Internet Sehat dan Aman dengan Cara yang Menyenangkan

Perkembangan teknologi internet yang kita rasakan saat ini benar-benar sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya para remaja yang mulai berkembang dan memiliki keingin tahuan yang kuat. Internet memang dipenuhi dengan hal-hal yang luar biasa, tapi siapa sangka ternyata banyak kemungkinan hal yang berbahaya juga.

Para pengguna teknologi internet ini sangat perlu tahu apa yang harus diwaspadai dan bagaimana cara untuk melindungi diri dari hal-hal berbahaya, apalagi pengguna sosial media.

Cover Depan Buku Panduan Berinternet Sehat dan Aman Untuk Remaja
Cover Belakang Buku Panduan Berinternet Sehat dan Aman Untuk Remaja

Judul Buku : Panduan Berinternet Sehat dan Aman untuk Remaja
Desain & Ilustrasi : Nancy Lschnikoff
Konsultan Ahli : Retno Listyarti, S.Pd., M.Si.
Penerbit : Esensi Erlangga Group
Tahun Terbit : 2019
Tebal : 152 halaman
Harga : Rp. 70.000,-

Sebagai blogger dan juga guru TIK di sekolah saya sangat tertarik dengan buku ini, pertama kali saya dapatkan buku ini saya langsung tunjukan kepada beberapa murid saya. Menurut mereka bukunya sangat menarik karena didesain dengan penuh warna, ilustrasi dan diisi sesuai dengan fasilitas teknologi di internet yang mereka gunakan saat ini.

Buku ini diisi dengan berbagai panduan seperti, tata krama saat daring, tentang bahaya perundungan (bullying) di dunia maya, berbelanja online dengan bijak, pesan teks yang tidak sepatutnya, hingga petunjuk bagi orang tua, wali dan orang dewasa lainnya.

Bagian Dalam Buku Panduan Berinternet Sehat dan Aman Untuk Remaja

Menurut saya buku ini merupakan Edited Book karena beberapa sudah pernah ada buku yang hampir sama yang membahas mengenai internet yang aman namun buku ini diperbarui dengan berbagai tips, contoh kasus, data yang baru dan aplikasi-aplikasi internet baru lainnya.

Banjiri internet dengan kebaikan

Halaman – 46

“Banjiri internet dengan kebaikan” adalah kalimat favorit yang saya temukan di buku ini, dimana kita diajak secara aktif membagikan hal-hal positif. Sangat setuju sekali karena dengan semakin banyak hal positif yang disampaikan maka semakin kecil kemungkinan orang tanpa sengaja menemukan kesalahan daring yang kamu buat dimasa lalu.

Disela-sela buku ini diisi dengan beberapa kuis sesuai bab yang dibahas dengan pertanyaan-pertanyaan yang unik serta ilustrasi interaktif seperti infografis.

Buku ini juga dilengkapi mengenai perundukan (bullying) yang kerap sering terjadi di lingkungan kita saat ini, di buku ini dijelaskan mengapa orang melakukan perundukan, ada yang harus dilakukan berikutnya serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Secara tidak langsung di buku ini juga memotivasi para pembaca terutama yang pernah dirundung, misalnya memberikan alasan mengapa orang-orang melakukan perundung.

Tidak hanya soal perundungan, dibuku ini juga mengajarkan pembacanya tentang etika dalam mengelolah konten apalagi jika konten tersebut milik karya orang lain kerana ini selalu ada sangkut pautnya dengan Hak Cipta.

Namun, dibuku ini pembaca sering menemukan bahasa Indonesia dalam istilah internet, pembaca yang sudah biasa menyebutkan dalam bahasa inggris akan kebinggungan, misalnya daring yang biasanya ramah kita sebut online, perundukan mungkin kebanyakan pembaca khususnya remaja mengerti bullying daripada perundukan, pengutitan atau stalking.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan menyajikan berbagai contoh tentang hal yang berguna bagi pembaca untuk berinternet, bukan hanya hal-hal buruk. Intinya buku ini mengajak anak dan orang tua untuk merasa tidak khawatir menggunakan internet jika mengikuti panduan yang benar tapi tetap mengedepankan kehati-hatian dan sara ingin tahu.

Buku ini memberikan tips menjalin pertemanan di media sosial, mengajarkan tata krama saat daring, dan menjaga reputasi daring. Banyak cara mengetahui kiat-kiat berinternet sehat dan aman bagi anak, buku ini adalah salah satunya.

Kamu bisa dapatkan buku ini di toko buku atau melalui pembelian online di bukuerlangga.co.id

Be social share!

1 thought on “Internet Sehat dan Aman dengan Cara yang Menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *