Kali Ini, Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

Udah pernah dengar HWBC atau sering disebut Honda West Borneo Community sebelumnya? kalau aku pribadi kenal komunitas ini karena beberapa temanku sudah tergabung dalam komunitas tersebut dan pertama kali datang ke acara besarnya saat Honda Bikers Day 2017 di Rumah Radakng Pontianak.

Jadi, Honda West Borneo Community adalah komunitas pecinta motor honda, komunitas ini sering mengadakan kegiatan positif seperti bhakti sosial, touring, sosialisasi dan kegiatan lainnya.

Jika mengingat kegiatan safety riding saya selalu mengingat kegiatan dari Astra Honda yang selalu mengkapanyekan kegiatan yang bermanfaat untuk pengendara di era millenial seperti saat ini. Pertama kali mengikuti kegiatan ini saya dan teman-teman Blogger Pontianak dimana kita dilatih dan diingatkan agar selalu mengutamakan keselamatan berkendara selama diperjalanan.

Nah, kalini PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak (Astra Motor) yang sedang mempersiapkan agent safety riding dengan mengajak perwakilan Community Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community) untuk mengikuti pelatihan Safety Riding Astra Motor.

Megiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 yang berlokasi di Halaman Gudang Astra Motor Pontianak ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan community Honda di Kalimantan Barat.

Honda West Borneo Community

Seperti biasa, kegiatan ini merupakan program Astra Motor untuk mengurangi resiko kecelakaan di kalangan komunitas motor serta mencetak Agent Safety Riding dari Community Honda di Kalimantan Barat.

Seluruh peserta dibekali dengan berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kesadaran dalam berkendara. Untuk selanjutnya, mereka yang sudah teredukasi dapat menularkan virus keselamatan kepada member club lainnya atau orang-orang yang ada disekitarnya

Materi yang disampaikan oleh Pak Dony

Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian mengatakan, Community atau Komunitas mempunyai peran yang penting dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli untuk keselamatan biker lainnya dilingkungan community. Advisor Safety Riding dari Community nanti nya akan menjadi duta Safety Riding Honda dan menjadi role model untuk bagi Community lainnya.

Praktek Safety Riding Astra Honda

Poin-Poin Penting dalam Safety Riding

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Menurut Dony, pelatihan Safety Riding ini merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan/skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error. Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti pelatihan dan kompetisi.

Semoga kida dapat cerdas berkendara

Mulai dari pengetahuan mengenai peraturan lalulintas, praktek yang meliputi tehnik menikung, tehnik berbelok, tehnik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan di jalur yang sudah disiapkan.  “Ini merupakan pelatihan yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam pelatihan ini.“ Ungkap Febri salah satu peserta kompetisi.

Itulah, sekilas kegiatan safety riding bersama HWBC di Halaman Gudang Astra Motor Pontianak, semoga bermanfaat, salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *