Tanggap Darurat Bencana Banjir

Bicara soal Air dan Manusia, kita semua tahu bahwa air merupakan sumber kehidupan yang sangat diperlukan oleh makluk hidup di dunia ini. Bahkan, planet kita sendiri 71%-nya terdiri dari air. Tapi siapa sangka air juga dapat menimbulkan bencana, misalnya banjir.

Di Indonesia sendiri banjir dikatakan sebagai bencana yang paling sering melanda dan terbilang paling merugikan, baik dari segi kemanusiaan maupun ekonomi.

Panduan Tanggap Darurat Bencana Banjir

Judul Buku : Panduan Tanggap Darurat Bencana Banjir
Desain Cover : Satrio A. B.
Penulis : Ahmad Fauzi & Rey Herawati
Penerbit : Esensi Erlangga Group
Tahun Terbit : 2018
Tebal : 143 halaman

Buku ini dirancang untuk para pembaca yang memiliki keiingin tahuan tentang bagaimana menanggapi bencana banjir, seperti seluruh masyarakat Indonesia dan relawan kemanuasiaan.

Didalam buku tersebut dijelaskan hal-hal yang paling mungkin terjadinya banjir agar pembaca dapat mencegahnya. Kemudian dilampirkan juga beberapa infografis yang mudah dipahami dengan sumber-sumber terpercaya dengan data terbaru misalnya Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI) Badan Nasional Penanggulangan Bencana sehingga data yang ditampilkan merupakan data yang akurat.

Bagian Depan Buku
Bagian Belakang Buku
Bagian Dalam Buku

Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar peraga yang bisa langsung dipraktikan oleh pembacanya, dengan ilustrasi yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Isi penting yang terkandung dalam buku ini adalah bukan hanya pencegahan bencana tapi juga menanggulangi saat terjadinya bencana dan setelah terjadinya bencana, terutama banjir mulai dengan prinsip-prisip kerja relawan hingga persiapannya, kemudian cara penyelamatan korban di air, disini bukan hanya manusia saja yang diselamatkan tapi juga satwa atau hewan-hewan yang diselamatkan dari bencana banjir, tidak lupa buku ini dilengkapi dengan pemahaman bantuan medis pasca bencana.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca dan sebagai pengetahuan teknik menyelamatkan korban bencana banjir. Dengan adanya buku ini, pembaca akan lebih siap dalam melakukan pertolongan pertama dan meminimalisir korban jiwa yang ditimbulkan bencana banjir.

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *