Ajak Orang Tua Wisata Religi Sebelum Mampu Naikin Haji

Impian terbesar dalam seumur hidup adalah membawa orang tua naikin haji, tapi sebelum aku mampu naikin haji orang tua sepertinya ide yang bagus jika ajak orang tua untuk wisata religi (umroh) sebelum mampu naikin haji apalagi sekarang sudah ada banyak Paket Umroh sepertinya Bulan November jadi bisa ajak orang tua Wisata Religi dengan Umroh di bulan November.

Saya yakin naik haji juga menjadi keinginan tiap umat muslim di dunia, tanpa kecuali saya sendiri. Karena haji membutuhkan biaya lebih besar dan jadwal yang cukup padat, tidak salahnya untuk melakukan wisata religi, pada hal ini wisata religi sebelum atau sesudah haji bisa disebut dengan umroh.

Kalau biasanya aku sering bingung mau ajak jalan-jalan orang tua kemana, apalagi impian mereka juga untuk ke tanah suci. Saya rasa mengajaknya ke Madinah adalah hal yang tepat, selain biayanya lebih murah ketimbang naik haji.

Wisata Religi di Madinah

Bicara soal wisata religi akhir-akhir ini memang cenderung populer, dimana dalam wisata tersebut kita dapat merasakan pengalaman belajar mengenai sejarah penting, seperti makam, masjid, bekas kerajaan, perhiasan, adat istiadat dan sebagai-nya. Dalam umat Islam wisata tersebut sering disebut dengan ziarah yang dilakukan baik individu maupun kelompok.

Jadi, wisata religi adalah perjalanan yang dilakukan untuk meningkatkan amalan agama sehingga strategi dakwah yang diinginkan akan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Masjid Nabawi (Sumber : Wikipedia)

Madinah adalah sebuah kota di Hejaz, sekaligus ibukota dari Provinsi Madinah di Arab Saudi. Dalam kota ini terdapat Masjid Nabawi (“Masjid Nabi”), tempat dimakamkannya Nabi Islam Muhammad Sallā llāhu Alayhi Wa-sallam dan kota ini juga merupakan kota paling suci kedua kedalam agama Islam setelah Mekkah.

Masjid Nabawi Madinah

Masjid Nabawi atau Al-Masjid an-Nabawī adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad Sallā llāhu Alayhi Wa-sallam yang berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Masjid Al-Nabawi Madinah Munawwarah

Masjid ini sebenarnya merupakan bekas rumah Nabi Muhammad yang ditinggali setelah Hijrah (pindah) ke Madinah pada 622 M. Bangunan masjid sebenarnya di bangun tanpa atap. Masjid pada saat itu dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat, majelis, dan sekolah agama. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat yang disebutkan namanya dalam Alquran.

Kemajuan masjid ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa Islam. Pada 1909, tempat ini menjadi tempat pertama di Jazirah Arab yang diterangi pencahayaan listrik. Masjid ini berada di bawah perlindungan dan pengawasan Penjaga Dua Tanah Suci. Masjid ini secara lokasi berada tepat di tengah-tengah kota Madinah, dengan beberapa hotel dan pasar-pasar yang mengelilinginya. Masjid ini menjadi tujuan utama para jamaah Haji ataupun Umrah

Masjid Al-Nabawi Madinah Munawwarah (Photo by uraywidyasari)
Payung Besar di Masjid Nabawi
Pilar Megah Masjid Nabawi

Masjid Nabawi menjadi salah satu tempat Wisata Religi yang wajib dikunjungi, jaman sekarang sebenarnya tidak perlu repot-repot lagi karena ada paket Umroh Murah tahun 2019 nanti yang pastinya dengan layanan berkualitas lengkap dengan paket dari yang 9 hari hingga 12 hari.

Tunggu apalagi yuk mulai rencanakan kapan umroh, semoga yang baca artikel tahun ini bisa ajak orang tua wisata religi, sebelum naikin haji. Amiinn 🙂

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *