyerahan Hadiah Lomba Web Design Blog
Bersama Kak Ira

Kak Ira lulus duluan, saya masih kuliah karena saat itu saya masih di semester 2, kak ira sekarang sepertinya tidak melanjutkan menjadi seorang blogger, sekarang dia punya hoby baru yaitu cosplayer, but terima kasih kak ira atas pengalaman berharganya.

Oke, lanjut. Awal tahun 2014 saya kenal sama bang Ari Ashari di STMIK Pontianak tapi beda jurusan, beliau seorang teknisi di SMA Muhammadiyah Pontianak. Saya sempat ditawari untuk mengajar di SMK Muhammadiyah 2 Pontianak (sekolahnya satu gedung gitu) kurang lebih 1 tahun mengajar Produktif & Multimedia, saat itu saya dikenali juga sama teman-temannya seperti Bang Feri Harjulianto (mahasiswa Kimia UNTAN) dan Willy Robertus (siswa SMA Santo Petrus), disinilah blog sitimustiani.com lahir.

Blogger Pontianak 2014

Dengan keisengan saya, yang kepingin punya blog pribadi diwujudkan deh sama bang Feri, hostingnya gratis dari Willy. Seneng banget aku tuh. Nah, karena udah punya blog pribadi dan saya keliatan rajin nulis juga, diajakin gabung ke Komunitas Blogger dimulai dari join group Komunitas Blogger Pontianak di Facebook.

Di Komunitas ini saya belum banyak kenal sama blogger-blogger yang sekarang udah terkenal, kayak priangga, liu purnomo, andre, ero, ahmad rizaldy, chintia eh ada radit juga kebetulan saya dan radit satu kampus. Komunitas Blogger nya saat itu belum terorganisasi seperti sekarang.

Dari Komunitas ini saya banyak belajar, gimana mulai edit-edit template, buat tulisan yang menarik dan mulai diundang juga untuk datang ke berbagai acara seperti workshop berbasis remaja dari dinas lingkungan hidup misalnya.

Pertama kali diudang event blogger 2015

Oh ya disini juga ku pertama kali kenal Nova, dulunya blogger juga tapi vakum karena ingin fokus untuk bisnis kue. Semenjak saat itu kita jadi sering ikut beberapa event menarik di kota Pontianak salah satunya WWIM 11 Pontianak, saat itu komunitas instagram lagi populer-populernya.

Asal Mula Buda’ Blogger

Penamaan buda’ blogger pertama kali dicetuskan oleh Ero Pradolly Prasitha dan Feri Harjulianto. Mereka mengusung nama ini karena sangat khas mengarah pada kota Pontianak dan menjadi identitas dari Komunitas Blogger Pontianak. Buda‘ (bahasa Melayu) = sebutan untuk anak. Buda’ Blogger (Anak Blogger).

Buda Blogger awal 2016

Para blogger yang tergabung di Komunitas Blogger Pontianak selalu aktif mengadakan kegiatan bersama, seperti kopdar (kopi darat) rutin. Tidak hanya itu, para anggotanya juga selalu aktif berbagi informasi dan ilmu di group Whatsapp. Tujuannya, agar sesama blogger terjalin tali silaturahmi dan saling berbagi informasi atau ilmu seputar blog, internet dan berbagai hal lainnya, termasuk mengadakan kegiatan sosial.

Tahun 2016 Komunitas Blogger Pontianak mulai ramai, paling ramai waktu diundang ke acara Asus ZenTalk di Hotel Aston Pontianak

Blogger di Acara Asus ZenTalk 2016

Di tahun yang sama saya juga diundang oleh Smartfren dan dikasi hape gratis untuk blogger yang datang. Saya bersyukur karena dari beberapa blogger saya sering dipilih untuk hadir diacara.

Handphone Gratis dari Smartfren 2016

Komunitas ini mulai terorganisasi akhir tahun 2016, ketua terpilih yaitu bang Edo Pradana Prasitha dengan 5 pengurus lainnya di Forum Komunitas Blogger Pontianak saat itu semua anggota blogger wajib memasang logo di slide bar blog masing-masing, seperti punya saya saat ini.

Menjadi seorang blogger semakin hari semakin terasa menguntungkan, namun karena ditahun yang sama saya juga berjuang untuk menyelesaikan kuliah saya di STMIK Pontianak, karena juga butuh uang yang banyak, menjadi blogger saja menurut saya belum cukup untuk membiayai kebutuhan saya sebagai mahasiswa di kampus yang tergolong mahal, selain blogger saya bekerja sebagai staf ICT di Sekolah Tunas Bangsa.

Cari berita untuk tulisan blog tahun 2017

Setelah lulus kuliah passion saya yang suka jalan-jalan mulai bermunculan, dan saya mulai banyak menulis tentang traveling di blog ini. Disini saya mulai merasa waktu tidak dapat diulang, saya ingin setiap perjalanan saya dapat direkam dan dibaca kembali suatu saat nanti.

Menjadi seorang karyawan yang memiliki waktu yang sangat terikat, membuat saya menolak beberapa ajakan event dari KBP, tapi kalau undangan blogger nya malam atau saat weekend sih tetep datang.

Jumlah anggota blogger pontianak semakin ramai, terakhir saya menulis artikel ini KBP beranggotakan 119 blogger. Dibawah kepengurusan blogger di tahun 2017 ini saya semakin banyak belajar dan bertemu dengan blogger-blogger yang udah go Nasional ataupun go Internasional serta mengenal beberapa blogger dari luar daerah, seperti bang Dony Prayudi, Multi Siahaan dan masih banyak lagi blogger lainnya.

Blogger Weekeners 2018

Sepanjang 2017 dan 2018 mulai banyak diundang oleh brand-brand terkenal, bahkan tawaran kerja sama masuk untuk dituliskan di blog. Bersyukur sekali, tapi suatu ketika saya sempat menyesal menolak tawaran bang Dony untuk jalan-jalan ke Sabah dari Air Asia, family trip gratis ke Malaysia selama satu minggu saya menyesal karena saya tidak dapat izin dari kantor selama satu minggu. Yah mungkin belum rejeki.

Blogger Pontianak 2018

Sampai akhirnya di awal tahun 2019, kepengurusan Komunitas Blogger Pontianak selama dua tahun kedepan dipegang oleh Fahrul Rozi dan beberapa anggota pengurus.

Komunitas Blogger Pontianak awal 2019

Menjadi salah satu anggota Komunitas Blogger Pontianak suatu kebanggan sendiri bagi saya pribadi, disini saya banyak belajar dan banyak mendapat pengalaman, banyak rejeki juga jadi anggota blogger apalagi menjadi blogger yang aktif. Saya pribadi sangat termotivasi dengan rekan-rekan blogger saya yang sering memenangkan lomba. Akibat motivasi-motivasi tersebut saya pun ikut beberapa kompetisi menulis blog, syukur Alhamdulillah beberapa diantaranya ada yang nyangkut sebagai pememenang. Update beberapa prestasi ngeblog saya ada di page About Me.

Bloggers : Bengkulu, Pontianak, Yogyakarta, Sarawak

Untuk kamu yang pengan gabung menjadi bagian dari kami (Komunitas Blogger Pontianak) bisa mengisi form google di Form Pendaftaran Blogger Pontianak di komunitas ini kita sama-sama belajar, saling sharing, berbagi pengalaman. Sekian dulu cerita saya di Komunitas Blogger Pontianak, keep writing!

Be social share!

12 thoughts on “Saya dan Komunitas Blogger Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *