Gak Sampai 50 ribu, Kamu Bisa Liburan Ke Tempat Wisata di Singkawang Seharian

Gak terasa akhir pekan semakin dekat saja, sayang banget kalau sudah seminggu kerja tapi gak sempat liburan. Ditambah lagi udah akhir bulan kayak gini, mending cari tempat wisata yang bisa seharian ke banyak lokasi tapi dengan harga yang murah meriah. Emang ada? ada dong misalnya liburan singkat ke Kota Singkawang di Kalimantan Barat.

Kota Singkawang merupakan satu diantara kota yang paling terkenal di Kalimantan Barat, kota ini sampai saat ini masih menyandang predikat kota paling toleran nomor satu di Indonesia. Kota dengan sebutan kota seribu kelenteng ini memiliki banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi dengan harga yang sangat terjangkau.

Diantara banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi, kali ini saya merangkum beberapa tempat wisata yang dapat dilakukan dalam sehari dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah saja. Penasaran? yuk simak.

Vihara yang Instagrammable

Karena kota ini kota seribu kelenteng jangan heran jika ke Kota Singkawang kamu dapat banyak menemukan klenteng atau vihara yang megah dan instagrammable.

Vihara yang Instagrammable

Kita dapat menggunjungi beberapa vihara di Kota Singkawang dengan biaya gratis, asalkan kita tetap menghormati setiap pengunjung yang datang untuk ibadah. Datanglah ke Vihara saat pagi hari karena masih belum banyak orang yang datang. Berswa foto disini kamu seperti berada di Tiongkok loh jadi gak perlu jauh-jauh.

Danau Biru Singkawang

Mulai agak siang kamu dapat mampir di Wisata Danau Biru Singkawang, merupakan wisata alam berupa danau sisa galian tambang timah yang sudah ditinggalkan sehingga danau ini memiliki air yang berwarna biru tosca.

Danau Biru Singkawang

Warna biru unik ini akan terlihat cerah ketika siang hari, jangan datang ke sini saat sore karena akan ramai sekali pengunjung yang datang. Untuk biaya masuknya gratis tapi ada biaya parkir kendaraan untuk mobil 10 ribu sedangkan motor 5 ribu saja.

Bakso Singkawang

Sudah mulai agak siang, pasti perut mulai lapar. Coba kunjungi salah satu Bakso Singkawang yang paling terkenal ini, lokasinya tidak jauh dari pasar singkawang, kalau bingung gunakan Google Maps.

Bakso Singkawang dan Air Sarsi

Jangan heran ketika sudah masuk makan siang di warung bakso ini bakalan ramai karena selain enak harganya juga terjangkau yaitu Rp. 23.000,- kemudian jangan lupa coba minuman legendaris disini yaitu Air Sarsapila dengan harga Rp. 5.000,-/botol jadi semuanya menjadi Rp.28.000,-. Yang membedakan kuliner di Singkawang adalah tahu yang diguanakan merupakan tahu asli singkawang yang digoreng kering dan mie tiau yang hanya ada di Kota Singkawang.

Danau Batu Belimbing

Setelah mengisi tenaga di Bakso Singkawang, lanjut lagi ke tempat Wisata Singkawang yang murah meriah lainnya, yaitu Danau Batu Belimbing. Tempat ini memang baru tidak seperti dulu. Kalau dulu batu belimbing ini tepat di tengah hutan, nah sekarang sudah dibuka lahan dan dibuat seperti danau. Unik sekali, batunya memang benar-benar mirip seperti buah belimbing.

Danau Batu Belimbing

Lokasi Danau Batu Belimbing ini dengan dengan rumah warga, dan dikelola langsung oleh warga sekitar. Biaya masuk ke lokasi wisata Danau Batu Belimbing ini Rp.5.000,- murah kan?

Pantai Pasir Panjang

Karena Kota Singkawang ini jika dilihat di Peta memang terletak di tepian, maka dari ini Singkawang juga terkenal dengan wisata pantainya. Salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang.

Pantai di Singkawang

Pantai ini menghadap sebelah barat tepat dimana matahari terbenam. Disini aku yakin untuk yang sabar menunggu senja pasti akan bertemu dengan swastamita yang sangat indah. Oia biaya masuk Pantai Pasir Panjang ini adalah Rp. 10.000,-.

Nah itulah beberapa wisata baik wisata kota, wisata alam maupun wisata kuiner yang murah dan dapat dilakukan seharian di Kota Singkawang dengan modal kurang dari Rp. 50.000,-.

Estimasi biaya yang dikeluarkan:

  • Mengunjungi Wihara di Singkawang : Gratis
  • Tiket Masuk Wisata Danau Biru : Rp. 5.000,-
  • Wisata Danau Batu Belimbing : Rp. 5.000,-
  • Kuliner Bakso Singkawang dan Air Sarsapila : Rp.28.000,-
  • Tiket Masuk Pantai Pasir Panjang : Rp. 10.000,-

Jadi, total biaya yang dikeluarkan untuk mengexplore Kota Singkawang seharian adalah Rp. 48.000,-

Bagaimana? tertarik ke Kota Singkawang? Gak perlu jauh-jauh dan mahal untuk Eksplorasi Wisata di Sekitar Kita karena Indonesia itu kaya.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *