Graduation Project 2019, Ini Bukan Akhir Tapi Ini adalah Awal

Tahun ke 5 dalam project Graduation Day, 26 April 2019 Sekolah Tunas Bangsa. Yaps, kali ini sudah tahun ke lima saya di Sekolah Tunas Bangsa, sebagai staf ICT saya dituntut berkecimpung dalam beberapa project salah satunya adalah Graduation Day.

Graduation Day merupakan hari pelepasan yang seremonial dilakukan setiap tahun bagi siswa-siswi kelas 12 yang telah menyelesaikan pendidikan selama SMA. Beberapa kegiatan ini dua kali nya dilaksanakan di hall sekolah dan tiga kali dilaksanakan di hotel.

Beberapa kegiatannya ada yang sempat saya dokumentasikan ada pula yang tak sempat saya dokumentasikan, misalnya Graduation Day di sekolah pada tahun 2015 kemudian pada tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Mercure Pontianak.

Dengan bangga saya menulis ini karena mungkin ini tulisan saya yang terakhir untuk kalian para graders, untuk pembuatan beberapa project seperti slide video untuk pembagian sertifikat tidak begitu lama, mungkin karena sudah biasa mengerjakannya.

Para Graders

Hanya yang sedikit membedakannya adalah adanya video kenangan mereka selama di sekolah yang cukup sulit karena saya bukan diposisi mereka ketika di kelas atau diluar kelas, untungnya sebagian video saya peroleh dari Sri Wamatadia. Oh iya satu lagi yang beda adalah boneka gradu yang diganti dengan plakat Sekolah Tunas Bangsa.

Plakat Sekolah Tunas Bangsa
persembahan tari tradisional dari anak-anak ekstrakulikuler tari

Untuk acara seperti biasa, dihadiri oleh ketua Yayasan Harapan Bersama, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, pengawas sekolah dan para undangan lainnya. Kemudian acara diisi dengan persembahan tari tradisional dari anak-anak ekstrakulikuler tari, kemudian speech tiga bahasa (inggris, mandarin, bahasa indonesia), barulah acara yang inti yaitu pembagian sertifikat.

Semua acara ini tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dari beberapa pihak terutama para anggota Faculty / guru-guru Secondary Teacher SMP SMA Tunas Bangsa.

Nikodemus dan Thomas (MC 3 Bahasa : Inggris, Mandarin, Bahasa Indonesia)
Warga Faculty

Sebenarnya tidak terasa waktu demi waktu berlalu begitu cepat, ingat sekali pertama kali masuk dan bertemu mereka masih kelas 2 SMP, sekarang mereka sudah akan kuliah. Ada hal yang saya ingat dari beberapa speech yaitu

Jika kita telah berhasil akan sesuatu itu berarti kita telah banyak mengalahkan orang lain, jika kita berhasil mendapat pekerjaan yang kita inginkan itu berarti kita juga sudah mengalahkan orang lain untuk mendapatkan posisi kita saat itu.

Entahlah itu kata-kata dari speech siapa tapi itu memang benar kenyataannya, kita harus bersyukur jangan pernah melupakan orang lain yang ada di belakang kita. Untuk kegiatan ini Alhamdulillah berjalan lancar, semoga acara tahun depan juga lancar tanpa ada halangan siapapun PIC nya nanti.

Moment ketika menonton video flashback
Good Bye
Graduation Day 2019

Keep the spirit to learn. Go Success!!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *